Hutan Pinus Pengger Tempat Wisata Hitz yang Instagramable

  • Whatsapp
Hutan Pinus Pengger
Foto: @mysda_yn

Satu lagi nih tempat wisata rekomendasi yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu hutan pinus Pengger. Menawarkan keindahan alam yang sangat mempesona serta banyak spot foto yang keren dan Instagramable. Disamping itu, ada banyak kegiatan-kegiatan menarik yang bisa dilakukan di tempat wisata yang satu ini.

Baca Juga: Menikmati Kesejukan Air Terjun Kedung Pedut Jogja

Bacaan Lainnya

Informasi umum tempat wisata hutan pinus Pengger 

Sebetulnya, di daerah Bantul sudah banyak sekali terdapat tempat wisata hutan pinus. Akan tetapi karena hutan pinus Pengger ini relatif lebih baru dibandingkan dengan tempat wisata hutan pinus lainnya membuat pinus Pengger ini begitu digandrungi oleh wisatawan terutama bagi kaum millennial sekarang ini. Selain masih relatif baru, hutan pinus Pengger ini memiliki keunikan sendiri sehingga menarik minat para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Hutan pinus Pengger ini tepatnya terletak di ujung utara Kecamatan Dlingo. Letaknya lumayan dekat jika diakses melalui Kecamatan Patuk yang ada di Gunung Kidul. Karena berada di kawasan perbukitan pinus maka tidak heran jika tempat ini sangatlah asri dan memberikan suasana yang nyaman bagi para pengunjungnya.

Daya tarik hutan pinus Pengger

Karena merupakan sebuah wisata alam, tentu saja hutan pinus Pengger menjadikan keindahan alamnya sebagai daya tarik utama. Selain keindahan alamnya, daya tarik utama dari tempat wisata yang satu ini adalah spot selfie yang unik dan Instagramable banget pastinya. Ada banyak sekali spot yang bisa digunakan untuk berselfie ria atau ber wifi ria di tempat wisata ini. Ketika malam hari suasananya akan menjadi lebih indah karena wisatawan bisa melihat keindahan kota Yogyakarta dari puncak. Para wisatawan akan bisa dengan leluasa melihat kemerlip lampu-lampu kota Yogyakarta dari ketinggian sehingga menimbulkan image yang sangat bagus dan instagram worthy.

Kegiatan apa yang bisa dilakukan di hutan pinus Pengger

Foto: @rosarositasari

Ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di tempat wisata ini. Kegiatan pertama yang wajib dilakukan ketika berada di disini adalah menikmati panorama alam yang indah. Disini wisatawan bisa berjalan-jalan di jalan setapak yang memang sengaja dibuat oleh para pengelola yang tertata rapi sambil menikmati hembusan angin yang menyejukkan. Ketika malam hari melihat keindahan kota Yogyakarta dari atas puncak yang membuat kota Yogyakarta bagaikan bintang yang kemerlip di kejauhan. Selain itu, bagi wisatawan yang hobo selfie dan main Instagram tempat yang satu ini pasti bagaikan surga bagi mereka karena ada banyak sekali spot foto yang menarik dan tentunya Instagramable banget. Beberapa spot foto yang bisa dicoba oleh wisatawan adalah rumah indian, jembatan kayu, tangan raksasa, lubang raksasa dan dan masih banyak lagi spot foto yang instagenic dan sayang untuk dilewatkan.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Kuliner di Jogja

Selain berfoto-foto, disana wisatawan juga bisa menikmati beragam wahana permainan yang menarik seperti flying fox, area outbound, sepeda hutan, hammock dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu, disini wisatawan juga bisa menonton sebuah cara atau pertunjukan di sebuah area yang mirip seperti bioskop terbuka dengan panggung dan tempat duduk kayu, mirip-mirip seperti amphitheater begitu bentuknya. Bagi wisatawan yang senang camping, disini hugs disediakan camping ground juga. Lahannya sangat luas sekali, jadi anda bisa camping bersama teman-teman anda juga.

Harga Tiket Masuk 

Bagi anda yang berkunjung ke hutan pinus Pengger, anda tidak perlu khawatir dengan harga tiket masuknya. Karena harga tiket masuknya sangatlah terjangkau yaitu hanya sebesar Rp. 3.000. Sedangkan untuk biaya parkir roda dua sebesar Rp. 2.000 dan roda empat sebesar Rp. 5.000 dan bus sebesar Rp. 20.000. Akan tetapi tiket masuk tersebut belum termasuk tiket wahana-wahana yang ada di hutan pinus Pengger.

Rute menuju hutan pinus Pengger 

Bagi anda yang ingin berwisata ke hutan pinus Pengger, anda tidak perlu khawatir karena rute dan akses jalannya relatif mudah. Ketika anda memulai perjalanan dari kota Yogyakarta, maka anda hanya perlu mengambil arah menuju Wonosari. Sesampainya anda di Bukit Bintang, tepatnya di Perempatan Patuk anda harus ambil arah kanan yang menuju ke Kecamatan Dlingo. Anda harus melintasi jalan dengan jarak sekitar 4,5 km hingga mencapai hutan pinus Pengger.

Pos terkait