Akses dan Harga Tiket Masuk Pantai Wawaran Pacitan

  • Whatsapp
Foto: @indraiswanto84

Pantai Wawaran yang berlokasi Desa Wawaran, Kecamatan Kebonagung, Pacitan ini merupakan salah satu pantai yang pada mulanya dikhususkan untuk daerah nelayan tradisional. Saat berkunjung ke kawasan pantai ini, kamu akan menemukan perahu-perahu nelayan yang terparkir rapi di sepanjang bibir pantai. Banyak wisatawan lokal menyebut pantai ini sebagai surga tersembunyi, karena lokasinya yang cukup terpencil dan jauh dari pusat kawasan Jalur Lintas Selatan.

Muat Lebih

Baca Juga: Deretan Kolam renang di Pacitan Beserta Tiket Masuknya

Suasana pantai

Sebelum memasuki kawasan pantai, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan hijau hamparan hutan bakau yang indah. Selanjutnya perjalanan akan membawamu ke hamparan pasir putih disepanjang pantai ini. Tebing-tebing karang di sisi timur pantai juga memberikan nuansa yang spesial bagi tempat ini. Suasana pantai ini juga cenderung sepi di hari-hari libur biasa. Dengan suasana semacam itu, kamu dapat lebih leluasa menikmati alam pantai bersama teman dan keluarga.

Pantai ini sangat cocok bagi kami yang ingin sekadar bersantai sambil bermain-main air di tepi pantai. Ombak pantai di sini cukup landai karena banyak batu-batu karang di dekat bibir pantai, berbatasan langsung dengan area pasir pantai yang putih dan megah. Di batu-batu karang ini kamu bisa menemukan banyak sekali hewan-hewan laut yang berhabitat di perairan dangkal seperti kepiting, bintang laut, serta ikan-ikan hias berwarna warni. Namun kamu tetap harus waspada bila membawa anak kecil dalam rombongan. Kendati bahaya terseret ombak telah diminimalisir, namun kemungkinan terjatuh di area karang juga cukup berbahaya bagi anak-anak.

Area di sekitar pantai Wawaran juga ditunjang oleh berbagai fasilitas yang tentunya sangat memanjakan pengunjung. Kamu bisa bersantai di gazebo-gazebo yang tersedia di tepi pantai, fasilitas umum seperti toilet umum juga bisa kamu temukan dengan mudah dan dalam kondisi terawat. Toilet umum ini juga biasa digunakan untuk membersihkan diri setelah bermain-main pasir pantai yang lengket di tubuh dan pakaian. Selain itu lahan parkir di pantai ini cukup luas, sehingga memudahkan kamu memarkir kendaraan roda 4.

Baca Juga: Akses dan Harga Tiket Masuk Pantai Karang Bolong Pacitan

Menuju Pantai

Bagi kamu yang hendak berkunjung ke pantai Wawaran, kamu bisa melalui Jalur Lintas Selatan kamu bisa mengambil jalur kanan setelah melewati fly over Sidomulyo, dengan catatan kamu mulai perjalanan dari arah barat. Dari sini kamu bisa mengikuti papan petunjuk arah yang dibuat oleh warga lokal di sepanjang tepi persimpangan jalan. Perjalanan dari JLS menuju pantai ini memakan waktu antara 45-60 menit.  Akses menuju pantai ini juga sudah berupa jalan beraspal, dan kamu bisa menemukan pantai ini dengan cukup mudah karena Wawaran berada di ujung jalan beraspal ini.

Untuk memasuki kawasan wisata pantai ini kamu tidak akan dipungut tiket masuk. Cukup sediakan uang untuk parkir jika kamu menggunakan kendaraan pribadi. Jika kamu berminat bermalam di sini, banyak penginapan maupun homestay yang bisa kamu sewa dengan harga yang cukup bervariatif. Di hari biasa kamu bisa mendapatkan sebuah kamar sederhana seharga 50 rupiah saja. Urusan perut juga sangat mudah, banyak rumah makan, warung, maupun restoran yang menyediakan sajian olahan tangkapan laut segar yang tentunya tidak bisa kamu tolak. Soal kesegaran tidak perlu diragukan lagi karena hasil laut yang tersedia merupakan hasil tangkapan para nelayan lokal. Yang menarik, Kelompok Nelayan di kawasan pantai ini pernah menjadi juara nasional lomba optimalisasi penangkapan di tahun 2005 lalu.

Pos terkait

Loading...