Pesona Tempat Wisata Keraton Yogyakarta

  • Whatsapp
Keraton Yogyakarta
Foto: @iamfernandoreza

Yogyakarta dikenal sebagai Kota istimewa. Tidak heran Kota ini menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Yogyakarta menawarkan banyak hal mulai dari tempat wisata, kuliner, hingga budayanya yang masih kental. Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi adalah Keraton Yogyakarta.

Baca Juga: Candi Borobudur, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Bacaan Lainnya
  • Informasi umum wisata Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan istana dari Sultan Ngayogyakarta Hadiningrat. Hingga saat ini Keraton masih berfungsi sebagai tempat tinggal dari sultan Jogja. Pesona Keraton menjadikan tempat ini sebagai daya tarik tersendiri untuk para pengunjung.

Keraton memiliki enam bangsal yang dibatasi oleh enam pintu. Di dalam Keraton, terdapat museum yang digunakan untuk menyimpan benda-benda bersejarah seperti foto kerajaan, kereta, pakaian dan lainnya. Dengan mengjungi Keraton, anda bisa sekalian menambah pengetahuan tentang kota Yogyakarta.

  • Daya tarik wisata Keraton Yogyakarta

Pengunjung dari Jogja atau luar Kota Jogja tertarik menghabiskan liburan atau berjalan-jalan di Kota Jogja. Bangunan unik Keraton menjadi daya tarik utama. Arsitektur ini  menunjukkan coral desain jawa asli. Meskipun masih terlihat sentuhan belanda dan negara lainnya di bangunan ini.

Letak keraton jugaa unik, Keraton berada di garis lurus Merapi, tugu dan pantai parangtritis. Tempat wisata Keraton yogyakarta menawarkan banyak kegiatan yang bisa dilakukan, selain itu terdapat tempat kuliner di sepanjang jalan area Keraton. Sebagian orang tertarik ingin mempelajari sejarah Kota Jogja yang sangat istimewa. Oleh karena itu, setiap tahun pengunjung Kota Jogja semakin meningkat.

  • Kegiatan yang bisa dilakukan di Keraton Yogyakarta

Aktivitas yang bisa dilakukandi Keraton juga beragam, tidak hanya mengunjungi museum.
1. Menikmati wisata yang bersejarah
Kegiatan yang utama adalah bisa melihat benda-benda penting dan bersejarah. Benda-benda tersebut digunakan pada zaman dulu. Dapat mengenal jenis keris Jogja, koleksi foto atau lulusan yang bernilai sejarah. Anda bisa sekaligus mempelajari sejarah Kota Jogja.

2. Mengambil foto
Hal yang tidak bisa dilewatkan saat berkunjung ke Keraton Jogja adalah berfoto. Anda bisa menjadikan barang sejarah sebagai backgroundnya. Tetapi, jangan sampai dirusak dan tetap harus hati-hati.
Untuk mengambil foto, anda harus mengeluarkan uang hanya Rp. 1000. Sangat murah, dan bisa berfoto sepuasnya.
3. Menikmati kuliner Jogja
Disepanjang jalan di area Keraton, ada banyak kuliner yang menjual makanan khas Jogja. Tentu saja ini tidak boleh dilewatkan oleh para pengunjung. Bagi anda pencinta kulineran, wajib mencoba semua makanan di area Keraton.

4. Dapat menyaksikan pentas Seni
Di Keraton Jogja, terdapat pentas seni yang diselenggarakan khusus untuk para pengunjung. Setiap hari ada berbagai jenis pentas seni yang berbeda seperti pertunjukkan wayang golek, tari-tarian, pertunjukkan alat musik gamelan, dan lain-lain. Menarik bukan?

Untuk Hari senin dan selasa akan ada pertunjukkan musik gamelan sedangkan hari rabu ada wayang golek menak. Jika anda datang di hari kamis, anda akan melihat tari-tarian dan wayang kulit di hari jumat. Anda tidak perlu khawatir pertunjukkan seni juga ada di weekend atau hari libur seperti sabtu dan minggu, biasanya akan ada pagelaran seni tari dan wayang.

  • Harga tiket masuk Keraton Yogyakarta

Jam operasional Keraton jogja setiap hari mulai dari pukul 08.00 hingga 14.00 WIB tetapi khusus untuk hari jum’at jam tutupnya memang lebih awal yaitu pukul 12.00 WIB dibandingkan hari-hari lainnya.

Untuk harga tiket masuk Keraton yogyakarta cukup terjangkau, pengunjung lokal biasanya hanya

membayar Rp. 7.000 sedangkan untuk wisatawan asing cukup Rp. 12.500.

  • Rute untuk wisata ke Keraton Yogyakarta

Bagaimana cara untuk pergi ke Keraton Jogja? Lokasi tempat wisata ini tidak jauh dari pusat kota, tepatnya ada di Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Mudahnya anda bisa menggunakan google maps, dan mencari lokasi Keraton Jogja.
Keraton yogyakarta berada di Alun-alun utara.

Jika anda dari Malioboro, anda bisa naik kendaraan umum, jaraknya sangat dekat hanya 50 km. Jika anda menggunakan kereta api, anda harus turun di stasiun tugu Jogja, dan langsung berjalan kaki ke arah selatan, melewati Malioboro dan akan menemukan lapangan luas atau Alun-alun. Jalan lagi menuju arah selatan dan anda akan menemukan Keraton Yogyakarta disana.

Pos terkait