Peresmian Gunung Cikuray Sebagai Wisata Pendakian

  • Whatsapp

 

Peresmian gunung cikuray, gunung cikuray ersmi jadi wisata pendakian

Muat Lebih

Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya, bagian dari permukaan bumi yanh menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya.

Gunung terbagi menjadi tiga tipe:
○ Gunung Api
○  Gunung Lipatan
○ Gunung Patahan

Pada tanggal 7 April 2016 Gunung Cikuray yang terletak di kabupaten Garut Jawa Barat telah resmi menjadi Wana Wisata Pendakian bagi masyarakat umum yang diresmikan oleh perhutani Kab.Garut

 

wana wisata cikuray, peresmian gunung cikuray

Peresmian wana wisata Gunung Cikuray ini berkat para penggerak petani daerah sekitar mereka mempunyai organisasi di namai Kelompok Petani Hutan (KPH) yang di ketua oleh akang Yayan.

Kedepan wana wisata gunung cikuray akan dikelola secara profesional oleh KPH dan dikembangkan secara berkala tanpa mengurangi kelangsungan kawasan Gunung Cikuray. Saat ini jalur resmi melewati pemancar untuk jalur lain seperti Bayongbong, Cikajang ,dan Cilawu kita akan rangkul penduduk sekitar agar wana wisata gunung Cikuray bisa di akses banyak track (kata kang yayan).

Peresmian wana wisata Gunung Cikuray ini mematok registrasi untuk bisa melakukan pendakian harus mengeluarkan dana sebesar Rp. 15.000 ini belum termasuk tiket masuk kawasan perkebunan Nusantara dimana jika lewat Pemancar otomatis kalian akan lewat perkebunan Nusantara dan kalian akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp.10.000, jadi total untuk bisa melakukan pendakian ke gunung Cikuray kalian mengeluarkan dana Rp.15.000 + Rp. 10.000 = Rp. 25.000.

Semoga dengan peresmian Jalur pendakian Gunung Cikura ini menjadi peredam konflik yang terjadi di kawasan Gunung Cikuray terutama Masyarakat sekitar, dengan peresmian jalur pendakian gunung cikuray ini diharapkan dapat dikembangkan secara berkelanjutan yang dapat memakmurkan masyarakat sekitar, pemasukan daerah serta bisa menjada kelangsungan ekosistem yang baik di kawasan Gunung Cikuray dimana sudah terbentuk organisasi KTH agar dapat menjaga kebersihan, saling koordinasi dari team satu dengan team lainnya sehingga terjadi suasana yang kondosif di wana wisata Gunung Cikuray.

Jika Gununh Bersih, nyaman kan kita enak melihatnya. Sebagai penikmat alam kita (pendaki) harus sadar diri jangan melakukan yang merusak Kawasan Gunung Cikuray terutama sampah harus di bawa turun jangan di tinggalkan di gunung, gunung bukan tempata sampah!

Gunung yang ada di Garut selain Cikuray yang bisa menjadi alternatif kalian saat melakukan liburan di Kota Garut:

Gunung Papadayan
Gunung Guntur

Selain Gunung Garut juga banyak menyimpan wisata alam lainya di antara:

Pantai Santolo lokasi di kec. Sikelet
Situ Bagendit lokasi di kec. Banyuresmi
Pantai Rancabuaya
Curug Orok
Pantai Cijeruk
Pemandian Cipanas
Pantai karang Paranje
Pantai Puncak Guha
Candi Cakuang
Arum Jeram Cikandang
Arum Jeram Cimanuk
Pantai Cijayana
Curug Neglasari
Curug sangyang Taraje
Curg citis
Curug kancil cibatu
Curug cimandu.

Nah Kota garut selain gunung ternyata banyak tempat wisata alteenatif juga, selain wisata alam garut juga mempunyai khas kuliner yaitu dodol garut dan jaket kulit jadi kalian tinggal pilih mau bawa oleh khas garut atau kuliner ceria ala kota garut.

Semoga informasi ini berguna bagi sahabat triper jika ingin berkunjung ke kota Garut.

 

 

Temukan Kami:

fb  IG    tw    index  images

Add Friend

 

Pos terkait

Loading...