Gumuk Pasir Parangkusumo, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
Gumuk Pasir Parangkusumo
Foto:@meldreyelmrz

Seperti yang diketahui Yogyakarta tidak hanya dikenal sebagai salah satu kota wisata untuk belanja, selain Gunung Merapi dan laut saja, namun juga kota ini memiliki Gumuk Pasir yang cukup langka. Salah satu gumuk pasir di Yogyakarta ini berada di kawasan Pantai Parangkusumo, Bantul. Di tempat ini anda akan menemukan keindahan dari gundukan pasir yang membuat anda seakan – akan anda berada di Afrika.

Baca Juga:Candi Plaosan, Wisata Sejarah Yang Wajib Kamu Kunjungi Ketika di Jogja

Bacaan Lainnya

  • Sebelumnya apakah anda pernah mendengar soal Gumuk Pasir Parangkusumo?

Gumuk pasir yang berada di kawasan Bantul ini menjadi salah satu tempat yang menjadi kebanggaan dari warga Yogyakarta. Hal ini karena gumuk pasir ini hanya dimiliki oleh sedikit di seluruh dunia. Sehingga ketika ada di Yogyakarta tentu saja akan sangat membanggakan.

Baca Juga: Malioboro, Pusat Belanja dan Kuliner Legendaris di Jogjakarta

Sebagian besar mayoritas dari wisatawan saat ini memang sudah memahami Gumuk Pasir Parangkusumo yang cukup unik dan di gumuk ini anda bisa melakukan aktivitas sandboarding. Hanya saja, ada beberapa yang sangat unik secara geologis yang mana ini membedakan antara Parangkusumo dengan gumuk pasir yang lainnya.

  • Bagaimana rute perjalanan ke Gumuk Pasir Parangkusumo?

Jika anda akan ke Gumuk Pasir Parangkusumo ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk bisa sampai ke lokasi wisata ini. Diantaranya adalah ;

  • Dengan menggunakan kendaraan pribadi : Anda bisa membawa kendaraan anda melaju hingga sampai ke Jalan Parangtritis dan arahkan kendaraan menuju arah selatan. Jika sudah melewati jalan Parangtritis ini, maka berarti anda bisa mengikuti jalan yang ada sehingga anda bisa menemukan jembatan panjang. Nah sebelum pos pembayaran, anda bisa belok ke kanan. Dan di sinilah anda akan menemukan Gumuk Pasir Parangkusumo. Nah jika anda menggunakan kendaraan pribadi ini maka anda akan menempuh jarak satu jam dari Yogyakarta.
  • Dengan menggunakan kendaraan umum : Jika anda menggunakan kendaraan umum maka anda bisa mulai perjalanan dari terminal Giwangan. Dari lokasi ini anda bisa naik bus dengan jurusan P Bus ini akan menurunkan anda di terminal Parangtritis. Namun sebelumnya anda masuk ke terminal maka anda bisa meminta kondektur bus menurunkan anda di dekat dengan gumuk pasir Parangkusumo. Dari sini anda akan sampai ke lokasi wisata. Untuk biaya bus yang anda keluarkan untuk sampai ke lokasi adalah 20,000 rupiah saja.

Jam berapa operasional dan berapa harga tiket?

tiket masuk gumuk pasir parangkusumo
Foto:@ananndii_

Untuk anda yang ingin menuju ke lokasi anda bisa datang setiap hari dengan jam operasional kisaran 07.00 hingg 18.00. Dan untuk harga tiket menuju ke Gumuk Pasir Parangkusumo tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

  • Lalu aktivitas apa yang bisa anda lakukan Selama Liburan di Gumuk Pasir

Ketika anda sudah sampai ke Gumuk pasir maka ada satu kegiatan seru yang bisa anda lakukan yaitu sandboarding. Anda bisa berseluncur dengan sangat bebas menggunakan papan di atas lembutnya pasir. Tentu saja kegiatan ini akan membuat liburan anda akan menjadi sangat menyenangkan. Papan ini juga bisa anda dapatkan dengan menyewa sekitar 70.000 rupiah sudah lengkap dengan helm dan juga pelindung sikunya. Dan tentu saja ini akan sangat aman.

Selain bisa sandboarding, anda juga bisa mendapatkan banyak spot foto kece mulai dari gundukan gumuk, pepohonan kaktus hingga tersedia juga ayunan. Ada juga beberapa taman bunga yang memiliki bentuk hari sehingga terlihat lebih instagrammable. Nah semakin sore maka suasana di tempat ini semakin menyenangkan apalagi jika memiliki pemandangan sunset yang sangat menawan.

Jika anda sudah cukup puas dan bosan maka anda bisa mengelilingi kawasan gumuk pasir, anda bisa memilih untuk melakukan perjalanan wisata lanjutan ke Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo hingga ada juga Pantai Cemara Sewu. Nah ketiga pantai ini memang berada di garis yang sama. Hanya saja jika anda ingin pantai yang lebih dekat maka Pantai Parangkusumo adalah tempat yang paling pas. Karena di pantai ini anda bisa mendengarkan Deruan suara ombak bakal langsung menghilangkan dari semua penat anda.

Tentu saja ini akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan untuk anda, terutama adalah jika anda ingin mendapatkan pengalaman baru ketika anda berada di Yogyakarta maka mengunjungi lokasi wisata Gumuk Pasir Parangkusumo adalah pilihan terbaik untuk anda.

Pos terkait