Curug Naga, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
Curug Naga
Foto:@wkwktraveler

Pecinta wisata alam seperti Anda wajib berkunjung ke destinasi Curug Naga yang terletak di kawasan Bogor. Seperti yang diketahui bahwa Bogor merupakan kawasan yang terletak di Puncak dengan suhu rendah. Jadi, wajar jika masih terdapat daerah yang asri seperti lokasi air terjun Naga.

Baca Juga: 31 Air Terjun di Bogor Yang Siap Kamu Explore!

Bacaan Lainnya

Air Terjun Curug Naga

Destinasi wisata ini dikelola oleh Perhutani KBM dan warga sekitar. Tempat ini berada di daerah Megamendung, Puncak, Bogor. Kawasan wisata air terjun ini memiliki ciri khas di mana terdapat tiga air terjun atau curug di dalamnya yakni Curug Priuk, Curug Naga dan Curug Barong. Setia curug tersebut memiliki ciri khas dan kesulitan masing-masing untuk dijelajahi. Bagi pecinta tantangan, destinasi wisata ini sangat sayang untuk dilewatkan. Anda bisa menikmati perjalanan wisata ke curug ini dengan berbagai cara yakni seperti body rafting, river trekking, jungle trekking dan cliff jumping.

Baca Juga: 41 Rekomendasi Tempat Kuliner di Bogor

River trekking akan langsung dirasakan karena dalam menempuh perjalanan menuju curug, Anda harus melewati sungai yang airnya masih jernih. Wajar saja karena semua pengunjung diwajibkan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar curug. Kemudian jungle trekking juga bisa Anda nikmati karena bukan hanya sungai yang akan dilewati ketika perjalanan, Anda akan melewati pepohonan hijau yang pastinya memanjakan mata.

Anda bisa menghabiskan waktu berlibur dengan body rafting di Curug Naga. Aktivitas tersebut juga menjadi andalan dari beberapa objek wisata air terjun. Derasnya aliran sungai di sini membuat aktifitas body rafting lebih asik dan menantang. Anda bisa memacu adrenalin sembari menikmati panorama alam yang dilengkapi bebatuan licin.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Gunung Pancar Bogor Terbaru

Aktifitas ini dimulai dengan menuju air terjun pertama yakni Curug Priuk. Anda akan melewati hutan rimba dengan suasana sejuk dan asri. Setelah itu Anda akan dibawa berpetualang menuju Penderasan Naga di mana Anda bisa terjun bebas ke kolam di bawahnya. Seluruh kegiatan tersebut sudah dijamin aman karena operator telah membawa perlengkapan lengkap seperti jaket, pelampung dan helm.

Akses Lokasi Curug Naga

lokasi curug naga
Foto:@rizkywikupuraga

Lokasi curug berada tepat di Desa Citamiang, Kecamatan Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Apabila Anda berangkat dari Kota Bogor, dibutuhkan waktu selama 1,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Lain halnya jika Anda berangkat dari Jakarta menggunakan KRL. Lanjutkan perjalanan menuju lokasi camping di Air Terjun Naga dengan menggunakan angkot dari Stasiun Bogor. Tidak perlu khawatir karena sebagian besar supir angkot sudah mengetahui rute menuju curug ini.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Agrowisata Gunung Mas Bogor Terbaru

Rute bagi pengunjung dengan kendaraan pribadi dari arah Ciawi menuju puncak. Setelah ketemu dengan Masjid Megamendung, lalu belok ke kiri. Kurang lebih dua kilometer Anda akan menemukan papan Unilever. Kemudian belok kiri ke arah Air Terjun Naga.

Jam Operasional

Curug ini dibuka setiap hari, jadi Anda bisa datang kapan saja dan menyesuaikan dengan jadwal kosong. Anda disarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu terutama pada musim kemarau dan awal musim hujan. Pada saat itu debit air tidak terlalu tinggi sehingga calon wisatawan berlomba-lomba untuk melakukan reservasi.

Harga Tiket Curug Naga

tiket masuk curug naga
Foto:@monikaharyanto

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa untuk menikmati kawasan ini Anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Harga per paketnya beragam, mulai dari Rp 75.000 hingga Rp 375.000. Anda perlu melakukan beberapa persiapan sebelum ke Curug Naga.

Kondisi fisik harus segar bugar mengingat trek yang akan dilalui cukup sulit sehingga menguras tenaga banyak. Kemudian Anda juga akan melakukan beberapa kali lompat tinggi karena jalur yang memicu adrenalin. Siapkan perlengkapan outdoor termasuk alas kaki, jangan lupakan pakaian yang sesuai dengan cuaca dan kegiatan yang akan dilakukan nantinya.

Jangan lupa untuk reservasi tempat sesuai dengan paket yang tersedia. Dengan begitu Anda tidak perlu sulit bawa perlengkapan dari rumah karena telah disediakan oleh operator seperti pelampung, helm, sleeping bag, matras dan tenda. Semua tergantung dengan paket yang akan Anda pilih.

Sekian penjelasan mengenai destinasi wisata Curug Naga, Bogor. Siapkan diri Anda dan perlengkapan untuk menikmati pesona alam Bogor. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Anda dalam menyiapkan berbagai perlengkapan wisata.

Pos terkait