Wisata Alam dan Sejarah di Sepanjang Selokan Mataram

  • Whatsapp
Foto: @djarotfajar

Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar nama Jogja jika dikaitkan dengan wisata? Pantai Parangtritis? Candi Borobudur? Mungkin itu yang sering kali hadir di benak para wisatawan asing. Padahal, Indonesia khususnya Jogja memiliki ragam wisata yang unik dan menarik khususnya untuk wisata alam yang dipadukan dengan buatan manusia. Salah satunya adalah wisata Selokan Mataram.

Selokan Mataram merupakan salah satu wisata yang bersejarah namun tetap mengutamakan unsur lingkungan alam. Sehingga bukan hanya untuk menghibur Anda dengan wisata saja namun juga memberikan pembelajaran mengenai sejarah masa lalu yang juga sangat penting dipelajari oleh masyarakat Indonesia.

Bacaan Lainnya

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Selokan Mataram, dapat Anda simak di bawah ini:

  • Tentang Selokan Mataram

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai Selokan Mataram, memang ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui terlebih dahulu secara lengkap mengenai tempat wisata unik yang satu ini. Ya, Selokan Mataram merupakan salah satu aliran irigasi yang dibuat pada masa lalu tepatnya yaitu pada pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono yang ke-sembilan tersebut

Sri Sultan membangun pusat irigasi ini. Selokan Mataram dibangun untuk memberikan fasilitas terbaik dan juga digunakan untuk membebaskan kerja romusha bagi para masyarakat.

Dirinya memerintahkan para rakyat yang bekerja romusha untuk pulang dan membuat saluran irigasi ini. Selokan Mataram ini memiliki keunikan tersendiri bagi para wisatawan asing maupun pusat. Pasalnya, tempat wisata ini hanya berkaitan dengan sistem irigasi, namun jika Anda mencari kedamaian jiwa maka di sini bisa menjadi alternatif pilihan Anda,

Hingga saat ini, irigasi yang dibangun pada zaman dahulu tersebut berdiri kokoh di pinggir jalan. Saluran irigasi tersebut dahulunya bernama Yoshiro Hoshito yang sangat membantu perekonomian masyarakat yang prioritas pekerjanya merupakan petani.

Selokan Mataram juga memiliki keunikan pada aliran airnya yang tidak biasa. Selokan Mataram ini membuat air mengalir dari Timur ke Barat padahal pada umumnya, air mengalir dari Barat ke Timur. Hal ini konon disebabkan oleh adanya Gunung Merapi yang membuat air memiliki arus yang berlawanan.

  • Daya Tarik Selokan Mataram
Foto: @djarotfajar

Daya tarik Selokan Mataram ini adalah terletak pada keunikan jalanan yang bisa digunakan oleh para wisatawan untuk berkeliling Jogja dengan mudah menyusuri aliran selokan Mataram yang sangat bersejarah tersebut. Anda bisa menyusurinya dengan menggunakan sepeda Gunung sebagai salah satu cara juga untuk olahraga di Jogja.

Daya tarik selanjutnya adalah aliran air yang seakan –akan melawan kodratnya di mana air mengalir dari Timur ke Barat. Selokan Mataram memiliki daya tarik di sekitarnya di mana terdapat hamparan sawah yang hijau dan memanjakan mata Anda.

  • Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Lalu berapa harga tiket masuknya serta jam bukanya? Bagi Anda yang ingin menikmati liburan bersama keluarga atau bersama dengan orang terkasih lainnya bisa langsung datang kapan saja karena Anda bebas melakukan penyusuran Selokan tersebut.

Namun, sebaiknya Anda datang pada saat musim penghujan tiba sehingga tidak mengecewakan Anda yang sudah jauh-jauh datang dari luar kota. Dengan mengunjungi lokasi ini pada musim kemarau maka alirannya akan tidak ada karena kering.

  • Akses Transportasi yang Bisa Digunakan

Untuk akses transportasinya, Anda bisa memilih menggunakan transportasi umum maupun transportasi pribadi. Jangan lupa juga untuk membawa sepeda gunung Anda atau bisa juga menyewa di tempat persewaan sepeda. Anda bisa menyusuri jalur ini baik dari arah barat maupun timur,

Itulah Wisata Alam dan Sejarah di Sepanjang Selokan Mataram, beberapa informasi mengenai Selokan Mataram yang sangat terkenal di Jogja khususnya bagi mereka yang memiliki hobi bersepeda. Bagi Anda pun yang sangat senang bersepeda juga disarankan untuk melakukan wisata unik yang satu ini karena hanya ada di Jogja.

Alam Jogja yang masih sangat asri dapat melembutkan hati dan pikiran Anda sehingga berbagai permasalahan dapat segera terselesaikan. Anda bisa berkeliling Jogja menyusuri keunikan wisata alam buatan manusia yang sangat bersejarah tersebut dengan sangat murah dan tentunya sangat Asyik. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin berlibur di Jogja.

Pos terkait