Pulau Cipir, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
Pulau Cipir
Foto:@s.anwar9766

Ingin menghilangkan lelah dengan cara berlibur namun tetap menambah ilmu pengetahuan? Cobalah untuk mengunjungi Pulau Cipir yang ada di Kepulauan Seribu. Selain dikenal dengan keindahan alam yang dimilikinya, pulau ini juga meninggalkan sisa sejarah berupa bangunan peninggalan masa penjajahan VOC. Penasaran dengan cerita dan beragam fakta menarik terkait pulau tersebut? Pastikanlah untuk menyimak uraian penjelasan di bawah ini sebelum Anda mengunjunginya.

Baca Juga: Jadwal Kapal dan Harga Tiket Kapal Dishub Dari Muara Angke, Marina Ancol, Muara Kamal dan Tanjung Pasir

Bacaan Lainnya

Sejarah dari Pulau Cipir

Pulau Cipir memiliki nama asli Pulau Kuyper. Selain itu, ia juga lebih dikenal dengan sebutan Pulau Kahyangan. Jika dilihat dari sejarah yang dimilikinya, pulau ini dikenal sebagai tempat rumah sakit yang digunakan untuk merawat serta mengkarantina para pasien yang memiliki penyakit menular, utamanya para jemaah haji yang terjadi pada tahun 1911 hingga 1933.

Baca Juga: Pulau Tidung, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Pada masa tersebut, lokasi pulau ini digunakan untuk memeriksa kesehatan dari pada calon jemaah haji yang akan melakukan perjalanan haji dengan melalui jalur laut.

Lokasi yang dimilikinya 

Bagi Anda yang masih bertanya-tanya di manakah Pulau Cipir berada? Maka patut untuk Anda ketahui bahwa pulau tersebut berada wilayah administratif dari kelurahan pulau Untung Jawa. Termasuk pada Kecamatan Kepulauan Seribu bagian Utara, provinsi DKI Jakarta.

Rute perjalanan menuju Pulau Cipir

Pulau yang satu ini dikenal sebagai salah satu lokasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Karena itulah untuk alat transportasi yang dapat digunakan pun umumnya berupa alat transportasi laut, seperti halnya kapal kayu. Penggunaan kapal kayu tersebut dapat dilakukan dari pelabuhan atau dermaga Muara Kamal. Perjalanan tersebut dilakukan selama kurang lebih sekitar 20 hingga 25 menitan. Selain lokasi tersebut, ada pula beberapa titik keberangkatan lainnya yang dapat Anda gunakan sebagai cara alternatif. Seperti halnya melalui Tanjung Priuk, Ancol, hingga Tanjung Pasir. Untuk biaya transportasi menggunakan perahu dari beberapa lokasi tersebut terbilang beragam, ada yang menetapkan tarif Rp. 8000 hingga Rp. 9000 per orangnya.

Keindahan dari Pulau Cipir

Keindahan pertama yang dapat Anda nikmati ketika mengunjungi pulau yang satu ini adalah tampilan dari benteng, prasasti tua hingga bangunan bekas rumah sakit. Namun tentunya bukan hanya wisata sejarah saja yang dapat Anda nikmati dari lokasi tersebut. Pasalnya di tempat ini Anda juga dapat menikmati beragam kegiatan water sport dimulai dari aktivitas banana boat hingga menggunakan jet ski. Sementara itu, bagi Anda yang ingin menikmati keindahan bawah laut, tentunya Anda pun dapat berenang dan bahkan melakukan snorkeling dengan mudah. Dalam hal ini Anda tidak perlu merasa takut dan khawatir, karena kondisi pantai di pulau tersebut terbilang cocok untuk digunakan dalam kegiatan water sport seperti yang telah disebutkan pada bagian di atas tadi.

Misteri dari Pulau Cipir

Sebagian besar dari lokasi Pulau Cipir ini digunakan untuk bangunan rumah sakit. Karena itulah muncul beragam cerita misteri yang berkaitan dengannya. Apalagi mengingat bahwa rumah sakit tersebut digunakan sebagai tempat karantina bagi mereka yang memiliki penyakit menular. Tidak hanya itu, pada masa penjajahan Jepang, lokasi tersebut pun beralih fungsi menjadi tempat eksekusi yang tentunya menjadikan lokasi tersebut semakin memiliki banyak misteri. Dari beragam cerita misteri yang cukup menghantui tersebut, kemudian menjadikan tempat yang satu ini sebagai lokasi yang menarik untuk kegiatan uji nyali. Hal ini juga berkaitan dengan banyaknya pengunjung yang kemudian melakukan hal tersebut di tempat yang satu ini.

Tiket masuk Pulau Cipir

Untuk mengunjungi lokasi pulau yang satu ini, umumnya Anda akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 5.000 rupiah saja. Sementara itu, jika perjalanan menuju lokasi tersebut dilakukan dengan menggunakan layanan jasa travel tertentu, maka biaya masuk pun akan berbeda. Hal ini berkaitan dengan beragam jenis paket yang ditawarkannya. Karena umumnya beberapa paket ditawarkan dengan beragam aktivitas lainnya yang dapat Anda lakukan ketika di pulau tersebut. Karena itulah biaya atau tiket masuknya pun berbeda antara satu dengan lainnya.

Baca Juga: Pulau Kelor, Akses dan Tiket Masuk Terbaru

Dari penjelasan singkat di bagian atas tadi dapat Anda lihat bahwa Pulau Cipir menjadi salah satu lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Karena selain dapat menambah pengetahuan melalui nilai sejarah yang dimilikinya. Pulau ini juga dikenal dengan keindahan alam serta beragam carita misteri yang tentunya banyak membuat orang penasaran dan ingin mengunjunginya.

Pos terkait