Tips Buat Kalian Para Pemula Yang Mau Naik Pesawat Terbang

              2128 Views

Mungkin dari sebagian orang naik pesawat terbang itu ribet karena prosedur yang harus di lalu sebelum memasuki bandara sampai dengan naik pesawat dan tiba di bandara kota tujuan. Karena prosedur untuk naik pesawat terbang itu berbeda dengan naik transpotasi pada umunya misalnya naik bus atau naik kapal laut untuk prosedur hanya sedikit beda dengan jika kalian naik pesawat terbang yang memilki prosedur tersendiri agar sebelum terbang penumpang bersih dari segala sesuatu yang membahaykan penerbangan.

tips naik pesawat terbang

Untuk itu perlu kalian tahu ada beberapa tips buat kamu para pemula yang baru naik pesawat terbang.

  • Datang 2 Jam Sebelum Keberangkatan

Datanglah lebih awal ke bandara minimal 2 jam sebelum keberangkatan pesawat yang tertera di tiket kalian, jangan sampai kalian datang saat pesawat take off sama saja tiket kalian hangus dan mlongo saat sudah sampai di bandara. Jadi, biasakan datang lebih awal karena menghindari  kamu tergesa-gesa jika waktu kendatangan mepet dengan waktu jadwal terbang pesawat karena kita saat sampai di bandara akan melakukan proses yang memerlukan waktu agak lama.

  • Pemeriksaan Keamanan Saat Masuk Bandara

Gunanya datang lebih awal ke bandara adalah satu satunya prosedur ini karena sebelum kalian masuk bandara kalian akan di periksa dua kali oleh team keamanan Bandara, Pertama saat kalian chek ini masuk bandara dimana kalian akan melewati metal detektor dan diminta melepas semua barang yang mengandung unsur logam seperti, sabuk, phonsel, Arloji dll, jangan kalian melanggar prosedur bandara karena akan merugikan kalian sendiri jika kalian melanggar prosedur keamanan bandara.

Untuk pemeriksaan kedua yaitu saat kalian akan masuk ruang tunggu di bandara, dimana kalian akan melewati metal deketctor lagi dimana kalo yang pertama fokus ke benda yang berbau logam untuk metal detaktor yang kedua fokus ke benda cair, jangan kalian membawa benda cair melebihi ajuran dari pihak bandara yaitu 100ml .

Peraturan diatas untuk keselamatan para penumpang pada umumnya dan keselamtan kita juga , jadi intinya kita jangan melanggar aturan pihak bandara agar semua lancar aturan dibuat agar keselamatan kita terjamin sesuai peraturan penerbangan.

  • Chek In

Prosedur ini adalah yang paling vital dimana kalian akan di minta tanda bukti pembelian tiket kalian untuk di tuker dengan tiket asli serta di minta data KTP atau Pasport jika ke luar negeri untuk proses data manifes penerbangan. Barang yang kita bawa juga akan di timbang setelah kita melakukan proses print tiket dan menyerahkan data diri kita berupa KTP atau Pasport kita ke custumer service maspakai yang bersangkutan. Jangan membawa barang yang melebihi kapasitas yang tertera di tiket pesawat biasanya maksimal berat adalah 20kg/tiket pesawat. Setelah proses ini selesai kalian akan diberikan boarding pass sebagai tanda masuk dalam pesawat dan nomor duduk pesawat.

  • Proses Imigrasi

Bagia kalian yang pergi jauh yaitu dengan tujuan luar negeri kalian akan melewati proses imigrasi ini , dimana kalian akan di cek pasport sesuai data kalian serta foto kalian sama tidak dengan data pasport kalian. Jika semua data cocok petugas akan memberikan stempel di buku pasport kalian.

  • Boarding Pas

Setelah proses chek in selesai kalian akan di arahkan ke ruang tunggu boarding pass, jangan bingung kalian saat menunggu disini dengarkan dan lihatlah di tiket kalian disitu tertera keberangkatan dan nomor duduk kalian jika sudah ada panggilan sesuai tiket maskapai yang kita beli. Bersantailah di ruang tunggu sambil baca koran menunggu pesawat datang.

  • Santai Menikmati Perjalanan di Pesawat

Nah jika kalian dapat panggilan dari raung tunggu segeralah menuju pesawat sesuai tiket yang kita beli petugas juga akan mengarahkan ke maskapai sesuai yang tertera di tiket. Untuk proses menuju pesawat ada dua opsi dimana langsung jalan menuju pesawat dan ada yang di antar bus oleh pihak maskapai, ada juga yang langsung menuju pesawat dengan menggunakan garbarata langsung menuju ruang pesawat. Pilihlah tempat duduk sesuai tiket kalian dan selamat menikmati perjalanan kalian dengan nyaman, aman dan tentram sampai tujuan dengan selamat. Oia di dalam pesawat akan ada peragaan mengenai penggunaan sabuk pengaman sampai dengan pemakain  alat-alat safety penerbangan, didalam pesawat di larang menghidupkan handphone jika hidup di mode penerbangan agar tidak mengganggu sinyal pesawat.

  • Sampai Bandara Kota Tujuan

Setelah terbang sampaiklah di tempat tujuan, turun dengan tertib sesuai aturan bandara jika kalian membawa barang yang ada di kabin silahkan menuju tempat pengambilan barang kalian akan di minta bukti kepemilikan barang yang tertempel di barang kamu dan bukti yang di kasih saat kita melakukan chek ini di bandara asal oleh petugas bandara sebelum kalian meninggalkan bandara.

Demikian tips buat kalian para penumpang pemula pesawat terbang, semoga tips ini memberikan manfaat buat kalian.

 

Tags: