Mengenal Peradaban Manusia Dengan Berwisata ke Goa Rancang Kencono

  • Whatsapp
Goa Rancang Kencono
Foto: @isnansholeh

Goa Rancang Kencono merupakan wisata goa penuh misteri yang berlokasi di Gunungkidul Yogyakarta. Tempat ini memiliki sejarah yang patut Anda susuri lho.

Baca Juga: Candi Borobudur, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Bacaan Lainnya
  • Kisah unik Goa Rancang Kencono

Goa ini dikenal sebagai tempat peradaban manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Bahkan setelah diteliti lebih jauh, goa ini sudah dihuni sejak zaman manusia purba. Selain itu, goa ini dikenal sangat bersejarah bagi Kerajaan Mataram. Laskar Mataram yang melawan penjajah Belanda saat itu bersembunyi di goa ini untuk berlindung, membuat strategi perang dan juga bersemedi. Asal usul nama goa ini yang berlatar belakang dari fungsi goa ini, rancang dalam bahasa Indonesia berarti rencana sedangkan kencono berarti mulia atau emas. Jika digabungkan artinya menjadi merancang atau merencanakan sesuatu yang mulia.

  • Menikmati pesona Goa Rancang Kencono

Anda harus menyiapkan stamina yang kuat untuk menyusuri goa ini karena letak goa ini berada di bawah tanah sehingga Anda harus melewati banyak anak tangga untuk bisa masuk ke dalam goa. Di sebelah anak tangga ada pohon yang tingginya lebih dari atap goa. Atap goa membentuk lubang besar yang mengelilingi pohon tersebut. Pohon tersebut adalah pohon klumit yang usianya sudah mencapai 2 abad. Suasana di goa menjadi kian menawan dengan sinar matahari yang menembus pohon dan menerangi area depan goa.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Kuliner di Jogja

Goa ini memiliki 3 ruangan. Ruangan pertama digunakan untuk bermain badminton dan sosialisasi UMKM untuk warga sekitar. Ruangan kedua, merupakan lokasi patung atau arca yang katanya mirip dengan arca nandi yaitu kendaraan yang digunakan Dewa Siwa. Ruangan kedua ini lebih sempit dengan ukuran tinggi 1 meter dan lebar 50 centimeter sehingga digunakan penduduk setempat sebagai ruangan untuk bersemedi. Ruangan ketiga adalah ruangan yang membuat semangat nasionalisme Anda bangkit kembali. Di ruangan ini Anda akan melihat gambar garuda pancasila di sisi kiri, lukisan bendera merah putih di bagian tengah dan juga ukiran tulisan Prasetya Bhinnekaku yang jumlahnya ada 12 tulisan. Akan tetapi, Anda harus hati-hati memasuki ruangan ketiga ini dikarenakan jalan menuju tempat ini sangat sempit.

Anda tidak diperbolehkan menulis di dinding goa secara sembarangan. Sebagai gantinya, pengelola menyediakan tempat khusus yang bisa digunakan para pengunjung menuliskan kesan dan pesan mereka setelah menyusuri goa ini.

Berkunjung ke goa ini tidak hanya menyegarkan mata dan pikiran Anda. Namun juga memberikan edukasi bagi Anda tentang perjuangan negara kita mengusir penjajah dan mengingatkan tentang semangat persatuan yang kokoh.

  • Rute Goa Rancang Kencono

Lokasi goa ini berada di Bleberan, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta. Goa ini mempunyai jarak sekitar 40 km dari pusat Kota Yogyakarta. Jika ditempuh dengan kendaraan membutuhkan waktu sekitar satu sampai satu setengah jam. Anda bisa mengambil rute menuju Jalan Wonosari lalu ke arah Patuk, lurus terus sampai pertigaan lampu merah Playen. Silakan belok ke kanan ke arah jalan utama sampai Anda menemukan papan petunjuk jalan menuju Goa Rancang kencono.

  • Harga tiket masuk Goa Rancang Kencono

Tempat ini dibuka sejak pukul 8 pagi sampai pukul 5 sore. Anda cukup mengeluarkan uang Rp 35 ribu untuk memasuki goa ini. Memang lebih mahal dibandingkan dengan harga tiket wisata goa lainnya. Namun harga yang dipatok sesuai dengan fasilitas dan sensasi yang akan Anda peroleh. Untuk harga retribusi parkir roda dua yaitu Rp 2 ribu dan roda empat adalah Rp5 ribu.

Informasi tambahan tentang fasilitas di goa ini antara lain tersedianya tempat parkir, mushola, toilet dan ada juga pemandu wisata yang siap menjelaskan tentang seluk beluk goa ini pada Anda. Disarankan membawa senter atau alat penerang saat menyusuri goa sehingga Anda bisa melihat dengan jelas seluk beluk pemandangan di dalam goa.

Goa ini juga sering digunakan untuk camping dan outbond. Kedua aktivitas tersebut bisa dilakukan di halaman goa. Salah satu kegiatan menarik saat outbond adalah kegiatan menyusuri dasar goa dengan menggunakan tali yang digantung dari permukaan atas goa. Jika kalian berniat melakukan aktivitas ini, sebaiknya meminta pengawasan dari pengelola agar lebih aman. Area sekitar goa juga sering digunakan untuk berkemah lho.

Pos terkait