Curug Seribu, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
Curug Seribu
Foto:@ridwan_taufik

Kalau kamu mencari tempat liburan yang unik tanpa perlu pergi jauh-jauh, kenapa tidak ke Curug Seribu? Terletak di Bogor, air terjun ini bisa menjadi alternatif jalan-jalan singkat di akhir pekan. Berikut adalah ulasan singkat mengenai air terjun tersebut.

Baca Juga: 31 Air Terjun di Bogor Yang Siap Kamu Explore!

Bacaan Lainnya

Mengenai Curug Seribu

Kata curug dalam bahasa Sunda berarti air terjun. Ada beberapa pendapat mengenai asal-usul nama Seribu. Kabarnya, nama itu muncul karena ada banyak curug kecil lain di area ini. Selain itu, ada juga yang mengatakan air terjun dinamai demikian karena lokasinya sekitar 1000 meter dari pintu masuk, atau karena pengunjung harus melewati sekitar 1000 anak tangga sebelum sampai di curug.

Baca Juga: 41 Rekomendasi Tempat Kuliner di Bogor

Curug ini bisa dibilang merupakan air terjun yang paling indah di kawasan Wana Wisata Gunung Bunder. Air terjun ini adalah yang tertinggi di Bogor dengan ketinggian sekitar 100 meter. Terdapat sebuah kolam utama sedalam 5 sampai 30 meter di bawahnya. Kolam ini tidak bisa dimasuki karena berbahaya. Tetapi, turis masih bisa berendam di kolam dan aliran air di bawahnya.

Lokasi dan Jam Operasional

tiket masuk curug seribu
Foto:@nafisfauzan

Letak air terjun ini ada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak. Lokasi Taman Nasional ini di Kecamatan Pamijahan, Bogor, Jawa Barat. Untuk mencapai lokasi ini, kamu membutuhkan waktu sekitar 1 jam 45 menit dari Kota Bogor.

Baca Juga:Gunung Gede Pangrango, Jalur dan Estimasi Biaya Pendakian

Kawasan wisata curug ini dapat dikunjungi setiap hari mulai dari pukul 8 pagi sampai 4 sore. Untuk masuk dikenakan tiket sebesar Rp 10.000,00 per orang.

Aktivitas

  • Trekking

Lokasi curug ada di lembah di kawasan Gunung Bunder. kamu harus berjalan kaki selama kurang lebih 1 jam melewati jalur sepanjang sekitar 3 km dari tempat parkir.  kamu harus melewati jalur yang terjal dan berbatu licin. Di beberapa tempat juga terdapat anak tangga kayu.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Agrowisata Gunung Mas Bogor Terbaru

Walaupun perjalanan turun lembah cukup menantang, namun lelah yang kamu rasakan akan terbayar dengan pemandangan hutan yang indah di sepanjang jalur. Selain air terjun, kamu juga akan melewati beberapa mata air segar yang airnya bisa langsung diminum. Di samping itu, kamu juga bisa melihat berbagai satwa liar yang tinggal di kawasan ini seperti kera dan berbagai burung.

  • Melihat Pemandangan

Setelah melewati jalur trekking dengan panorama hutan yang indah, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan air terjun yang besar. Suara arus yang bergemuruh dan hempasan angin yang sejuk akan menyambut kamu jauh sebelum sampai di air terjun.

Pemandangan di curug sungguh luar biasa. Terletak di lembah dan dikelilingi hutan, air terjun ini tampak teduh dan indah. Udara yang sejuk dan segar membuat suasana semakin menyenangkan.

  • Bermain Air

Pengunjung tidak diizinkan berenang di bawah air terjun karena arus air yang sangat deras. Namun, kamu masih bisa berenang atau bermain air di kolam atau aliran air lain di sekitar lokasi air terjun. Di lokasi sudah terdapat penanda batasan wilayah yang tidak boleh dilewati oleh pengunjung.

Setelah bermain air, kamu bisa membilas tubuh dan mengganti pakaian di kamar mandi yang sudah tersedia di lokasi.

  • Berfoto

Selama perjalanan turun lembah menuju curug, kamu akan menemukan banyak tempat yang menarik untuk berfoto cantik. kamu bisa berfoto di hutan pinus yang mengelilingi jalur trekking atau berpose dengan latar belakang perbukitan.

Jangan lupa mengabadikan kenangan saat berada di kawasan air terjun. Keindahannya yang bernuansa mistis akan memberikan kamu swafoto yang unik dan berkesan untuk dipamerkan di media sosial.

Fasilitas

Di kawasan objek wisata ini ada banyak fasilitas untuk pengunjung. Mulai dari tempat parkir yang luas, MCK yang bersih dan terawat, mushola yang terjangkau, dan juga shelter.

Anda merasa lapar setelah berjalan jauh ke lokasi curug? Jangan khawatir karena disini juga tersedia tempat makan. Di sekitar lokasi parkir juga terdapat banyak penjual makanan dan minuman yang siap mengatasi lapar dan dahaga Anda.

Jadi, tunggu apa lagi? Jangan lupa masukkan Curug Seribu ke daftar lokasi liburan kamu selanjutnya!

Pos terkait