Air Terjun Kedung Panas Trenggalek, Rute Lokasi dan Harga Tiket Terbaru

  • Whatsapp
Foto: @megantara_88

Bagi pencinta alam yang suka tantangan dan bertualangan, serta mencari lokasi wisata yang masih asri alami maka Trenggalek memiliki banyak destinasi wisata seperti itu, salah satunya adalah air terjun Kedung Panas.

Baca Juga: Akses dan Harga Tiket Masuk Pantai Klayar Pacitan Terbaru

Muat Lebih

Lokasi Air Terjun Kedung Panas

Letak destinasi wisata air terjun Kedung Panas ini adalah di desa Bogoran, Kecamatan Kampak, Trenggalek  yakni sekitar 5 km dari kota Trenggalek, atau sekitar 11 menit waktu tempuhnya jika menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil lewat jalan Raya Dongko Kampak. Jadi lokasi air terjun Kedung Panas ini cukup dekat dengan kota Trenggalek. Air terjun Kedung Panas ini juga sering disebut sebagai Jurug Mangir.

Dapat juga ditempuh dengan rute mulai dari pertigaan Ngetal ke arah selatan hingga ke pasar Kampak. Sesampai di pasar Kampak lalu menuju ke arah barat atau ke arah Munjungan, yakni sekitar 5 km, lalu ada pertigaan kemudian belok ke arah kanan sekitar jarak 2 km, selanjutnya bisa menitipkan kendaraan yang dibawa ke rumah warga. Dari jalan raya, ujung jalan terakhir yang dapat dilintasi ialah tepi sungai, dan di sekitar sungai tersebut banyak terdapat batu-batu yang juga ditambang oleh para warga sekitar. Perjalanan ke air terjun Kedung Panas dapat dilanjutkan dengan berjalan kaki lalu menyeberangi sungai dan juga melewati hutan. Bisa juga sepeda motornya dibawa menyeberangi sungai, seperti yang sudah biasa dilakukan oleh warga sekitar, namun kalau mau diparkir di tepi sungai atau dititip di rumah salah satu warga juga bisa. Sesudah menyeberangi sungai yang pertama, kemudian akan melewati rute jalan setapak, dan menyeberangi sungai lagi namun biasanya sungai tersebut dalam kondisi kering pada saat kemarau. Setelah beberapa ratus meter melewati hutan maka akan sampai di lokasi air terjun Kedung Panas. Air di lokasi ini tidak panas, tapi dingin sejuk. Lelahnya dan juga perjuangan menyeberangi sungai dan juga menerobos hutan akan terbayar dengan indahnya pemandangan di lokasi air terjun Kedung panas ini, bak menemukan surga yang tersembunyi. Suasananya masih asri dan cukup tenang. Waktu terbaik untuk mengunjungi lokasi ini adalah di saat musim kemarau dan sebaiknya hindari musim hujan.

Baca Juga: Indahnya Pulau Anambas Bagaikan Surga

Fasilitas di Air Terjun

Fasilitas di air terjun Kedung Panas ini masih minim, hanya ada lahan parkir di tepi sungai, dan gazebo, serta area berkemah, bahkan untuk berganti baju ketika mau berenang harus dilakukan di balik batu, karena kondisi air terjun Kedung Panas ini masih sangat alami, masih sesuai aslinya. Itulah justru keunikannya.

Jam Buka Air Terjun Kedung Panas

Jam buka destinasi wisata air terjun Kedung Panas ini ialah 24 jam setiap hari.

Harga Tiket atau Biaya Masuk

Biaya masuk ke destinasi wisata air terjun Kedung Panas ini ialah gratis, hanya akan ada biaya untuk parkir kendaraan.

Kegiatan di Destinasi Wisata Air Terjun Kedung Panas

Air terjun Kedung Panas ini terdiri dari dua buah tempat secara bertingkat. Jadi bagus sekali untuk latar belakang selfie atau berfoto dengan teman-teman dari atas, juga dari bawah dengan pemandangan air terjun dan pepohonan di atasnya. Suasananya tenang dan asri, cocok untuk tempat melarikan diri dari kesibukan, kemacetan dan keramaian kota, udaranya juga masih bersih dan sejuk, bebas polusi. Sesampai di lokasi air terjunnya, bisa segera membuka bekal makanan dan minuman lalu menyantapnya bersama teman-teman, pengunjung juga bisa bermain air serta berenang, atau berjalan-jalan keliling kawasan, merasakan sejuk dan bersihnya udara di lokasi air terjun dan juga menikmati pemandangan alam yang asri di air terjun Kedung Panas ini. Terdapat gazebo juga untuk berfoto dan duduk makan-makan. Bisa juga memesan makanan pada warga setempat pada saat sebelum menyeberang sungai jika kelupaan tidak membawa bekal makanan atau minuman. Selain itu jika ingin berkemah di lokasi ini juga bisa. Pada saat berkunjung ke air terjun Kedung Panas ini sebaiknya gunakan pakaian yang nyaman dan persiapkan sepatu atau sandal double yang nyaman juga tidak licin, sebagai pengganti ketika basah sewaktu digunakan untuk menyeberangi sungai dan menyusuri hutan ketika menuju lokasi tersebut. Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun Kedung Panas adalah pada saat musim kemarau, ketika air sungai sedang surut.

Demikian informasi sedikit perihal air terjun kedung panas yang berlokasi di kampak, Kabupaten Trenggalek. Tempat wisata di trenggalek memang cukup banyak namun wisata air satu ini patut untuk kamu kunjungi saat liburan di Trenggalek.

Pos terkait

Loading...