Akses dan Harga Tiket Masuk Curug Gentong Waluran Sukabumi

  • Whatsapp
Foto: @imammuhajirin

Ingin melihat pemandangan alam yang memang belum tersentuh oleh manusia? Wah, hal tersebut tentunya cukup menarik bukan? apalagi, Anda menjadi tahu bahwa benar adanya bahwa pemandangan tersebut memang asli dari alam. Nah, bagi Anda yang penasaran, nyatanya hal demikian terjadi di wilayah kabupaten Sukabumi , lho! Di Sukabumi, terdapat sebuah curug dengan nama curug gentong. Dimana, Curug Gentong ini merupakan sebuah air terjun yang memang belum tertata rapi seperti air terjun yang lainnya. Namun, fakta inilah yang membuat curug Gentong ini banyak disenangi masyarakat, karena dianggap masih original dan tidak banyak perubahan pada setiap bentukan dari curug gentong ini sendiri.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi

Muat Lebih

Nah, kali ini Saya akan membahas sedikit mengenai Curug Gentong. Untuk informasi yang lebih jelasnya, yuk simak artikel berikut ini ya!

Keberadaan Curug Gentong

Curug Gentong merupakan salah satu air terjun yang terdapat di Sukabumi tepatnya di aliran Sungai Ciliwung Gunung yang notabenenya terdapat di dalam area lahan Perhutani. Lokasinya masih di dalam kawasan Geopark Ciletuh dan perkiraan jarak dari jalan utama menuju Curug Gentong hanya sekitar 150 meter. Bagaimana tidak terlalu jauh kan? Anda dapat dengan mudah untuk mengakses jalan dan datang berkunjung ke Curug Gentong ini dengan waktu yang singkat juga dengan persiapan yang tidak terlalu banyak.

Foto – Foto Curug Gentong:

Curug Gentong by @budi_ryan
Foto by @gentagunadi

Bentang Alam Curug Gentong

Nah, setelah banyak orang melihat bagaimana bentukan dari bentang alam Curug Gentong ini, mulai timbullah kekaguman dan akhirnya banyak pendapat yang menyatakan bahwa curug gentong ini sangat bagus apabila dijadikan wisata alam. Curug gentong ini akan sangat terlihat dari atas jalan utama dan membuat para masyarakat yang melalui jalan tersebut berhenti sejenak untuk melakukan swa foto dengan background dari curug gentong ini.

Nah, mungkin memang belum banyak yang tahu, sehingga belum ada pula upaya untuk melakukan penataan dari curug gentong ini. namun, Curug Gentong tetap memiliki keistimewaan yang pada akhirnya membuat curug gentong lebih unggul dari curug – curug yang lainnya. Pada curug gentong ini terdapat kolam dibawah air terjunnya dan bentuknya sangat mirip dengan gentong ditambah dengan 5 undakan ( tangga ) dan juga ditambah 5 kolam. Nah, dari 5 kolam tersebut, 3 kolamnya berbentuk layaknya gentong yang pada masing – masing kolam memiliki kedalaman yang berbeda – beda.

Kedalaman dari kolam Curug Gentong ini juga bervariatif. Adanya yang 2 meter, ada yang 4 meter dan bahkan tingginya ada yang mencapai sekitar 8 meter. Sedangkan untuk undakan lainnya memiliki kolam dengan rata – rata kedalaman sekitar 1 sampai dengan 1.5 meter ditambah dengan total ketinggian keseluruhan yang kurang dari 50 meter.

Baca Juga: Wisata Alam Level Internasional Geopark Ciletuh Sukabumi

Akses Lokasi

Nah, bagi Anda yang berminat untuk Menuju Curug Gentong, Anda harus ketahui bahwa Anda hanya akan dapat memandangi curug dari jarak yang cukup jauh. Sebab pada bagian atau wilayah yang didekat curugnya belum mengalami perbaikan dan terkesan tidak tertata. Selain itu pula, jalanannya masih setapak dan masih curam sehingga Anda harus berhati – hari.

Untuk harga tiket, masih tidak dipublikasikan sebab curug ini pun tidak seperti curug lainnya yang memang sengaja di rawat untuk dijadikan tempat wisata dan dimanfaatkan di dalam bidang komersial. Nah, itu dia beberapa hal yang berhubungan dengan Curug Gentong. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi untuk Anda.

Pos terkait

Loading...