Pulau Mengkudu, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
Foto:@bagasprastiio

Provinsi Lampung memang sangat kaya akan destinasi wisata bahari, yang layak disambangi guna sejenak melepas penat. Salah satunya ialah pulau Mengkudu yang sayang jika dilewatkan begitu saja pada saat bertandang ke kota Lampung di ujung timur pulau Sumatera ini.

Baca Juga: Pantai Karang Gigi Hiu, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Bacaan Lainnya

Lokasi Pulau Mengkudu

"Lokasi

Pulau Mengkudu lokasinya berada di Desa Batu Balak, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan. Suatu kabupaten yang juga menjadi pintu gerbang masuk ke Provinsi Lampung. Pada kabupaten tersebut inilah terdapat adanya Pelabuhan Bakauheni, yakni tempat berlabuhnya berbagai kapal yang mengangkut para penumpang yang berasal dari Pulau Jawa, yaitu yang berasal dan berangkat dari Pelabuhan Merak di pulau Jawa. Jadi lokasi pulau Mengkudu ini cukup strategis dan mudah dijangkau bahkan sejak dari ibukota Jakarta.

Baca Juga: 121 Tempat Wisata di Lampung Yang Populer dan Hits

Rute dan Akses

Sebenarnya terdapat dua rute untuk menuju ke pulau Mengkudu di Lampung Selatan ini, yakni lewat jalur darat dan jalur laut. Namun jalur lautnya lebih mudah untuk ditempuh daripada jalur daratnya.

Jalur Darat

Jika dari arah Jakarta maka tinggal menyeberang saja lewat pelabuhan Merak menuju ke pelabuhan Bakauheni. Setelah sampai di pelabuhan Bakauheni maka perjalanan bisa dilanjutkan dengan kendaraan pribadi ataupun menggunakan ojek sepeda motor dengan waktu tempuh selama kurang lebih 45 menit menuju pulau Mengkudu. Lalu jika datangnya berasal dari arah Kota Kalianda, maka jaraknya hanyalah sekitar 30 Km saja, meski medannya cukup berat.

Jalur Laut

Sebaiknya memilih jalur laut saja yang relatif lebih mudah untuk ditempuh, dan medannya tidak berat. Terdapat beberapa titik tempat persewaan perahu di daerah pesisir di Lampung Selatan ini guna perjalanan menuju ke Pulau Mengkudu. Lokasi persewaan perahu tersebut antara lain terdapat di Desa Kunjir dan juga Desa Waymuli. Perjalanan jalur laut dengan menggunakan perahu hanya akan memakan waktu selama kurang lebih 20 menit. Dari atas perahu juga bisa dinikmati pemandangan yang indah, seperti laut dengan airnya yang kehijauan dan juga ada pemandangan desa nelayan dari kejauhan dengan latar belakang perbukitan yang hijau. Suatu perjalanan yang mempesona dan akan terasa lebih singkat seperti sekejap mata saja. Para wisatawan dapat menyewa perahu dengan biaya sekitar 25 ribu Rupiah hingga 30 ribu Rupiah per orang guna menuju ke Pulau cantik di Teluk lampung ini. Wisatawan dapat langsung melakukan tawar menawar sewa kapal untuk menuju ke pulau Mengkudu, atau sebagai alternatif lainnya bisa juga dengan masuk ke pantai Kahai, namun sebelum masuk ke Kahai Resort ambil jalan ke arah masuk di arah kiri yang gratis, tak perlu membayar, kemudian ambil ke arah kiri lagi hingga sampai di  tepi pantai, maka akan dijumpai banyak tawaran untuk menyewa kapal guna melanjutkan perjalanan menuju ke pulau Mengkudu.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

tiket masuk pulau mengkudu
Foto:@auliamutiasari

Biaya masuk ke pulau Mengkudu hanya perlu membayar sebesar 10 ribu Rupiah, dan untuk biaya parkir kendaraan adalah 5 ribu Rupiah. Pulau ini bisa diakses setiap hari selama 24 jam.

Fasilitas di Pulau Mengkudu

Fasilitasnya memang belum selengkap destinasi wisata unggulan yang lainnya. Setidaknya sudah tersedia tempat parkir dan telah dibangun mushola serta beberapa gazebo dan juga toilet umum. Lalu jika ingin menginap maka belum tersedia penginapan di tempat ini namun wisatawan bisa menginap di area Krakatau Kahai Beach yang tak jauh lokasinya dari Pulau atau sebagai alternatif lain bisa juga jika menginap di hotel yang terletak di Kota Kalianda yang jaraknya adalah sekitar 30 Km dari lokasi.

Hal Menarik Yang Dapat Kamu Lakukan Selama Berwisata di Pulau Cantik Ini

Pulau Mengkudu merupakan suatu pulau mungil yang tak berpenghuni dengan luasnya sekitar 2 hektar. Letak

Pulau ini berdekatan dengan pantai Batu Lapis, suatu pantai yang memiliki pasir putih, yang sering disebut sebagai Tanah Lot nya Lampung, karena kondisinya memang sangat mirip dengan destinasi wisata Tanah Lot di Bali. Uniknya di tempat ini ialah terdapat jembatan pasir timbul yang membentuk jalan yang menghubungkan antara Pulau Mengkudu ke pulau Sumatera. Jembatan pasir timbul itu hanya bisa terlihat pada saat air laut surut dan lalu menghilang begitu air laut pasang. Penamaan sebagai pulau Mengkudu tersebut ialah karena dulunya banyak terdapat pohon mengkudu di pulau ini.

Para wisatawan dapat bermain kano, atau snorkeling, atau mendayung paddle board, serta melakukan camping, atau menguji adrenalin dengan naik banana boat atau sekadar berjalan menyusuri pantai dan naik ke bukit menikmati suasana dan pemandangan di pulau yang indah dan jernih airnya ini.

Pulau Mengkudu sebagai salah satu pulau yang berada di Teluk Lampung dan termasuk sebagai destinasi wisata bahari yang ada di deretan pantai Lampung Selatan maka memang sangat ideal untuk menjadi destinasi wisata favorit  karena ombaknya yang tenang sehingga aman untuk direnangi.

Pos terkait