Pulau Bira, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
Pulau Bira
Foto:@harapan.island

Laut memang dikenal dengan keindahan alam yang dimilikinya. Jika Anda berpikir bahwa kota DKI Jakarta hanya hadir dengan beragam kemacetan dan kesibukannya saja, maka Anda salah besar. Karena di salah satu bagian sisi dari kota tersebut juga terdapat keindahan alam yang tiada bandingnya. Sebut saja keindahan alam tersebut sebagai Kepulauan Seribu.

Baca Juga: Pulau Tidung, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Bacaan Lainnya

Dikenal dengan banyaknya pulau yang tampil cantik dan mempesona, salah satu di antaranya adalah Pulau Bira. Pulau dengan tampilan indah ini terbagi menjadi dua bagian yaitu Pulau Bira Kecil dan Besar. Dengan ukuran mencapai 29,5 hektare, Anda tetap dapat mengunjungi keduanya.

Baca Juga: Berikut Daftar Pulau-Pulau Indah di Karimunjawa

Dari kedua pulau tersebut, pulau besar dikenal sebagai lokasi tujuan wisata utama. Hal ini berkaitan dengan lebih banyaknya aktivitas liburan yang dapat dilakukan di tempat tersebut. Selain cocok untuk digunakan sebagai tempat jalan-jalan sore hari dengan pemandangan sunset yang indah. Pulau ini juga memiliki pasir putih dengan tekstur yang halus dan lembut. Karena itulah banyak anak-anak yang juga senang bermain di pantai dari pulau tersebut.

Baca Juga: Jadwal Kapal dan Harga Tiket Kapal Dishub Dari Muara Angke, Marina Ancol, Muara Kamal dan Tanjung Pasir

Berdasarkan cerita yang ada di masyarakat Pulau Bira dulunya dikenal sebagai resort pribadi yang dimiliki oleh seorang pengusaha. Resort tersebut juga tampil mewah dengan lapangan golf yang cukup luas hingga kolam renang berukuran besar. Namun entah bagaimana, resort tersebut kemudian ditutup, sehingga saat ini pulau tersebut pun dikelola kembali oleh pihak pemerintah kota.

Selain cerita tersebut, pulau ini juga dikenal dengan cerita misteri yang dimilikinya. Hal ini berkaitan dengan adanya mercusuar berukuran 42 meter yang telah berdiri sejak masa penjajahan Belanda. Mercusuar tersebut memiliki usia yang tua yaitu sejak 1869.

Dari lokasi tersebut banyak orang yang mengatakan bahwa seringkali hadir penampakan keluarga Belanda yang muncul di dalamnya. Tidak hanya itu, mereka juga menjelaskan bahwa seringkali ada suara aneh yang ditimbulkannya. meski para penghuni atau hantu dari cerita misteri tersebut seringkali menghantui para pengunjung. Namun tetap saja pulau yang satu ini banyak menarik perhatian dan wisatawan untuk mengunjunginya.

Potensi dari Pulau Bira

Saat berlibur di pulau yang satu ini ada banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan. Dimulai dari kegiatan snorkeling atau bahkan diving. Dengan melakukan aktivitas olahraga air tersebut, Anda tentunya dapat melihat bahwa pulau ini menyimpan banyak keindahan laut di dalamnya.

Selain beragam jenis ikan yang berkeliaran kesana kemari, Anda juga dapat melihat terumbu karang yang tumbuh dengan indah dan sehat. Karena itulah pulau ini dikenal sebagai surganya bawah laut. Akan tetapi, pastikan pula untuk tetap berhati-hati. Karena di pulau ini juga terdapat banyak bulu babi yang tentunya dapat melukai tubuh Anda.

Keindahan Pulau Bira

Dari sekian banyak wisatawan yang mengunjungi lokasi pulau ini, kebanyakan di antaranya ingin menikmati pemandangan sunset yang indah. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah, bahkan setelah hari berubah menjadi malam pun Anda tetap dapat menikmati keindahan pulau tersebut dengan menikmati pemandangan dari langit yang bertabur bintang-bintang.

Selain menghabiskan waktu dengan cara menginap di resort, Anda juga dapat memilih untuk membuat tenda dengan konsep camping yang lebih alami. Cara ini lebih hemat dan jauh lebih menantang untuk Anda lakukan. Selain itu, dengan melakukan kegiatan camping, liburan pun akan terasa lebih menyenangkan karena tingkat kebersamaan yang ditunjukkan jauh lebih baik dibandingkan dengan berlibur dengan cara menginap di resort atau tempat lainnya.

Jalan menuju lokasi dan tiket masuk 

tiket masuk pulau bira
Foto:@vidarsio

Untuk mencapai pulau tersebut ada banyak jenis alat transportasi yang dapat Anda gunakan. Namun yang paling pasti adalah Anda harus menggunakan kapal kayu atau kapal Dishub untuk mencapai pulau tersebut. Perjalanan menggunakan kapal kayu/ Kapal Dishub ini dapat dilakukan dari pelabuhan Marina Ancol atau bahkan pelabuhan Muara Angke. Sedangkan untuk lamanya perjalanan itu sendiri diperkirakan mencapai waktu 30 hingga 40 menitan. Sedangkan untuk tiket masuk menuju pulau tersebut justru dinyatakan gratis. Dengan kata lain Anda tidak diwajibkan untuk membayar tiket masuk, Anda hanya membayar tiket penyebarangan saja. Terkecuali apabila Anda berlibur dengan menggunakan paket wisata yang tentunya pembayaran dilakukan dengan beragam jenis kegiatan atau aktivitas lain yang ditawarkan di dalamnya.

Bagimana ulasan perihal Pulau Bira kali ini? tertarik untuk mencoba berlibur kesana dalam waktu dekat? yuk agendakan sobat Triper dan ingat selalu membuang sampah pada tempatnya dan jangan buat vadalisme ia. Selamat berlibur

Pos terkait