Curug Cikaracak, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
Curug Cikaracak
Foto:@bhucek.junior

Jika Anda ke Bogor, jangan lewatkan berkunjung ke Curug Cikaracak. Air terjun di Bogor tidak akan pernah mengecewakan Anda. Pesona alamnya tetap berhasil mencuri perhatian dan membuat pikiran Anda rileks.

Baca Juga: Curug Ciparay, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Bacaan Lainnya

Akses Wisata Curug Cikaracak

Destinasi wisata ini berada tepat di Kota Bogor. Lokasinya berada di kaki Gunung Gede Pangrango, Dusun Cibeling, Desa Cinagara, Kecamatan Caringin. Jaraknya dari Ciawi hanya sekitar 15 km. Anda bisa menempuh perjalanan menggunakan kendaraan bermotor, baik itu roda dua maupun roda empat. Setelah sampai Dusun Cibeling Anda bisa melanjutkan dengan jalan kaki. Lain halnya jika Anda jalan dari arah Ciawi, lakukan perjalanan menuju Sukabumi. Setelah tiba di Cisempur nanti Anda akan melihat plang yang terpampang tulisan Curug Cikaracak, kemudian belok kiri dan ikuti jalan.

Baca Juga: 31 Air Terjun di Bogor Yang Siap Kamu Explore!

Kondisi jalan yang akan ditempuh cukup mulus karena jalanannya telah diaspal. Setelah sampai ke Dusun Cibeling, Anda akan harus melakukan treking sejauh 2,5 km. Perjalanan ini sangat cocok bagi Anda yang suka berpetualang. Perjalanan akan ditemani dengan pemandangan persawahan, Anda akan berjalan di atas pematang sawah demi mencapai lokasi curug. Setelah persawahan , pemandangan selanjutnya adalah perkebunan warga.

Harga Tiket Wisata Curug Cikaracak

tiket masuk Curug Cikaracak
Foto:@armand_sagaph

Wisata alam yang sangat amat terjangkau, Curug Cikaracak bisa dinikmati hanya dengan biaya masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Bagi Anda yang membawa kendaraan maka biaya yang perlu ditambah adalah Rp 10.000 per unit untuk lahan parkirnya.

Pesona Wisata Curug Cikaracak

Air Terjun ini memiliki dua terjunan di mana masing-masing setinggi 20 meter dan 40 meter. Alirannya cukup deras dan jernih, sehingga Anda bisa menikmati segarnya mandi di bawah guyuran tersebut. Percikan air yang menimpa bebatuan di sekitarnya menghasilkan uap, ditambah lagi hembusan angin yang menyentuh kulit dan menenangkan. Pantulan sinar matahari juga menghasilkan pelangi yang indah. Sungguh keindahan yang tiada dua.

Baca Juga: 41 Rekomendasi Tempat Kuliner di Bogor

Ketika Anda merasa haus maka bisa minum air curug yang terletak di sebelah kanan. Mata air tersebut sangat jernih sehingga dapat diminum langsung. Kesegarannya akan sangat terasa, kapan lagi Anda akan minum air langsung dari mata airnya. Selain itu Anda juga bisa menceburkan diri untuk menikmati kesegaran mandi di dalam kolam air terjun.

Jangan khawatir karena kedalaman kolamnya tidak berbahaya, muaranya juga ketepian dengan batu yang tumpul. Apabila ingin merasakan sensasi yang berbeda, maka Anda bisa langsung merasakan jatuhnya air dari ketinggian. Ingat, jangan terlalu lama karena bisa mencederai punggung maupun kepala Anda. Cara lain untuk menikmati kawasan wisata curug, Anda bisa melakukan meditasi. Sediakan hammock dan ikat pada batang pohon sembari menikmati suasana asri.

Tips Berkunjung ke Wisata Curug Cikaracak

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika melakukan wisata ke air terjun. Anda bisa mencari tahu peraturan apa yang berlaku di tempat tersebut. Seperti yang diketahui setiap tempat memiliki peraturan yang berbeda di mana harus dipatuhi oleh setiap orang, baik itu warga sekitar maupun pendatang seperti para wisatawan.

Hindari pergi wisata sendirian ke kawasan air terjun mengingat medan yang dihadapi tidaklah mudah. Pergilah bersama teman maupun keluarga agar lebih aman seandainya terjadi sesuatu ketika perjalanan. Lakukan perjalanan di pagi hari agar bisa menghabiskan waktu lebih banyak ketika tiba di curug. Sebaiknya rencanakan perjalanan jauh-jauh hari agar lebih aman dan terhindar dari cuaca buruk.

Baca Juga: Deretan Kolam Renang di Bogor Beserta Tiket Masuknya

Jika Anda ingin mandi ketika di sana, maka bawakan pakaian ganti supaya tidak masuk angin. Waspada terhadap hewan liar karena Anda melewati kawasan hutan. Perhatikan alas kaki mengingat medan yang licin apalagi musim hujan. Perjalanan menuju area wisata tidak mudah, sehingga Anda harus dalam kondisi sehat dan bugar. Jangan sampai setelah lelah melewati perjalanan, Anda malah tumbang dan tidak bisa menikmati keindahan air terjun.

Itulah sekilas uraian mengenai pesona destinasi wisata Curug Cikaracak, Bogor. Bagaimana? Sekilas tampak begitu indah, bukan? Semoga dapat membantu Anda yang ingin berwisata ke sana. Jangan lupakan tipsnya juga ya.

Pos terkait