Deretan Tempat Kuliner di Banjar Yang Menyajikan Makanan Enak

              143 Views

Banjar yang terbilang sebagai kota kecil ternyata memiliki pesona kuliner yang tidak kalah jika dibandingkan dengan beberapa kota lain yang lebih besar. Ada beberapa Tempat Kuliner di Banjar yang menyajikan masakan lezat dan unik.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Gunung Pancar Bogor

Berikut ini beberapa tempat kuliner yang dapat dicoba saat mengunjungi kota Banjar di Jawa Barat.

  • Rumah Makan Cobek Beti

Rumah makan ini merupakan salah satu Tempat Kuliner di Banjar yang sudah lama dikenal dan sangat populer. Menu masakan Sunda yang unik dan jarang ditemui dapat dinikmati dengan mengunjungi rumah makan Cobek Beti ini. Beberapa menu unik khas Sunda mungkin memang sulit ditemui di rumah makan dengan konsep Sunda yang lain; seperti menu pepes lubang dan sidat. Ikan sebangsa belut tersebut memiliki cita rasa yang khas dan menjadi semakin lezat ketika diolah dengan cara tertentu.

Rumah makan Cobek Beti menyajikan pepes sidat dan lubang yang dibumbui dengan daun kemangi dan daun bawang untuk menghasilkan daging pepes yang lembut dengan aroma yang khas. Selain menu tersebut; masih ada menu spesial berupa goreng manuk yang sebelumnya dimasak dengan cara diungkep hingga daging menjadi lembut sebelum digoreng. Burung goreng yang renyah akan semakin nikmat jika disantap bersama sambal terasi dan lalap mentah ala Sunda.

Rumah makan Cobek Beti ini dapat dikunjungi di Jalan Brigjen M. Isa, Cipadung atau di Jalan Raya Pangandaran, Tanjungsukur, Banjar.

  • Mie Ayam OSIS Kenanga

Warung mie ayam ini merupakan salah satu warung legendaris di kota Banjar. Meski Tempat Kuliner di Banjar ini hanya menawarkan menu mie ayam yang lazim; namun cita rasa yang unik membuat Mie Ayam OSIS Kenanga ini digemari oleh semua kalangan tanpa membedakan usia. Nama OSIS berasal dari pelanggan yang dahulu didominasi oleh para pelajar SMA. Warung mie ayam ini buka mulai pukul 7 pagi dan tutup setelah habis; terkadang hingga pukul 2 siang atau menjelang waktu Maghrib.

Mie Ayam OSIS Kenanga ini dapat dikunjungi di Jalan Hamara Efendi; tepatnya di sebelah Toserba Samudera.

  • Baso Sari Rasa H. Ayo Sunaryo

Selain warung mie ayam yang legendaris; kota Banjar juga memiliki warung bakso legendaris. Warung Baso Sari Rasa yang juga populer disebut Baso Ayo ini dapat ditemui di 2 lokasi. Salah satu lokasi yang dapat dijadikan tujuan menikmati bakso khas Banjar ini adalah di area parkir motor pintu utama Pasar Banjar Patroman. Terdapat dua lapak Baso Ayo yang jarang sekali sepi di tempat tersebut. Sedangkan versi rumah makan dari Baso Ayo ini dapat ditemui di Rumah Makan Sari Rasa yang berada perempatan Jalan Gudang kota Banjar. Menu bakso legendaris dapat dinikmati dengan mengunjungi dua Tempat Kuliner di Banjar tersebut.

  • Rumah Makan Prima Rasa

Tempat Makan di Banjar ini menyajikan beberapa menu masakan khas Sunda dan juga khas Banjar. Salah satu menu khas yang disajikan di ruah makan Prima Rasa ini adalah Soto Banjar. Soto daging sapi dengan kuah bening ini disajikan bersama bihun, toge dan sambal yang unik. Sedangkan penggemar masakan pedas juga dapat menemukan menu istimewa di rumah makan Prima Rasa ini.

Baca Juga: Eloknya 40 Tempat Wisata di Kota Bukit “Jember” Jawa Timur

Salah satu menu andalannya adalah ikan cobek kahurun yang berbahan ikan mas atau ikan gurami. Ikan cobek kahurun ini disantap dengan bumbu kacang tanah, bawang merah dan putih, jahe, kencur, kecombrang dan tentu saja cabai rawit untuk menghasilkan rasa pedas yang istimewa.

Rumah makan Prima Rasa dapat dikunjungi di alamat Jalan Husen Kartasasmita, Banjar mulai pukul 7 pagi hingga 9 malam.

Demikian informasi tempat kuliner di Banjar yang dapat kita informasikan semoga informasi ini dapat membantu sobat triper dalam berwisata kuliner di Banjar nanti saat benkunjung kesini.

Tags:
author

Author: