Menara Siger Lampung, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
Foto: @roadtolife.exp

Ikon Lampung yang menarik adalah sebuah menara atap lancip khas budaya Lampungnya. Banyak orang yang datang ke sana selalu mengabadikan bangunan ini lewat foto agar tahu makna dan bangunan bersejarah yang punya nilai historis.

Memang banyak sekali tempat wisata di lampung yang masih belum terexpose publik khususnya dari luar lampung seperti keberadaan menara siger ini.

Bacaan Lainnya

Bagaimana Bentuk Bangunan Menara Siger Lampung?

Jika Anda pernah melihat seorang pengantin wanita dari Lampung tentu akan tertuju pada bagian kepalanya yang memakai mahkota berbentuk kerucut. Nah, bentuk Menara Siger ini mengadopsi dari bentuk mahkota pengantin wanita Lampung. Menara Siger ini dibuat di atas bukit yang ketika Anda lewat pelabuhan merak menuju bakauheni akan nampak gagah Menara Siger ini.

Menara ini terdiri dari 9 kerucut lancip untuk bagian atapnya, dengan warna kuning keemasan. Untuk bagian utamanya terdiri dari bangunan kerucut besar. Bagian sisi kiri dan kanan terdapat masing-masing 3 buah kerucut sedangkan bagian depan dan belakang masing-masing 1 buah kerucut.

Menara Siger ini seringkali disebut sebagai titik nol km dari Pulau Sumatra, dan telah diresmikan pada tahun 2008 oleh Bapak Gubernur Lampung bernama Sjahroedin Z.P.

Jam Buka Dan Tiket Masuk Menara Siger Lampung:

Menara Siger Lampung terbuka untuk umum dan tidak ada batasan usia, karena termasuk dalam bangunan edukasi yang akan memperkenalkan Lampung ke mata dunia. Untuk masuk ke sana Anda cukup datang di jam 06.00 – 24.00. Ketika akan masuk sebaiknya Anda pakai busana yang lebih sopan untuk menghormati simbol suci dari bangunan ini. Tidak disarankan untuk pengunjung memakai baju terbuka karena dirasakan kurang sopan.

Harga tiket masuknya sekitar Rp. 25 ribuan per orang, dilengkapi juga dengan sewa teropong untuk melihat keindahan lain dari atas gardu pandang Menara Siger seharga Rp. 5.000.

Lokasi Menara Siger

Menara Siger terletak di Jalan Lintas Sumatera, Desa Bakauheni, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Indonesia. Jika Anda datang dari pelabuhan bakaheuni maka cukup menempuh memakai sepeda motor selama 10 menitan saja. Untuk menuju kesana tidak perlu khawatir tersesat karena penduduk sekitar telah familiar dengan objek wisata yang satu ini. Dengan bantuan bus atau angkutan umum tujuan Menara Siger akan segera tiba, ongkos naik bus atau angkutan umum ini sangat terjangkau sekali, Rp. 4000 – Rp. 6000 per orang.

Menara ini mudah dijangkau dan jalannya sudah beraspal baik sehingga sarana transportasi apapun tidak akan kesulitan menuju ke sana.

Daya tarik gerbang Menara Siger

Sebelum masuk ke bangunan menara akan ditampakkan gerbang dengan bentuk yang ikonik yakni mahkota pengantin wanita yang di depannya terdapat payung bersusun. Taman Menara Siger ini terdapat wahana bermain anak-anak yang cukup banyak, ada batu peletakan dengan tanda tangan gubernur sebagai peresmian dari pendirian Menara Siger Lampung.

Di sisi lainnya terdapat tempat makan yang sangat enak karena menyajikan makanan khas sumatera dan berlidah Jawa. Lampung terdiri dari campuran suku yang mendiami, tak heran jika banyak orang yang tinggal di sana fasih berbahasa Jawa, melayu dan campuran keduanya.

Menjadi Simbol Suci Khusus Perempuan Lampung, Mengapa?

Menara yang berdiri dengan ketinggian 32 meter ini ternyata punya struktur bangunan yang tahan gempa, menggunakan dasar pondasi dengan jaring laba-laba sehingga kelenturan bangunan tahan gempa lebih teruji. Panjang bangunan ini sekitar 50 meter dan lebar 10 meter. Didalamnya juga terdapat kantor kebudayaan Lampung dan pusat informasi Sumatra.

Sejarah pembuatan Menara Siger ini melambangkan kesucian wanita Lampung dengan mahkota yang dipakai ketika menikah. Ada 7 kerucut yang artinya ada 7 gunung terbesar di Sumatera, dari masing-masing gunung inilah muncul kebudayaan dan sumber leluhur dari warga Lampung. Makna suci ini nantinya dipakai menjunjung tinggi dalam kehormatan wanita kepada suaminya setinggi gunung yang ada di Sumatera berjumlah 7 buah.

Nah, itulah sekelumit cerita di Menara Siger Lampung yang begitu indah dan gagah memesona. Wanita adalah sosok yang begitu dihargai sehingga menjaga kehormatan sangatlah penting. Manfaatkan liburan akhir pekan dengan datang ke Menara Siger Lampung yuk!

Pos terkait