Teluk Kiluan, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
Foto:@iamvikalsamudra

Teluk kiluan merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di Lampung. Tempat wisata di lampung satu ini menyimpan berbagai hal menarik, yang membuat wisatawan semakin betah menghabiskan waktu liburan. Berikut kami rangkum hal menarik dari Teluk Kiluan ini.

Baca Juga: Pantai Karang Gigi Hiu, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Bacaan Lainnya

Tentang Teluk Kiluan

Foto:@ciciyuliani8

Teluk Kiluan merupakan wisata favorit yang berada di Bumi Sari Natar, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Teluk ini bukan hanya populer di kalangan wisatawan lokal saja, tetapi juga terdengar sampai ke wisatawan mancanegara. Salah satu keistimewaan teluk ini adalah banyaknya ikan paus dan lumba – lumba yang sering berkeliaran di sekitar teluk. Teluk kiluan mendapat julukan sebagai surga tersembunyi berkat keindahan alam yang disajikannya. Jika anda hobi memancing, maka teluk kiluan ini menjadi salah satu tempat yang wajib anda kunjungi, karena setiap tahun diadakan lomba memancing di teluk ini. Bisa dibilang bahwa tempat wisata ini sangat komplit karena menyajikan keindahan alam dan hal menarik lainnya.

Keistimewaan Teluk Kiluan

Yang membuat teluk ini begitu populer di kalangan traveler, karena teluk ini menghadirkan 3 keistimewaan utama yang tidak ada ditempat lain. ketiga hal tersebut adalah lumba-lumba, laguna gayau, dan snorkeling.

  • Menyaksikan Atraksi Lumba-lumba
Foto: @kumoykusam

Di teluk Kiluan ini terdapat banyak lumba-lumba yang hidup bebas dan juga ikan paus. Diperkirakan bahwa lumba-lumba tersebut mencapai ratusan ekor jumlahnya. Ditemukan fakta bahwa teluk ini menjadi jalur migrasi lumba-lumba tersebut. uniknya lagi terdapat dua jenis lumba – lumba di teluk ini, yakni lumba-lumba hidung botol dan juga  lumba-lumba paruh panjang. Anda bisa menyaksikan atraksi lumba-lumba tersebut saat berkunjung ke teluk ini. kesempatan menyaksikan atraksi lumba-lumba secara langsung di laut lepas tentu sulit ditemukan di tempat lain. Hal ini lah yang membuat teluk Kiluan ini berbeda dengan tempat wisata lainnya di Lampung. Jika anda ingin menyaksikan lumba-lumba, sebaiknya berkunjung pada pagi hari, karena lumba-lumba biasanya beratraksi pada pagi hari.

  • Laguna Gayau
Foto: @rianangrapratama

Selain atraksi lumba-lumba masih ada hal istimewa lainnya yang terdapat di teluk ini, yaitu Laguna Gayau. Laguna Gayau merupakan kolam renang alami yang berada tak jauh dari teluk ini, tepatnya di balik Bukit Teluk Kiluan. Di kolam renang alami ini anda bisa berenang sepuasnya dan menikmati langsung kesegaran alami dari air kolam tersebut. Di pantai Kiluan ini air lautnya cukup tinggi, selain itu terdapat juga banyak batu karang. Sehingga kurang aman jika berenang di pantai. Oleh karena itu anda sebaiknya berenang di Laguna Gayau tersebut karena airnya sangat menyejukkan. Cukup berjalan selama 30 menit dari pantai, maka kolam renang alami ini sudah bisa anda akses. Pihak guide akan menuntun anda menuju kolam renang alami ini. Agar bisa berenang di Laguna ini, maka setiap orangnya wajib membayar tiket masuk sebesar Rp 5000,- per orangnya.

  • Snorkeling
Foto:@pamungkas_denay

Keistimewaan lain yang dihadirkan oleh tempat wisata paling populer ini adalah aktivitas snorkeling. Di teluk Kiluan ini anda bisa melakukan snorkeling dan menyaksikan keindahan bawah laut teluk Kiluan. Anda bisa menyaksikan berbagai jenis terumbu karang dan juga ikan – ikan laut yang sangat memikat mata. Selain melakukan aktivitas snorkeling di pantai ini juga anda bisa bersantai di atas hamparan pasir putih. Teluk Kiluan ini memiliki pantai dengan pasir putih halus dan air laut yang sangat jernih. Bisa dipastikan bahwa anda akan dipuaskan oleh pemandangan yang sangat memukau di pantai ini.

Cara Akses dan Harga Tiket Masuk Teluk Kiluan

Jarak kota Bandar Lampung ke Teluk Kiluan ini sekitar 80 KM. Dengan jarak tersebut, teluk ini bisa ditempuh dengan waktu 3 sampai 4 jam. Teluk Kiluan ini memiliki akses jalan yang cukup sulit dilalui, karena beberapa lokasi jalannya masih bebatuan alami. Sebisa mungkin hindari berkunjung saat musim hujan, karena akses jalan semakin sulit. Agar lebih mudah, sebaiknya dari Bandar Lampung, ambil rute ke arah Padang Cermin. Dari jalur tersebut, memasuki persimpangan Pangkalan TNI Angkatan Laut. Dari pangkalan ini ambil jalur ke kiri untuk menuju Punduh Pidada. Nantinya dari jalur ini langsung terlihat petunjuk ke  Teluk Kiluan. Setiap pengunjung dikenakan biaya masuk Teluk Kiluan sebesar Rp 5.000,- saja per orangnya. Selamat berlibur di Teluk Kiluan Sobat Triper

Pos terkait