Air Terjun Grobogan Sewu Trenggalek, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
Foto: @arief_hartanto14

Alam selalu menyuguhkan pesonanya yang indah. Tidak hanya jajaran gunung menjulang, pesona air terjun tidak boleh ketinggalan. Bahkan, air terjun bisa menjadi tempat untuk melepaskan penat dan menyegarkan pikiran dengan airnya yang dingin. Air terjun Grobogan Sewu menjadi wisata air terjun alami nan indah di Jawa Timur. Segarnya guyuran airnya membuat siapapun berminat untuk mengunjunginya.

Baca Juga: Pantai Prigi Trenggalek, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Muat Lebih

Keindahan Grojogan Sewu

Dikenal sebagai Grobogan Sewu, air terjun ini memiliki ketinggian 10 meter. Walaupun tidak tinggi, tetapi debit airnya cukup deras dan menyegarkan. Keindahan air terjun ini berada pada tebingnya yang memanjang. Airnya mengalir pada tebing batuan karst berwarna putih kekuningan sehingga menciptakan pemandangan air terjun yang berbeda dari kebanyakan air terjun.

Belum lagi, adanya akar – akar pohon yang muncul ke permukaan sehingga menciptakan suasana air terjun yang nyaman dan cantik. Tak ayal, kalau banyak wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan lokasi wisata air terjun yang satu ini. Bahkan, ada kepercayaan masyarakat setempat yang mengatakan kalau mandi di air terjun Grobogan Sewu bisa awet muda. Wah, bisa dicoba itu!

Menurut warga setempat juga, dikatakan sebagai air terjun Grobogan Sewu karena sumber air terjun ini mengalir dan turun dari sela – sela karang yang bermuara ke dasar berupa bebatuan berwarna putih. Tidak hanya bermain air saja di bawah guyuran air dan kolam alamnya, kamu pun juga bisa mendapatkan foto indah dengan background air terjun nan cantik. Pastinya, foto yang kamu dapatkan akan insta-worthy sekali.

Baca Juga: Liburan di Thailand, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Fasilitas dan Tiket Masuk

Fasilitas yang disediakan di air terjun Grobogan Sewu sudah sangat memadai. Kamu bisa menemukan mushola, kamar mandi hingga papan penunjuk jalan. Untuk harga tiket masuk sendiri biasanya menjadi satu dengan Pantai Pelang. Pasalnya, memang air terjun ini hanya berjarak 300 meter dari Pantai Pelang Trenggalek. Harga tiket masuknya hanya 8000 saja untuk hari biasa dan 10.000 untuk hari libur. Cukup terjangkau, bukan? Tapi sangat disarankan untuk ke air terjun ini saat musim hujan karena debit airnya yang cukup deras sehingga bisa bermain dengan sangat puas.

Rute dan Lokasi Grojogan Sewu 

Dikarenakan lokasinya yang cukup dekat dengan Pantai Pelang, air terjun Grobogan Sewu lebih dikenal dengan air terjun Pantai Pelang. Untuk menuju ke sini dibutuhkan sekitar waktu 2 hingga 3 jam perjalanan. Rutenya sama seperti ke Pantai Pelang. Ikuti saja Jalan Raya Jarakan – Karangan sejauh 5 km, kemudian belok kiri. Masih di jalan yang sama lanjutkan perjalanan sejauh 12 km.

Kemudian kamu akan melewati Jalan Dongko – Karangan yang merupakan jalan berkelok dan juga tanjakan serta turunan tajam. Lanjutkan saja perjalananmu sejauh 8 km dan belok ke kiri menuju Jalan Panglima Sudirman hingga menemui kantor pos. Setelah itu, belok ke kanan. Di Jalan Panggul – Dongko, ikuti saja hingga masuk ke Jalan Dongko – Kampak. Lanjutkan hingga menuju Jalan Waluh Towo.

Kemudian belok kiri ke Jalan Diponegoro hingga ketemu pertigaan dan belok kanan ke Jalan Mt. Haryono. Ikuti saja jalannya, lalu belok kiri. Ikuti saja jalannya hingga masuk Pantai Pelang. Parkirkan kendaraan, kemudian berjalanlah ke arah barat sejauh 300 meter mengikuti sumber air sungai kecil.

Air terjun Grobogan Sewu juga bisa ditempuh melalui rute lainnya, yakni dari Kota Pacitan. Kamu hanya melewati jalur lintas selatan saja.

Demikian informasi tempat wisata di Trenggalek yang cukup populer yaitu air terjun Grobogan sewu, semoga referensi tempat liburan ini dapat membantu sobat Triper dalam menjelajah deretan wiasta trenggalek.

Pos terkait

Loading...