Pulau Air, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
Pulau Air
Foto:@weniandriany

Anda tentunya sudah tidak begitu asing lagi dengan keberadaan Kepulauan Seribu yang terletak di Provinsi DKI Jakarta bukan? Pulau ini bisa dikatakan sering kali menjadi pelarian bagi warga Ibu Kota yang ingin berlibur sejenak menepi dari keramaian kota. Ada banyak sekali pulau-pulau yang tersebar di Kepulauan Seribu dan semuanya menarik untuk dikunjungi.

Baca Juga: Jadwal Kapal dan Harga Tiket Kapal Dishub Dari Muara Angke, Marina Ancol, Muara Kamal dan Tanjung Pasir

Bacaan Lainnya

Bahkan karena begitu banyaknya pulau yang ada di sana, masih ada juga yang tidak berpenghuni seperti layaknya Pulau Air. Karena Pulau ini sepi dan masih asri maka tentunya menjadi pilihan destinasi menarik untuk Anda yang ingin merasakan keindahan pulau yang serasa milik pribadi, ditambah lagi pulau ini sangat asik untuk dijadikan sebagai lokasi camping. Bagi Anda yang suka dengan ketenangan, maka Pulau ini bisa menjadi rekomendasi pulau yang tepat untuk dikunjungi di Kepulauan Seribu. Ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang Pulau Air? Simak informasinya di bawah ini !

Daya Tarik Pulau Air

Sebelum membahas lebih jauh mengenai lokasi, akses dan biaya yang perlu Anda persiapkan untuk menuju Pulau ini maka tentunya Anda juga perlu mengetahui tentang apa saja daya tarik yang ada di Pulau Air ini. Pulau ini dinamai air bukan tanpa sebab. Karena pulau ini tidak begitu luas, maka saat air pasang seringkali pulau ini terendam oleh air, hingga tak jarang jika pulau ini seolah lenyap, hanya para nelayan sekitar saja yang sudah terbiasa dengan hilang timbulnya pulau ini. Namun demikian pulau ini memiliki keindahan yang tiada tara, dengan masih asrinya pulau tersebut dan bahkan belum ada akses khusus menuju ke sana. Fasilitas pun belum begitu memadai dan listrik belum teralirkan ke sana, oleh karena itu saat Anda menginap di Pulau ini, rasanya benar-benar tenang, sesekali Anda harus mencoba menginap di sana untuk benar-benar merasakan gaya hidup yang alami.

Lokasi Pulau Air

Secara administratif maka Pulau ini berada dalam Kelurahan Pulau Pramuka. Pulau air saat ini terbagi menjadi dua yaitu Pulau Air Besar dan Pulau Air Kecil. Untuk sampai kesana maka nantinya Anda perlu menyewa boat tarifnya berbeda-beda per orangnya, tergantung berapa orang yang naik dalam satu boat yang sama. Memang benar saat ini jika Anda ingin menginap di Pulau ini maka sudah ada hotel dan penginapan yang didirikan, namun Anda juga bisa menginap di dalam tenda yang Anda bawa sendiri saat berada di sana. Ada banyak wisatawan yang melakukan camping di Pulau, hanya saja Anda perlu membawa perlengkapan selengkap mungkin serta alat penerangan, mengingat di sana belum ada akses listrik yang bisa digunakan secara umum.

Akses Menuju Pulau Air

Jika Anda ingin menuju ke Pulau ini, maka Anda harus berangkat dari Dermaga Muara Angke, ada banyak sekali cara untuk menuju ke Dermaga ini baik itu menggunakan transportasi umum seperti busway atau  Anda datang ke sana dengan menggunakan kendaraan pribadi Anda. Sesampainya di Dermaga tersebut Anda bisa menyeberang menggunakan kapal boat yang sudah disediakan oleh para nelayan yang ada di sana,

Tiket Masuk Ke Pulau Air

Untuk masuk ke dalam kawasan Pulau ini Anda tidak perlu membayar tiket khusus, biaya yang perlu Anda persiapkan hanyalah biaya untuk membayar kapal boat yang dipergunakan untuk menyeberang dari Dermaga Pulau Angke. Untuk biaya menyewa kapal boat ini mulai dari Rp 50.000 – Rp 250.000 tergantung kapal jenis apa yang Anda pilih dan banyaknya orang yang menggunakan kapal dalam sekali penyeberangan. Semakin banyak orang tentu harganya bisa semakin murah untuk Anda. Selain itu biasanya penduduk yang mengelola hotel atau petugas yang ada di Dermaga, akan mendata pengunjung yang hendak menyeberang ke Pulau ini dan Anda pun perlu meminta izin tentang apa keperluan Anda di sana pada saat didata. Pastikan Anda membawa plastik untuk membuang sampah dan bawalah kembali plastik tersebut saat Anda pulang, Anda tidak boleh meninggalkan sampah apapun di Pulau ini.

Pos terkait