Indahnya Pulau Anambas Bagaikan Surga

              93 Views

Foto:gotravelly.com

Indahnya Pulau Anambas Bagaikan Surga – Pernahkah anda mendengar tentang Pulau Anambas ? Kabarnya, pulau ini siap menyaingi pulau raja ampat di Riau yang sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara memang lebih dulu mengetahui adanya Pulau Raja Ampat. Tetapi, lagi – lagi Indonesia dikaruniai tempat berlibur yang indah dan berpotensi untuk dieksplor. Anda bisa berlibur ke tempat ini dengan indahnya pulau anambas bagaikan surga.

Pulau Anambas merupakan salah satu gugusan pulau di Kepulauan Riau. Ada sekitar kurang lebih 255 pulau yang termasuk dalam Kepulauan Anambas, namun yang berpenghuni hanya berjumlah 26 pulau. Anda bisa mencapai pulau Anambas dengan waktu 9 jam jika dari Tanjung Pinang menggunakan Kapal Ferry.

Pulau Anambas, Kepulauan Terindah di Asia tahun 2012

The Best Tropical Island in Asia versi CNN pada bulan April 2012 jatuh pada Pulau Anambas dan mengalahkan tempat destinasi serupa seperti Koh Chang Thailand, Langkawi Malaysia, Halong Bay Vietnam, dan Kepulauan Similan di Thailand. Penilaian ini dilakukan melibatkan managing editor Both Asia 2012 yaitu Herman Ho yang merupakan CEO dan editor travelfish.org.

Gugusan Pulau di Pulau Anambas

Baca Juga: 17 Pulau-Pulau Indah di Kawasan Pulau Seribu

Pulau Bawah

Salah satu keindahan di pulau ini adalah Pulau Bawah yang menjadi pulau paling diincar oleh wisatawan lokal maupun mancanegara ketika anda berlibur ke Anambas karena permukaan maupun formasi koral di Pulau Bawah ini sangat cantik. Pulau Bawah Anambas juga memiliki sisi lain yang terlihat lebih indah lagi dengan keberadaan sebuah laguna. Di dasar laguna yang berpasir putih dan berair jernih membuat ikan-ikan terlihat jelas dari permukaan.

Laguna Pulau Bawah adalah salah satu yang terbaik di dunia, karena keelokan view yang disajikan oleh Pulau Bawah. Tidak salah memang jika Anambas dijadikan sebagai pulau terindah di Asia. Raja Ampat adalah primadona bengkulu, sementara Pulau Anambas memiliki Pulau Bawah sebagai primadonanya.

Pulau Penjalin

Aset lainnya adalah Pulau Penjalin yang ada di Kecamatan Palmantak. Tempat ini bisa dijangkau menggunakan speed boat yang memakan waktu kira-kira 1 jam 30 menit. Ada banyak fasilitas speed boat yang bisa disewa dari kapasitas muatan 5 hingga 20 penumpang.

Pulau Penjalin menjadi pulau tempat berlindung para nelayan sekitar meskipun belum dikenal oleh banyak orang seperti Pulau Bawah. Cuaca dan suasana disini memang tidak menentu sehingga pulau ini cocok bagi orang-orang yang suka bertualang dan ketenangan.

Keindahan pulau penjalin sebagai gugusan pulau anambas adalah pemandangan pasir putihnya. Bahkan mereka yang berkunjung menyukai snorkling meskipun harus berenang sejauh 50 meter untuk dapat melihat terumbu karang dan ikan yang berwarna-warni.

Baca Juga :6 Pulau Terindah yang Ada di Indonesia dengan Keindahan yang Luar Biasa

Pulau Piugus

Pulau Anambas di Batam ini juga memiliki Pulau Piugus. Pemandangannya begitu eksotis dengan waktu sekitar 45 menit dari Pulau Matak menggunakan speed boat. Dari semua sudut Pulau Piugus, anda dapat melihat pemandangan bawah laut yang indah. Berbagai penelitian menyatakan bahwa pulau piugus memiliki ragam karang yang berkategori baik.

Ada pemandangan laut biru, bersih dari sampah, pohon kelapa yang ada di pinggir pantai membuat pulau piugus terlihat eksotis. Ada juga bongkahan batu besar dan dinding karang serta gorgonian sebagai tempat hidup dari biota laut.

Begitu banyak potensi wisata di Pulau Anambas ini. Anda bisa mengunjungi Pulau Durai, Pulau Telaga, Air Terjun Temburun, Pantai Arung Hijau, dan lain sebagainya yang menjadi daya tarik bagi setiap wisatawan.

Tidak heran rasanya jika turis asing yang jatuh cinta akan kekayaan alam Indonesia. Begitu banyak tempat berlibur dengan suguhan birunya laut yang mempesona. Indahnya Pulau Anambas bagaikan surga akan membuat anda semakin bangga berada di Indonesia.

Rate this article!
Tags: