Curug Panjang, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
Curug Panjang
Foto:@kanestersandi

Wisata air terjun atau Curug adalah salah satu jenis wisata yang tidak pernah ada matinya. Dibalik bising dan juga polusi udara di daerah perkotaan membuat banyak masyarakat memilih berwisata di air terjun karena disana sangat asri, dingin dan tentunya lebih segar. Salah satu tempat wisata air terjun atau Curug di Bogor yang cukup terkenal adalah Curug Panjang.

Baca Juga: 31 Air Terjun di Bogor Yang Siap Kamu Explore!

Bacaan Lainnya

Curug yang satu ini masuk ke dalam kawasan lereng Gunung Paseban yang masih sangat alami. Dikelilingi dengan tebing dan juga pepohonan yang rindang membuat wisata Anda sangat berarti dan menjadikan ini sebagai pengalaman yang tak pernah terlupakan.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Curug Panjang

Ada beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di Curug Panjang ini karena di sana sudah diolah dengan baik jadi bukan hanya air terjun saja yang menjadi sasaran wisatawan. Penasaran dengan apa saja yang bisa dilakukan di sana? Penjelasannya secara lengkap di bawah ini:

  • Berenang

Yang pertama bisa Anda lakukan tentunya adalah berenang. Anda bisa berenang di kolam alami di bawah air terjun yang sangat deras nan tidak terlalu tinggi. Airnya yang masih sangat jernih membuat aktivitas berenang Anda menjadi lebih menyenangkan. Bahkan Anda bisa membawa ban pelampung dengan bentuk yang unik untuk mendapatkan kesenangan yang lebih baik.

  • Fotografi

Tidak hanya berenang dan menikmati air saja. Anda yang menyukai aktivitas memotret bisa mendapatkan banyak objek menarik. Dari mulai aliran air yang sangat tenang, bebatuan yang sangat menarik, tebing-tebing yang dramatis, serta pepohonan hijau yang memperlihatkan sisi natural alam membuat hasil setiap jepretan kamera Anda selalu terlihat berkesan.

  • Camping

Selanjutnya, Anda juga bisa bermalam dengan cara berkemah dan menikmati keindahan alam menggunakan tenda. Lokasinya memang telah disediakan dan dikelola dengan baik sehingga sangat rapi dan bersih sehingga bagi Anda yang tidak terbiasa berkemah di lingkungan luar yang bebas bisa merasakan camping yang benar-benar eksklusif ditemani alam semesta yang indah.

  • Trekking

Bagi Anda yang memiliki jiwa petualangan besar bisa melakukan trekking pula. Anda bisa memilih jalan kaki atau bersepeda dengan tantangan jalan yang menantang adrenalin. Tenang saja, perjalanan Anda akan ditemani oleh pepohonan yang rindang, sungai yang masih alami dan jernih, serta suara burung yang akan menenangkan jiwa Anda.

Fasilitas yang Didapatkan dari Wisata di Curug Panjang

Karena tempat wisata yang satu ini diolah dengan tepat oleh pemerintah maka fasilitasnya sangat lah lengkap. Di sini telah disediakan toilet umum, kamar mandi untuk mandi atau membilas badan setelah asyik bermain air, tempat ibadah, area parkir yang cukup luas, tempat sampah untuk menjaga kebersihan lokasi wisata, pusat informasi, dan yang paling utama adalah warung makan.

Baca Juga: Deretan Kolam Renang di Bogor Beserta Tiket Masuknya

Setelah asyik bermain air yang cukup dingin apalagi memang cuaca disana dingin pastinya membuat Anda lapar. Namun, dengan ketersediaan warung makan yang banyak membuat  urusan perut ini aman terkendali.

Tiket Masuk Curug Panjang

tiket masuk curug panjang
Foto:@akhoirullah

Untuk masuk ke Curug Panjang Anda perlu membayar tiket sekitar Rp 10.000,00, namun untuk wisatawan mancanegara biasanya dikenakan tarif sebesar Rp 50.000,00. Namun bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi akan diberikan tarif untuk parkir sebesar Rp 3.000,00 untuk motor, Rp 5.000,00 untuk mobil, dan Rp 10.000,00 untuk bus.

Baca Juga: 41 Rekomendasi Tempat Kuliner di Bogor

Ada penyewaan juga untuk fasilitas wisata seperti pelampung sebesar Rp 15.000,00 dan alat camping sebesar Rp 420.000,00. Namun harganya mungkin bisa berubah setiap saat, oleh karena itu penting sekali untuk menghubungi pengelola terlebih dahulu.

Rute dan Transportasi Menuju Curug Panjang

Untuk menuju ke Curug Panjang ini, Anda tidak perlu lagi khawatir sebab rutenya sudah sangat mumpuni untuk semua wisatawan. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi bisa juga menggunakan kendaraan umum. Untuk kendaraan umum, Anda bisa menggunakan kereta, bus, angkot dan juga ojek.  Bahkan Anda bisa juga ikut mobil pick up yang lewat bagi yang suka tantangan dan harganya pun bisa dinego bahkan gratis. Lokasi curug ini berada di Desa Citameang, Megamendung kalo dari Jakarta kurang lebih 2-3 jam perjalanan menggunakan mobil bisa ikutin maps untuk rutenya.

Pos terkait