Candi Mendut, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

candi mendut
foto:@n1zamy.muchlis

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Jawa Tengah merupakan tempatnya beragam wisata sejarah yang selalu diburu untuk diekspor oleh para wisatawan dari berbagai penjuru. Salah satunya adalah Candi Mendut yang menyuguhkan keindahan arsitekturnya. Candi Mendut merupakan candi Buddha yang memiliki peranan sangat penting bagi umat Buddha.

Baca Juga:Liburan di Gunung Kidul, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Bacaan Lainnya

Diketahui bahwa candi ini ditemukan pada tahun 1836 dengan kondisi yang hancur serta ditutupi oleh semak belukar. Kerusakan tersebut dikarenakan kondisi alam berupa letusan Gunung Merapi yang terjadi di tahun 1006 masehi.

Baca Juga:46 Rekomendasi Tempat Kuliner di Jogja

Barulah di tahun 1897 hingga 1904 Candi Mendut direkonstruksi dengan hasil yang belum memuaskan. Kemudian setelah empat tahun, dilakukan rekonstruksi kembali dan terjadi lagi kemacetan akibat masalah dana. Dan di tahun 1925-lah rekonstruksi berhasil dilakukan dan Candi Mendut kembali ke bentuk aslinya.

  • Lokasi Dan Rute Menuju Candi Mendut

Candi Mendut sendiri berlokasi di Jalan Magelang Sumberrejo, Desa Mendut, Mungkid, Magelang. Bahkan candi ini tidak jauh dari Candi Borobudur, sehingga Anda bisa sekalian menyambangi kedua candi tersebut. Dari Candi Borobudur, jaraknya hanya sekitar 3 km dari arah timur.

Jika Anda berangkat dari Kota Yogyakarta dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil, maka Anda bisa melalui Jalan Mataram dilanjutkan ke Jalan Diponegoro dan Jalan Magelang-Yogyakarta. Jika Anda sudah sampai di Bundaran, maka Anda harus mengambil jalan keluar yang ke-2 untuk menuju ke Jalan Magelang-Yogyakarta atau pun Jalan Semarang-Yogyakarta.

Setelah itu Anda hanya perlu untuk terus mengikuti jalan sampai menemukan Viar Kharisma Motor Mlati. Anda harus terus berada di Jalan Mayor Kusen dan dilanjutkan belok ke kanan ke arah Jalan Nanggulan Mendut sampai di tujuannya.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga bisa ke Candi Mendut menggunakan transportasi umum. Anda bisa menaiki bus yang setiap harinya banyak tersedia dan jika dari Yogyakarta, Anda bisa naik dari Terminal Jombor dan langsung menuju ke tempat bus yang ke arah Borobudur.

Biasanya pengemudi bus akan memberikan arahan dan Anda bisa menemukan bus tersebut dengan cepat. Disarankan agar Anda membawa perbekalan yang cukup, karena perjalanan ke Candi Mendut yang ditempuh dengan menggunakan bus lebih lama daripada menggunakan kendaraan pribadi.

Karena bus biasanya akan berhenti di beberapa titik untuk menunggu penumpang ataupun menurunkan penumpang. Sehingga perjalanan bisa memakan waktu hingga satu jam lebih.

  • Tiket Masuk Dan Parkir Di Candi Mendut
tiket masuk candi mendut
Foto:@badrikaaa

Untuk bisa melihat keindahan Candi Mendut, sebelum masuk Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 10.000 setiap orangnya. Tentu saja ini tarif ini sangatlah terjangkau. Sedangkan Anda yang membawa kendaraan pribadi, maka diwajibkan untuk mengeluarkan biaya parkir. Di mana untuk sepeda motor dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 dan mobil dikenakan biaya Rp 5.000.

  • Fasilitas¬†

Meskipun belum terlalu lengkap, namun fasilitas yang disediakan di Candi Mendut sudah tergolong mumpuni. Di mana pihak pengelola sudah menyediakan area parkir yang luas, toilet, dan tempat-tempat makan yang ada di sekitar Candi Mendut.

Jika Anda datang ke Candi ini, jangan lupa untuk mengabadikan foto-foto Anda di angle-angle terbaik. Di mana di sini terdapat relief candi yang sarat akan seni dan sejarah Buddha. Ada relief Kuwara dan Hariti yang merupakan pasangan raksasa pemangsa manusia dan melakukan tobat, Relief ini berada di dinding sebelah utara.

Kemudian ada relief Dewi Tara dengan telapak tangan yang memegang vajra, tasbih, tiram, tongkat, kapak, cakra, cawan, dan kitab. Namun tetaplah berhati-hati saat sedang asyik berfoto dan jangan sampai merusak candi.

  • Wisata Menarik Di Sekitar¬†

Jika ke Candi Mendut sepertinya kurang lengkap jika tidak mengeksplor tempat wisata lainnya yang ada di sekitaran candi. Karena ada banyak wisata menarik yang sayang jika Anda lewatkan begitu saja.

Wisata tersebut misalnya saja Museum Seni H. Widayat, Rafting Sungai Elo yang merupakan tempat rafting favorit dan cocok untuk Anda yang pemula, Bukit Punthuk Setumbu untuk melihat Candi Borobudur dari kejauhan, Candi Borobudur, dan Candi Pawon.

Jadi, kapan Anda ke Candi Mendut? Segera rencanakan dari sekarang untuk melihat secara langsung keindahan candi Buddha yang kaya akan sejarah ini. Serta jangan lupa untuk turut menyambangi beberapa wisata menarik di sekitarnya.

Pos terkait