Akses dan Harga Tiket Masuk Pemandian Banyu Anget Pacitan

              111 Views

Wisata pemandian air panas merupakan salah satu destinasi wisata yang sering menjadi jujugan untuk melepas lelah. Pemandian air panas dipercaya bisa membantu melemaskan otot-otot yang kaku, menenangkan pikiran, serta memberikan rasa nyaman bagi tubuh yang lelah. Selain itu air panas dari sumber alam biasanya memiliki kandungan belerang yang berguna bagi kesehatan kulit. Jika kamu sedang berlibur ke Pacitan dan hendak melepas lelah setelah seharian bermain-main, objek wisata Pemandian Banyu Anget atau sering dikenal sebagai Pemandian Air Hangat Tirto Husodo bisa menjadi jujukan sebelum pulang atau kembali ke penginapan.

Baca Juga: Deretan Kolam renang di Pacitan Beserta Tiket Masuknya

Panorama Alam

Pemandian air hangat ini berada di luar ruangan dengan latar belakang pegunungan yang hijau membuat tempat ini terasa sangat nyaman. Udara segar dipadu ketenangan alam dan gemericik air membuat tempat wisata ini layak untuk dikunjungi. Yang menarik, pemandian Banyu Anget ini memiliki air yang cenderung hangat serta kadar belerang dan zat kapur yang relatif rendah dibandingkan pemandian air panas lainnya. Air hangat di sini berasal dari sebuah kompleks kolam yang berada di bagian tengah, namun kolam ini tidak dibuka untuk umum karena suhunya terlalu tinggi untuk kulit manusia. Kolam-kolam air hangat di sekitarnya sudah cukup untuk kamu merasakan khasiatnya.

Baca Juga: 32 Tempat Wisata di Trenggalek Yang Mebuat Anda Tercengang

Bagi kamu yang memiliki penyakit kulit, tersedia pula kolam khusus yang memiliki kadar belerang lebih tinggi. Selain agar tidak menular ke pengunjung lain, keberadaan kolam khusus ini juga akan lebih berkhasiat dalam mengobati penyakit kulit.  Hal ini juga menjamin kebersihan kolam dan sekitar kolam. Selain itu juga tidak membuat pengunjung lain merasa terganggu.

Fasilitas

Selain kolam air hangat, di pemandian Banyu Anget kamu bisa menemukan kolam air dingin yang biasanya dipakai untuk berbilas sebelum mandi di kamar mandi yang tersedia. Pada saat mandi air panas atau hangat pori-pori kulit akan terbuka, oleh karena itu kolam air dingin ini berfungsi untuk mengembalikan pori-pori yang terbuka. Fasilitas lain yang tersedia adalah tempat-tempat beristirahat dan menaruh barang, mushola, tempat parkir yang luas, serta toko souvenir. Selain itu terdapat pula restoran yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi perut sebelum kembali melanjutkan perjalanan.

Menariknya, kolam air hangat ini dibuka untuk umum selama 24 jam, sehingga kamu bisa kesini kapanpun setelah berputar-putar di berbagai tempat wisata di Pacitan. Harga tiket masuk kawasan wisata ini juga sangat terjangkau yakni sebesar 10 ribu rupiah untuk dewasa dan 5 ribu rupiah untuk anak-anak. Jika kamu berminat mengunjungi pemandian air hangat Tirto Husodo, pemandian ini berada di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan. Untuk sampai kesini dengan kendaraan pribadi membutuhkan waktu sekitar 20-30 menit perjalanan dari kota Pacitan. Akses jalan menuju lokasi ini juga sudah cukup baik. Jika kamu mengunjungi tempat ini pada saat matahari masih bersinar, kamu bisa melihat pemandangan alam pegunungan yang indah yang dipadu dengan lahan-lahan pertanian yang hijau. Pilihan lain untuk mencapai tempat ini kamu juga bisa menggunakan kendaraan umum dari Terminal Bus Arjosari, namun hanya ada pada hari pasaran Jawa Pon dan Kliwon.

Untuk pilihan penginapan, tidak banyak penginapan yang ada di dekat Tirto Husodo. Kamu bisa memilih penginapan di sekitar kota Pacitan baik berupa guest house, penginapan, hingga hotel dengan harga mulai dari 140 ribu rupiah per malam. Jarak yang tidak terlalu jauh tentu tidak akan memberatkanmu untuk pulang pergi dari pemandian ke penginapan.

Tags:
author

Author: