Makanan Khas dan Tempat Kuliner di Wonosobo Yang Wajib Kamu Coba

  • Whatsapp

Sudah berencana untuk berlibur ke kawasan Dieng bersama keluarga? Kalau iya, maka jangan sampai Anda lewatkan berbagai makanan lezat yang pasti disajikan di berbagai tempat kuliner di Wonosobo berikut ini!

Baca Juga: 4 Tempat Bulan Madu di Pulau Jawa yang Romantis nan Hemat!

Bacaan Lainnya

Malah, bisa dibilang kunjungan Anda ke Wonosobo dan Dieng tidak akan lengkap jika Anda sampai melewatkan makanan-makanan ini. Apalagi Dieng merupakan tujuan wisata yang populer bukan hanya bagi para wisatawan lokal, tapi juga wisatawan asing. Nah, apa saja makanan khas Kabupaten Wonosobo yang wajib Anda cicipi? Berikut ini daftarnya!

Yang Jelas Jangan Sampai Dilewatkan: Mie Ongklok

Wah, menu yang satu ini jelas jangan sampai Anda lewatkan. Minimal, Anda harus coba mie ongklok sekali seumur hidup. Sebab, makanan ini bisa dibilang ikon utama daerah ini. Jadi, mie ongklok pasti akan selalu mengingatkan siapapun dengan Kota Wonosobo.

Makanan ini terbuat dari campuran mie, kol, daun kucai, dan kuah kacang. Kuah kacang ini punya kekhasan sendiri karena teksturnya yang kental sebab ada campuran kanji di dalamnya. Dan kuah ini juga biasa disebut dengan nama “loh”. Biasanya, mie ongklok disajikan bersama dengan tempe kemul dan sate kambing. Dan karena menu ini begitu identik dengan Kota Wonosobo, Anda dijamin bisa menemukan berbagai tempat kuliner di Wonosobo yang menyajikan makanan ini.

Manisnya Buah Carica, Buah yang Hanya Tumbuh di Dieng

Bingung mencari oleh-oleh makanan yang cocok untuk dibagikan kepada teman dan tetangga? Jangan khawatir, karena manisan buah carica adalah pilihan yang tepat. Apalagi buah ini konon hanya bisa tumbuh di kawasan Dieng. Dan hal ini sudah dibuktikan oleh banyak orang yang sudah mencoba menanam kembali pohon carica di daerah asal mereka, tapi yang buah yang muncul hanyalah buah pepaya biasa.

Saat ini, membeli manisan carica sangat mudah. Apalagi sudah ada banyak perusahaan yang memproduksi manisan carica kemasan yang bisa Anda beli di berbagai tempat kuliner di Wonosobo. Jadi, dijamin kondisi manisannya masih bagus ketika Anda sudah sampai ke kota asal.

Gurih dan Manisnya Sagon

Wah, kalau makanan yang satu ini juga sama mudahnya untuk Anda temukan di penjuru Kota Wonosobo. Bahkan Anda tidak perlu repot-repot mengunjungi tempat kuliner di Wonosobo yang khusus karena banyak pedagang yang menjualnya. Dan salah satu tempat paling mudah untuk menemukan sagon adalah Pasar Induk Wonosobo.

Makanan ini dibuat dari tepung sagu, parutan kelapa, dan gula yang kemudian dipanggang. Bentuknya biasanya bulat dan cukup tebal, dan paling mantab jika dinikmati ketika masih hangat. Awas, Anda dijamin akan ketagihan dengan campuran rasa manis dan gurih yang begitu pas di lidah!

Tempe Kemul, Bukan Tempe Goreng Tepung Biasa!

Jika Anda belum pernah makan tempe kemul, maka wujudnya sekilas akan langsung mengingatkan Anda dengan tempe mendoan khas Purwokerto. Tapi, tempe kemul jelas punya ciri khasnya sendiri. Nama “kemul” sendiri artinya adalah “selimut”, karena tepungnya melumuri seluruh bagian tempe yang biasa dipotong kotak. Sehingga kelihatannya seolah tempe itu punya “selimut”.

Yang membedakannya dengan mendoan khas Purwokerto adalah renyahnya rasa tempe kemul serta adanya taburan kucai yang menemani. Bagi Anda penggemar pedas, menyantap tempe kemul ditemani dengan cabe uleg atau cabe mentah tentu pilihan yang mantab!

Baca Juga: Traveling ke Luar Negeri? Berikut Cara Membuat Paspor dan Visa Biar Nyaman Travelingnya

Deretan makanan khas Wonosobo diatas bisa kamu dapatkan dibeberapa tempat makan yang ada di Kota Wonosobo, diantaranya:

  • Mie Ongklok Longkrang, Jl. Pasukan Ronggolawe No. 14, Longkrang, Wonosobo, Tlp.0818-0277-4111
  • Mie Ongklok Pak Muhadi, Jalan T. Jogonegoro No 1 / Jalan A. Yani Wonosobo, Tlp.0823-1430-0500
  • Rumah Makan Harmoni, Jl. Raya Kertek KM 6, Siono, Bojasari, Kretek, Bojasari,Wonosobo, Tlp. 0852-9153-5757
  • RM Taman Puring, Jl. Mayjen Bambang Sugeng No.KM.3, Mendolo, Bumireso, Kec. Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Tlp.(0286) 325583
  • RUMAH MAKAN MUFID DUKI, Jalan Banjarnegara-Wonosobo No.202,Selokromo, Leksono, Kabupaten Wonosobo, Tlp. 0813-2836-9459
  • Bebek Goreng H Slamet, Jalan Sukarno Hatta (Sindoro No.22), Timur Alun-alun, Wonosobo, Tlp. (0286) 323802
  • White House Cafe, Jl. Sabuk Alu No.121B, Wonosobo Timur, Wonosobo Tim., Kec. Wonosobo,, Tlp.0852-9323-9414
  • Krishna Resto Garden, Jl. Kyai Mansyur No. 100, Wonosobo
  • RM Sari Rasa Fast Food, Jl. Bhayangkara No.19, Sumberan Selatan, Wonosobo, Tlp. (0286) 321475

Itulah beberapa pilihan makanan khas Wonosobo yang bisa Anda temukan di berbagai tempat kuliner di Wonosobo. Selamat mencoba dan semoga liburan Anda di Wonosobo berkesan!

Pos terkait