Menikmati Berbagai Kesenian di Festival Kesenian Yogyakarta

  • Whatsapp
Festival Kesenian Yogyakarta
Foto: @bagdha

Dikenal sebagai kota pendidikan, kota dengan segudang destinasi wisata asik serta keramahan warga yang menarik para wisatawan dari berbagai daerah dan negara untuk datang berkunjung. Ya, Kota Yogyakarta. Kota yang memiliki ciri khas sendiri ini juga dikenal sebagai kota dengan kebudayaan dan kesenian tradisional yang masih kental dan juga melekat di nadi para warganya. Banyak seniman besar lahir dari kota Gudeg ini. Dengan banyaknya kesenian tradisional yang patut untuk dilestarikan maka hadirlah sebuah festival yang bernama Festival Kesenian Yogyakarta.

Baca Juga: Mengunjungi Tugu Jogja, Monumen Ikonik di Kota Yogyakarta

Bacaan Lainnya
  • Kulik jauh mengenai Festival Kesenian Yogyakarta

Bagi beberapa diantara kamu pasti cukup sedikit asing dengan acara satu ini. Festival Kesenian Yogyakarta atau akrab disebut dengan FKY merupakan sebuah acara yang digelar di Yogyakarta berupa pentas kesenian, atraksi kebudayaan dan juga hiburan keluarga. FKY diadakan setiap tahun pada bulan Juli hingga September yang mana berkenaan dengan waktu liburan siswa dan juga penerimaan mahasiswa baru di Jogja, yang diselenggarakan langsung oleh pemerintah Provinsi D.I. Yogyakarta sebagai ruang para seniman untuk berkarya dan juga sebagai magnet untuk menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung. Baik wisatawan domestik, mancanegara dengan berbagai kalangan dan latar belakang.

  • Napak tilas awal kemunculan Festival Kesenian Yogyakarta

FKY pada awalnya pertama kali diadakan pada 7 Juli 1989, dimana bebarengan dengan peresmian Monumen Jogja Kembali. Lalu pada tahun 1990 FKY kembali diadakan di Alun-alun Utara Yogyakarta dengan melibatkan sekitar 29 group Pawai Seni, Pameran seni rupa dengan menghadirkan 200 lukisan dari 200 seniman, kesenian batik, dan juga panggung kesenian terbuka di Alun-alun Utara dengan melibatkan  kurang lebih 57 group yang terdiri dari SD, Remaja, dagelan, tari klasik, keroncong, dan juga ketoprak.

Selain mengangkat budaya lokal Jogja, FKY juga mengusung seni budaya dari provinsi lainnya seperti Musi Banyuasin dari Sumatra Selatan, Palangkaraya dari Kalimantan Tengah. Acara yang diselenggarakan tahun ini sebagai wujud apresiasi dari perkembangan seni di masyarakat sekaligus FKY sebagai ajang berkumpulnya para seniman lokal maupun internasional dalam mewujudkan ekspresi yang dituangkan dalam bentuk karya seni rupa, pertunjukkan, dan bentuk kesenian lainnya.

  • Kemeriahan Festival Kesenian Yogyakarta

Kamu yang berniat ingin berkunjung pada acara ini dipastikan tidak akan menyesal. Sebab, selain sebagai wadah untuk mengekspresikan kesenian dan juga kebudayaan lokal, kamu akan akan dimanjakan dengan berbagai macam  pertunjukkan musik dan karya yang sangat keren dan bukan kaleng-kaleng.

Baca Juga: Candi Borobudur, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Dari tahun-tahun FKY menggaet berbagai seniman untuk unjuk bakat yang dimiliki seperti kelompok kesenian tradisi dan kontemporer, tari Pink Kavaleri, Jogja Hip-Hip Foundation, Art Jog, dan Kelompok musik Gamelan.

Selain pertunjukkan seni dan musik, kamu juga akan disuguhkan pertunjukkan pameran karya Fotografi dengan berbagai tema dan juga karya audio visual dari Jogjakarta Art Film Festival yang unjuk kebolehan dalam menyajikan sinematografi dan alur cerita yang kece.

Mengangkat tema-tema yang berbeda-beda di tiap tahunnya, FKY juga tak lupa memamerkan cita rasa kuliner khas Jogja melalui bazar makanan. Kamu juga akan diperlihatkan pameran dagang dari para pelaku usaha Mikro, kecil, dan menengah serta industri kreatif. Berbagai macam produk ditawarkan dan yang pastinya homemade.

Sebagai acara pameran dan juga promosi mengenai kebudayaan tradisional, FKY menjadi saran berwisata yang murah meriah karena anda tidak dipungut biaya sepeserpun, kecuali anda membeli produk pameran ya.

  • Lokasi nikmati rangkaian acara Festival Kesenian Yogyakarta

Kamu yang ingin menyaksikan rangkaian pameran seni dan budaya ini saat berlibur atau berwisata di Jogja, perlu untuk selalu meng-update informasi di laman resmi pemerintah Yogyakarta atau laman resmi dari FKY. Sebab lokasi yang dipilih untuk menggelar acara kesenian ini setiap tahunnya berbeda-beda. Seperti di tahun 1990 diadakan di Alun-alun Utara Yogyakarta, di tahun selanjutnya acara FKY berpusat di Benteng Vredeburg, Taman Budaya Yogyakarta, Jalan Malioboro, Monumen Serangan Umum 1 Maret, kawasan titik nol kilometer Yogyakarta.

Tahun 2013-2014 FKY diadakan pada Kompleks Pasar Ngasem. Kemudian di tahun 2015-2016 diadakan di Taman Kuliner Condongcatur, Sleman. Dan tahun 2017 diadakan di lokasi Planet Pyramid, Bantul. Puncaknya pada tahun 2020 saat masa pandemi Covid-19, FKY dilaksanakan secara terbatas di Museum Sonoboyo dengan membatasi jumlah pengunjung yang hadir serta juga diadakan kunjungan secara virtual melalui channel youtube FKY.

Pos terkait