Pantai Sundak, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
Pantai Sundak
Foto: @sundabeach

Bagi Anda yang suka dengan pemandangan laut, maka saat Anda berada di Yogyakarta, jangan lupa untuk sempatkan diri berwisata ke beberapa pantai yang ada di sana. Salah satu pilihannya Anda bisa kunjungi Pantai Sundak yang berada di kawasan Gunung Kidul.

Baca Juga:Candi Borobudur, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Bacaan Lainnya
  • Daya Tarik Pantai Sundak

Anda bisa dengan mudah menemukan Pantai Sundak karena letaknya yang dekat dengan Pantai Indrayanti yang merupakan pantai yang cukup terkenal di Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai Sundak ini memiliki air yang jernih dan pasir yang putih. Namun ombaknya sangat besar sehingga saat Anda bermain-main di sekitar pantainya, Anda harus selalu waspada. Jika Anda berjalan kaki di sepanjang pantainya sejauh 40 meter, Anda bisa menemukan batu-batu karang yang merupakan tempat tinggal hewan-hewan laut kecil, namun saat mendekati bebatuan karang ini Anda harus waspada sebab bebatuan yang ada di sana termasuk tajam. Jika Anda berjalan ke sebelah utara dari Pantai Sundak ini Anda juga bisa menemukan bukit batu karang dan juga bukit batu kapur. Di salah satu batu karang yang ada di sana terdapat sebuah gua sehingga menambah lagi daya tarik yang ada di Pantai Sundak. Ada satu lagi daya tarik dari Pantai Sundak yaitu ketika musim hujan dan volume air di sekitarnya naik, maka akan terbentuk sebuah sungai yang kemudian membelah daratan di sebelah timur, namun ketika musim hujan berakhir maka sungai itu akan menghilang.

Baca Juga: 46 Rekomendasi Tempat Kuliner di Jogja

  • Lokasi Pantai Sundak

Apabila Anda tertarik untuk mengunjungi pantai yang satu ini maka Anda bisa menuju ke Desa Sidoharjo yang ada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Untungnya jalan menuju ke Pantai Sundak ini sudah cukup bagus, namun ada di beberapa titik terdapat banyak belokan atau tikungan yang membuat perjalanan menjadi terasa jauh. Namun demikian Anda pasti akan mampu menemukan lokasi Pantai Sundak ini dengan mudah, apalagi dengan banyaknya wisatawan yang wara-wiri menuju pantai tersebut setiap saatnya. Ditambah lagi warga sekitar juga siap membantu Anda untuk menunjukkan arah ke Pantai Sundak tersebut, jadi Anda tidak akan tersesat dalam perjalanan Anda menuju ke Pantai.

  • Akses Menuju Lokasi Wisata 

Jarak tempuh yang harus Anda lalui untuk sampai ke Pantai  dari kota Yogyakarta ini sekitar 65,3 kilometer, sehingga jika Anda melakukan perjalanan dari kota Yogyakarta, Anda akan memerlukan waktu sekitar 1 jam 46 menit untuk bisa tiba di lokasi Pantai Sundak. Untuk menuju ke Pantai ini Anda bisa melewati Jl. Mayor Suryotomo yang letaknya ada di selatan kota Yogyakarta, ikuti jalan tersebut lalu melewati Jl. Brigjen Katamso, lalu terus berjalanlah hingga sampai ke Jl. Raya Panggang Wonosari, kemudian ke arah Jl. Pantai Sel Jawa hingga terus sampai ke Pantai Sundak.

  • Harga Tiket Masuk 
Harga tiket masuk Pantai Sundak
Foto: @azis_prstya

Untuk bisa masuk ke Pantai ini ada tiket masuk yang harus Anda bayar, namun tiketnya tersebut termasuk murah, hanya Rp 5000 saja per orang di hari weekday dan Rp 6000 saja per orang di hari weekend. Kemudian jika Anda membawa kendaraan sepeda motor Anda cukup membayar Rp 2000 saja untuk biaya parkirnya dan untuk mobil Rp 5000. Jika Anda ingin menyewa gazebo yang ada di sana untuk duduk-duduk maka Anda bisa menyewanya dengan harga Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per gazebo. Pada dasarnya berwisata di semua pantai yang ada di Yogyakarta, hanya membutuhkan biaya yang sedikit dan Anda pun sudah bisa menikmati keindahannya.

  • Fasilitas Yang Ada

Ada beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan setibanya Anda di Pantai, ada kamar mandi dan juga ada kamar ganti untuk Anda yang hendak berganti pakaian karena basah selama bermain air di pantainya. Kemudian area parkir di Pantai ini cukup luas untuk menampung banyak kendaraan. Ada juga gazebo yang bisa digunakan untuk piknik, kemudian musholla juga tersedia untuk Anda beribadah selama berada di kawasan Pantai ini. Lengkap bukan?

Pos terkait