Akses dan Harga Tiket Masuk Pantai Banyu Tibo Pacitan

  • Whatsapp

Pantai merupakan objek wisata yang paling difavoritkan para wisatawan, tidak terkecuali di negara Indonesia. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak pantai indah dan menjadi daya tarik utama wisatawan domestik hingga wisatawan mancanegara. Dari sekian banyak pantai terbaik di tanah air tercinta, salah satu yang difavoritkan terletak di Pacitan, Jawa Timur. Pantai Banyu Tibo namanya. Pantai ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan fakta inilah yang membuatnya memiliki magnet tersendiri di kalangan wisatawan. Apakah Anda salah satu yang tertarik berkunjung ke Pantai Banyu Tibo? Maka coba simak detail informasi mengenai Pantai Banyu Tibo berikut ini.

Muat Lebih

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Waterboom Gajah Mungkur Wonogiri

Lokasi Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo, mungkin Anda cukup familiar dengan nama pantai ini. Memang benar beberapa waktu belakangan eksistensi Pantai Banyu Tibo semakin meningkat. Pantai yang populer berkat air terjun cantik ini berada di sebelah selatan Provinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Jika sebelumnya kawasan Pacitan lebih populer dengan Pantai Klayar, seiring berjalannya waktu Pantai Banyu Tibo mulai mengambil alih daya tarik wisatawan untuk mengeksplorasi wisata pantai ini.

Jika dilihat dari segi administratif, Pantai Banyu Tibo berlokasi di Desa Widoro, Kecamatan Donoroko, Kabupaten Pacitan. Tepatnya berada di sebelah barat Kabupaten Pacitan, yaitu sekitar 40 Km dari pusat kota. Anda bisa berkunjung ke Pantai Banyu Tibo dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Setidaknya Anda membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1 jam lebih untuk bisa tiba di Pantai Banyu Tibo. Namun, jika Anda ingin datang dari arah Solo, Anda harus rela menyisihkan waktu tempuh yang lebih lama lagi yaitu sekitar 3 hingga 4 jam.

Baca Juga: Deretan Kolam renang di Pacitan Beserta Tiket Masuknya

Rute Pantai Banyu Tibo

Ada beberapa pilihan rute yang bisa Anda gunakan untuk berkunjung ke Pantai Banyu Tibo. Sangat tergantung dari arah mana Anda memulainya. Jika Anda merupakan warga Pacitan, tentu saja tidak akan sulit untuk menemukan jalur menuju Pantai Banyu Tibo. Namun akan berbeda jika Anda berasal dari luar kota. Pemilihan rute yang tepat menjadi faktor paling penting yang wajib Anda pertimbangkan. Jika Anda memulai dari Solo, Anda bisa memilih 2 jalur yaitu Pracimantoro dan Wonogiri. Kedua jalur tersebut sama-sama memiliki rute perjalanan yang mulus. Sedangkan untuk Anda yang memulai dari jalan utama Solo-Pacitan, Anda bisa melalui persimpangan tiga dan mengambil jalur kiri hingga bertemu pertigaan kembali.

Mengenai alat transportasi, ada beberapa macam alat transportasi yang memungkinkan melalui jalar menuju Pantai Banyu Tibo. Hanya saja, akan cukup sulit jika pilihan Anda menggunakan kendaraan umum. Sangat disarankan untuk berkunjung ke Pantai Banyu Tibo menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Selain itu, meskipun kondisi jalanan menuju Pantai Banyu Tibo sudah lumayan bagus. Anda tetap harus waspada saat memasuki gerbang masuk pantai karena jalanannya masih sangat sempit.

Tiket Masuk Pantai Banyu Tibo

Tidak jauh berbeda dengan pantai-pantai lainnya, Pantai Banyu Tibo juga tidak mempunyai jam buka secara khusus. Dengan kata lain, pantai cantik ini buka selama 24 jam sehingga Anda bebas mengunjunginya kapan saja. Hanya saja, akan lebih baik jika Anda tidak mengunjungi pantai saat malam hari karena jam tersebut cukup sepi, gelap dan bahkan tidak ada petugas yang mengawasi. Di sekitaran Pantai Banyu Tibo juga terdapat beberapa penginapan yang bisa Anda jadikan pilihan sebagai tempat beristirahat. Untuk tiket masuknya sendiri, harga tiket masuk Pantai Banyu Tibo terbilang murah dan dikategorikan berdasarkan golongan usia serta hari kerja.

Untuk hari kerja, anak-anak dikenakan biaya tiket sekitar Rp 2 ribu dan orang dewasa sekitar Rp 3 ribu. Sedangkan untuk hari libur atau tanggal merah, anak-anak dikenakan tarif tiket sekitar Rp 3 ribu per kepala dan orang dewasa sekitar Rp 5 ribu per kepala. Harga tiket masuk ini bisa saja mengalami kenaikan mengingat banyak sekali wisatawan yang mulai tertarik dengan Pantai Banyu Tibo.

Pos terkait

Loading...