Galeri Seni Yang Wajib Dikunjungi di Yogyakarta, Rumah Seni Cemeti

  • Whatsapp
rumah seni cemeti
Foto: @indoartnow

Yogyakarta sangat terkenal dengan budaya dan tradisinya yang kental. Bahkan tempat wisata juga tidak jauh dari kesenian bahkan tradisi Kota istimewa tersebut. Oleh sebab itu, Jogja tidak hanya dikenal istimewa tetapi juga pusat dari berbagai  kesenian. Jika anda berlibur ke Kota gudeg ini, jangan lewatkan untuk belajar kesenian dengan cara mengunjungi tempat kesenian yang luar biasa di Kota Jogja yaitu Rumah Seni Cemeti.

Baca Juga: Candi Plaosan, Wisata Sejarah Yang Wajib Kamu Kunjungi Ketika di Jogja

Bacaan Lainnya

  • Informasi umum wisata Edukasi Cemeti

Rumah ini pertama kali didirikan oleh Seniman terkenal Nindityo Adipurnomo dan Mella Jaarsma. Rumah Seni ini memang sudah populer sejak tahun 1998 dengan ciri khas menampilkan berbagai kegiatan kesenian mulai dari pameran, diskusi hingga presentasi slide. Pada tahun 2006 rumah Seni Cemeti akhirnya membuat program khusus untuk membina generasi muda dalam berkesenian. Program tersebut tidak hanya untuk penduduk lokal tetapi juga datang dari berbagai negara salah satunya negara-negara Eropa.

Baca Juga: Candi Borobudur, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Rumah Seni ini menjadi tempat utama untuk kesenian kontemporer di Yogyakarta. Rumah Seni Cemeti memiliki beberapa ruang seperti ruang khusus pameran, ruang karya bahkan ada ruangan khusus kamar tinggal untuk seniman.

Fasilitas umum yang disediakan juga cukup lengkap seperti toilet, tempat parkir, gallery pameran dan studio untuk para seniman.

  • Daya Tarik Rumah Cemeti

Pengunjung tertarik untuk datang ke rumah Seni Cemeti bukan hanya untuk belajar berkesenian tetapi mengunjungi bangunan terkenal hingga ke mancanegara, bangunan tersebut terletak di dalam rumah Seni Cemeti dan diberi nama the guardian.

Bangunan tersebut berhasil meraih penghargaan sebagai bangunan dengan konsep tradisional dan modern sekaligus di tahun 2020. Di dalam bangunan rumah Cemeti, anda bisa menikmati berbagai video, foto, dan lain-lain dari seniman-seniman hebat dari Indonesia dan juga mancanegara.

  • Kegiatan yang bisa dilakukan Selama Berwisata di Rumah Cemeti

Di bawah ini kegiatan yang bisa anda lakukan saat berkunjung ke rumah Seni Cemeti yaitu:
1. Melihat berbagai hasil kesenian dari para seniman
Anda tentu penasaran bagaimana karya seni dari individu atau kolaborasi seniman Indonesia dan mancanegara.

Di dalam bangunan ini, anda bisa menikmati semua hasil karya dengan berbagai penghargaan. Meskipun acara pemerannya tidak menentu, jadi anda bisa saja beruntung bisa juga tidak. Acara yang bisa dilaksanakan di rumah Seni adalah pemutaran film, pentas kesenian dan lain-lain.

  1. Dapat mengikuti workshop
    Terkadang rumah Cemeti mengandalkan workshop atau diskusi ringan tentang seni di tempat ini. Anda bisa menambah pengetahuan jika memutuskan untuk datang ke wisata sejarah ini.
  2. Berfoto
    Anda tentu ingin mengabadikan moment dengan hasil Seni yang ada di rumah Cemeti. Anda bisa mengambil foto, pastikan untuk menanyakan lebih dahulu peraturan yang ada di dalam rumah Seni ini.
  • Harga tiket masuk Rumah Cemeti

Rumah seni ini bisa dikunjungi mulai dari Hari senin hingga sabtu di pukul 09.00 WIB dan tutup di pukul 17.00 WIB. Harga tiket masuk Rumah Cemeti gratis, tidak dipungut biaya apapun. Anda hanya diminta untuk mengisi buku tahu yang disediakan. Kapan lagi dapat ilmu, bisa foto, dengan gratis di tempat wisata sebagus rumah Seni Cemeti ini.

  • Rute ke Lokasi wisata Sejarah Cemeti

Wisata ini terletak di Jl. DI Panjaitan No.41, Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta . Anda bisa menggunakan transportasi umum dengan jalur transit yang berbeda. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan keberangkatan di pusat kota yaitu tepatnya di titik 0 km. Kemudian anda lanjutkan perjalanan ke Jl. Pangurajan dan menuju ke arah Alun-alun utara. Lanjutkan perjalanan ke arah Jl. Ibu ruswo dan mengambil arah kanan ke jalan Wijilan.
Selanjutnya anda akan sampai di Jl. Panembahan Mangnurat, teriakan hingga menuju Jl. langenarjan di arah kanan. Putar ke kiri Jl. Gading dan sampai ke Jl. DA panjaitan. Anda Aman menemukan rumah Seni Cemeti di sebelah kiri jalan di jalan Panjaitan tadi.

Untuk lebih mudah, sebaiknya gunakan google maps agar anda tidak kesasar ke jalan yang berbeda.

Pos terkait