Pulau Untung Jawa, Akses dan Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
Pulau Untung Jawa
Foto:@tengu_98

Kepulauan seribu merupakan salah satu tempat wisata yang sering dituju oleh warga Jakarta, karena di area ini terdapat banyak destinasi wisata menarik. Disebut sebagai Kepulauan Seribu karena terdapat banyak pulau pulau kecil yang menyimpan keindahan masing – masing.

Baca Juga:Jadwal Kapal dan Harga Tiket Kapal Dishub Dari Muara Angke, Marina Ancol, Muara Kamal dan Tanjung Pasir

Bacaan Lainnya

Selain itu jarak antar pulaunya juga sangat berdekatan. Oleh karena itu banyak masyarakat yang menghabiskan liburan di tempat ini. salah satu pulau yang sering dikunjungi wisatawan adalah Pulau Untung Jawa. Pulau yang satu ini sangat populer karena menyajikan keindahan alam yang tiada duanya dibanding pulau lain. Berikut ini kami rangkum hal menarik apa saja yang bisa disaksikan di pulau Untung Jawa tersebut.

Baca Juga: Pulau Tidung, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Mengenal Lebih Dekat Pulau Untung Jawa

Pulau Untung Jawa sendiri memiliki luas sekitar 40,10 ha. Pulau ini letaknya masih berdekatan dengan daratan Tanjung Pasir dan daratan Jakarta. hal ini juga lah yang membuat destinasi wisata yang satu ini begitu populer di kalangan wisatawan karena lokasinya yang mudah diakses. Berdasarkan data yang dirangkum oleh Wikipedia, pada tahun 2017, Pulau ini memiliki penduduk sekitar 2. 264 jiwa. Tentu saja saat ini penduduknya sudah memiliki penambahan. Penduduk tersebut terbagi ke dalam 683 KK. Pulau Untung Jawa sendiri masih termasuk ke dalam kabupaten Kepulauan Seribu, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Sejak tahun 2002 pulau ini dicanangkan sebagai Desa Wisata Nelayan.

Keindahan yang Ditawarkan Pulau Untung Jawa

tiket masuk pulau untung jawa
Foto:@ruth_hnadapdap

Walaupun banyak pulau lain yang menawarkan keindahan tersendiri di Kepulauan Seribu, tetap saja Pulau Untung Jawa menjadi salah satu tempat menarik yang dikunjungi oleh para wisatawan. Terutama bagi anda yang ingin menikmati keindahan wisata bahari, maka pulau ini merupakan tempat terbaik. pasir pantainya yang sangat putih, serta air laut yang sangat jernih akan memanjakan anda selama berwisata. Berbagai jenis permainan air biasa anda lakukan di sini. Yang pasti tempat wisata terbaik ini akan membuat anda rileks selama liburan, dan mendapatkan keindahan alam yang tidak ada di tempat wisata lainnya.

Fasilitas yang Terdapat Di Pulau Untung Jawa

Sebenarnya Pulau Untung Jawa ini merupakan project pilot wisata pulau pertama dari Kepulauan Seribu, sehingga pemerintah juga menjadikan pulau ini sebagai pusat pengembangan destinasi wisata. Oleh karena itu bisa dibilang bahwa fasilitas yang disediakan di pulau ini sudah sangat lengkap. Akses jalan menuju pulau ini dibuat sangat rapi  dan pasokan listrik juga sudah tersedia selama 24 jam penuh. Dengan demikian para wisatawan nantinya bisa nyaman selama berwisata di tempat ini. Selain itu fasilitas kesehatan juga sudah banyak disediakan. Hal ini tentu bermanfaat demiki keselamatan wisatawan. Di pinggiran pantai dermaga juga banyak disediakan pondok, sehingga para wisatawan nantinya bisa beristirahat dengan tenang.

Baca Juga: 17 Pulau-Pulau Indah di Kawasan Pulau Seribu

Di Pulau ini juga sudah terdapat homestay yang nyaman untuk ditempati. Jadi buat anda yang ingin bermalam di tempat wisata ini bisa menyewa homestay tersebut dengan harga relatif murah.  Beberapa homestay bahkan dibuat dekat dengan pantai, sehingga membuat suasana liburan anda semakin menyenangkan nantinya.

Transportasi Perjalanan ke Pulau Untung Jawa

Untuk mengakses tempat wisata bahari ini, maka caranya juga sangat mudah, karena Pulau ini merupakan yang paling dekat dengan Kota Jakarta. Ada dua jalur yang bisa ditempuh ke lokasi ini, yakni melalui Pelabuhan Rakyat Muara Angke dan juga dari Pantai Tanjung Pasir. Untuk anda yang nantinya berangkat melalui Pelabuhan Rakyat Muara Angke (Jakarta Utara), maka anda bisa menumpang kapal yang berangkat ke pulau pramuka. Biasanya kapal tersebut nantinya singgah di Pulau Untung Jawa.

Baca Juga: Pulau Ayer, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Sedangkan jika anda mengaksesnya lewat Pantai Tanjung Pasir (Tangerang Banten), maka anda bisa menggunakan kapal ojek yang tersedia sejak pukul 04.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Perjalanan menuju pulau tersebut menggunakan kapal tersebut tidak sampai satu jam.

Tarif Kapal dan Masuk Destinasi Wisata

Untuk anda yang menggunakan perahu motor menuju pulau tersebut, nantinya akan dikenakan tarif sekitar 25 ribu rupiah per orangnya. Sedangkan untuk tarif masuk wisata Pulau Untung Jawa cukup sekitar 10 ribu rupiah per orangnya.

Pos terkait