Akses dan Harga Tiket Masuk Pantai Kunir Pacitan Terbaru

  • Whatsapp
Foto: @dei_shintia

Kabupaten Pacitan yang berada di pesisir selatan pulau Jawa ini memiliki puluhan wisata alam yang sangat menarik, serta pantai-pantai yang indah serta menantang. Pacitan tidak hanya dikenal para wisatawan lokal saja sebagai daerah wisata, namun juga menjadi jujugan bagi para pemburu ombak dari manca negara. Keelokan dan variasi ombak pantai selatan memberi tantangan tersendiri bagi para surfer untuk berkendara di atas ombak pantai-pantai di Pacitan. Namun tidak semua pantai di Pacitan cocok untuk berselancar. Ada pula pantai yang menarik justru karena masih perawan dan belum banyak terjamah wisatawan, salah satunya adalah pantai Kunir.

Muat Lebih

Baca Juga: Indahnya Pantai di Malang Jawa Timur

Telaga di tepi Pantai

Berbeda dengan pantai-pantai lain yang terkenal seperti Teleng Ria, Klayar, Soge, maupun Srau, Pantai Kunir memberikan kesan yang berbeda baik dari segi fasilitas maupun keramaian. Pantai Kunir menawarkan keindahan alam yang tenang berpadu dalam deburan ombak laut selatan. Rimbunan hijau hutan bakau menjadi pemandangan menarik di balik indahnya pantai ini. Yang menjadikan pantai ini terasa istimewa adalah adanya telaga air tawar di tepi pantai. Telaga ini merupakan muara dari sebuah sungai dengan air yang jernih dan dikelilingi pepohonan hijau yang cukup rimbun. Bagi kamu yang ingin lari sejenak dari kehidupan yang monoton dan liburan yang main-stream,  pantai Kunir dapat menjadi alternatif liburanmu di pacitan. Di telaga ini kamu bisa bermain air sepuasnya, tanpa perlu takut ombak tinggi.

Baca Juga: Deretan Pantai di Jember Yang Membuat Kamu Luluh

Tidak perlu bingung jika ingin bermalam di sini. Kamu bisa membawa perlengkapan berkemah sebab di dekat pantai terdapat sebuah lahan luas yang bisa dimanfaatkan untuk mendirikan tenda. Air di telaga dapat menjadi sumber air untuk memasak dan minum. Pantai ini juga masih jauh dari kebisingan dan gemerlap kota sehingga pada malam hari kamu bisa menemukan keindahan langit malam berbintang dan kesunyian malam yang menenangkan.   Kawasan pantai ini masih bebas dimasuki 24 jam tanpa dipungut tiket masuk.

Surga Tersembunyi

Predikat “Surga Yang Tersembunyi” rasanya cocok untuk pantai Kunir ini. Untuk menuju pantai ini kamu bisa melalui Jalur Lintas Selatan ke arah Desa Pager Kidul Kecamatan Sudimoro. Kamu juga bisa mengambil jalan Lorok-Trenggalek. Lokasi pantai ini juga sudah tercantum pada GPS sehingga kamu bisa membuka telepon pintarmu untuk mencapai tempat ini. Bila sudah memasuki jalanan beton, disinilah petualanganmu di mulai. Jalan menuju lokasi pantai ini cukup menantang karena masih berupa jalan-jalan beton serta jalan berbatu. Kamu tinggal mengikuti jalan sepanjang sekitar 1,8 km tersebut hingga menemukan hutan-hutan yang akan menuntun perjalananmu menuju ke pantai yang biru dan tersembunyi ini. Perjalanan sekitar 30 dari kota Pacitan tentu akan tidak terasa begitu kamu mulai menghirup kesegaran udara di sini.

Baca Juga: Telaga Sarangan, Surga Tersembunyi di Lereng Gunung Lawu

Sayangnya pantai ini belum mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah daerah maupun masyarakat setempat. Fasilitas yang tersedia di sini juga masih sangat terbatas. Untuk kebutuhan sanitasi kamu bisa menumpang ke rumah-rumah penduduk di sekitar pantai. Demikian pula bila kamu hendak menginap, selain dengan berkemah kamu juga bisa bermalam di rumah warga dengan biaya yang bervariasi tergantung kepandaianmu bernegosiasi. Namun dengan suasana sepi seperti itu, kamu bisa mendapatkan spot foto yang bebas bom dari orang yang lalu lalang. Panorama alam menjadi hal yang seolah hanya milik sendiri. Keindahan alam yang asri akan membebaskan pikiranmu dari kepenatan.

Pos terkait

Loading...