Akses dan Harga Tiket Masuk Pantai Bawur Pacitan

  • Whatsapp

Biasanya yang menjadi tujuan orang berwisata ke daerah wisata pantai adalah bisa bermain-main dengan air laut. Namun bila ini menikmati cara baru menikmati suasana dan panorama keindahan pantai, kawasan Pantai Bawur di Teluk Bawur Desa Sukorejo, Kecamatan Sudimoro, Pacitan ini tentu akan memberikan warna yang berbeda. Kamu tidak akan menemukan pemandangan pantai pada umumnya yang secara fisik bisa dirasakan seperti hamparan pasir putih dan dinginan air laut yang menyegarkan. Kawasan yang juga dikenal sebagai teluk Bawur ini bisa menjadi destinasi bersantai setelah menghabiskan waktu di pantai lain. Kunci keindahan kawasan ini adalah pemandangan indah dari atas bukit yang menawarkan pengalam baru berwisata pantai.

Muat Lebih

Baca Juga: Deretan Kolam renang di Pacitan Beserta Tiket Masuknya

PLTU Sudimoro sebagai daya tarik wisata

Salah satu ciri khas dari kawasan teluk Bawur adalah keberadaan (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) PLTU yang menjadi ikon bagi kawasan wisata pantai ini. Dulu sebelum adanya bangunan PLTU kawasan ini merupakan area pantai wisata. Namun saat ini wisatawan tidak lagi bisa memasuki area tepi pantainya karena kawasan PLTU ini merupakan area yang terbatas bagi pekerjanya saja. Namun kamu tidak perlu merasa rugi berkunjung ke sini. Bangunan PLTU yang megah dengan menara putih tinggi menjulang dihiasi cincin-cincin berwarna merah menjadi pemandangan menarik dan indah untuk diabadikan.

Kamu juga bisa berwisata kuliner, atau menikmati panorama tepi jalan di dekat pantai yang menghembuskan semilir angin segar. Jika ingin lebih menantang, anda bisa melanjutkan perjalanan menuju bukit yang berada di sebelah barat dari kompleks PLTU. Dari atas bukit ini kamu bisa melihat megahnya komplek PLTU yang didominasi warna biru dengan latar belakang pemandangan laut yang luas dan biru. Panorama yang luar biasa indah ini tidak boleh kamu lewatkan. Spot ini juga cocok bagi kamu yang gemar berburu foto pemandangan. Di atas bukit ini kamu dan rombongan juga bisa beristirahat sejenak melepas lelah sebab tersedia tempat duduk bambu di bawah pohon-pohon yang menjadi atap alami.

Kawasan pantai Bawur ini memang lebih ditujukan untuk bersantai sembari menikmati suasana di sekitar PLTU. Keberadaan PLTU sendiri rupanya menjadi daya tarik yang luar biasa bagi daerah ini, sehingga banyak wisatawan yang penasaran akan singgah sejenak sambil mengagumi bangunan raksasa ini. Hal ini tentu menjadi hal positif bagi masyarakat sekitar. Keberadaan PLTU dan wisatawan mendorong usaha-usaha kecil seperti warung, tempat makan, serta pedagang keliling untuk memutar roda perekonomian di kawasan tersebut.

Baca Juga: 25 Tempat Wisata Seru di Pacitan Jawa Timur

Rute Menuju Kawasan Bawur

Kawasan pantai Bawur ini berlokasi tidak jauh dari pantai Soge ke arah Trenggalek. Lokasinya tepat berada di sisi jalan utama Pacitan – Trenggalek sehingga sangat mudah dijangkau. Akses jalan menuju kawasan teluk Bawur ini juga sudah sangat baik dan mampu dilalui bermacam jenis kendaraan. Untuk kawasan yang dibuka untuk umum, kamu tidak perlu membayar biaya retribusi atau tiket masuk. Cukup menyediakan uang untuk biaya parkir baik di sekitar bukit maupun di sekitar area warung makan yang ada di tepi jalan raya ini.

Bagi kamu yang hendak berwisata pantai di sekitar Kecamatan Sudimoro seperti pantai Soge, maupun yang sedang dalam perjalanan menuju Trenggalek dari Pacitan, tidak ada salahnya untuk mampir sejenak sembari mengistirahatkan badan di tengah perjalanan. Kamu akan terpuaskan dengan cara lain menikmati keindahan panorama tepi pantai yang tidak akan kamu temukan di tempat lain.

Pos terkait

Loading...