Curug Cibadak, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
Curug Cibadak
Foto:@imeey_795

Kawasan Garut dan Bogor memang sangat terkenal dengan destinasi curug yang banyak dan indah. salah satunya adalah Curug Cibadak. Curug cibadak adalah salah satu air terjun yang berada di Garut tepatnya berada di pinggir jalan menuju Kecamatan Cihurip. Meskipun jalannya yang berada di pinggir jalan, untuk mencapai lokasi memang tidak menguras banyak tenaga. Akan tetapi tetap cukup sulit karena belum adanya jalan setapak untuk bisa melaluinya.

Baca Juga: Liburan di Garut, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Bacaan Lainnya

Curug ini mempunyai ketinggian mencapai 100 meter. Sedangkan disebut dengan nama Cibadak karena menurut warga aliran air terjunnya yang mengalir di aliran sungai Cibadak dan debit air yang cukup besar. Selain air terjun, pengunjung yang datang juga akan dimanjakan dengan pemandangan di sekelilingnya berupa pemandangan pedesaan, persawahan yang hijau, dan perkebunan yang masih sangat asri.

Berwisata di Curug Cibadak 

Seperti tempat wisata air terjun lainnya, Curug Cibadak akan menyajikan pemandangan air terjun yang indah. selain itu terdapat banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan berwisata ke Curug Cibadak seperti berikut ini:

  • Bermain air

Debit air terjun Curug ini memang cukup tinggi apalagi saat musim hujan, maka pengunjung diminta untuk tetap waspada saat bermain air. Air Curug Cibadak terbilang jernih dan bersumber langsung dari sumber air. Sehingga pengunjung dapat merasakan kesegarannya. Kolam bawah air Curug juga cukup dangkal sehingga dapat digunakan untuk berenang dengan bebas.

  • Berfoto ria

Curug ini memiliki keindahan yang terdiri dari dua tingkatan yaitu dua terjunan. Ditambah lagi dengan pemandangan sekitar yang masih sangat asri dan sejuk, sehingga sangat cocok menjadi latar berfoto yang instagramable. apalagi bagi Anda yang sangat menyukai air terjun dan keindahan alam, maka tempat ini sangat cocok. Sedangkan spot foto yang paling bagus untuk mengambil gambar ada di bukit seberang Curug Cibadak. Spot tersebut merupakan lahan warga yang berada tepat di seberang Curug. Hal tersebut dikarenakan area Curug tidak ada lapangan luas untuk mengambil gambar air terjun secara keseluruhan

Akses menuju Curug Cibadak 

Akses menuju Curug Cibadak tergolong tidak terlalu sulit karena letaknya yang tidak jauh dari jalur utama.  Dari Jalan Raya Tasikmalaya Ciawi, pengunjung dapat berbelok menuju arah Jalan Raya Cisayong selanjutnya berbelok ke Jalan Cigorowong.

Baca Juga: Deretan Kolam Renang di Garut Beserta Tiket Masuknya

Jalan yang dilalui menuju Curug Cibadak juga tergolong mulus. Namun pengendara kendaraan bermotor tetap harus waspada dan berhati-hati karena terdapat beberapa ruas jalan yang rusak dan berliku. Jika dirasa membingungkan, maka jangan segan dan sungkan untuk bertanya pada penduduk sekitar lokasi. Sebab rambu petunjuk menuju Curug ini memang masih minim. akan tetapi karena keberadaan Curug Cibadak yang populer, penduduk sekitar akan memberikan bantuan petunjuk jalan yang mudah. namun saat memasuki Desa Cisangkal kondisi jalannya rusak dan terjal, sehingga disarankan untuk tidak menggunakan mobil dengan suspensi rendah. Laju tersebut sangat cocok jika ditempuh dengan mobil jeep atau motor trail.

Fasilitas Curug Cibadak 

Saat ini Curug ini telah menjadi destinasi wisata baru di daerah Garut dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Akan tetapi kawasan wisata Curug ini belum dikelola secara maksimal oleh pemerintah setempat dan hanya dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar. Sehingga tidak heran jika fasilitasnya masih belum memadai seperti belum tersedianya toilet, kamar ganti, dan lain sebagainya. Tempat parkir juga belum maksimal, jadi bagi pengunjung yang membawa kendaraan dapat memarkirnya di jalan raya atau menyesuaikan dengan tempat yang ada dan tidak mengganggu arus lalu lintas.

Tiket Masuk Curug Cibadak 

tiket masuk Curug Cibadak
Foto:@Curug_Cibadak

Kawasan wisata Curug ini memang belum dikelola secara baik dan maksimal, akan tetapi bukan berarti pengunjung dapat masuk dengan gratis. Pengunjung tetap harus membayar tiket sebesar 10 ribu rupiah kepada pengelola Curug.

Baca Juga: Tempat Camping Keluarga di Garut

Meskipun lokasinya yang sedikit membutuhkan perjuangan, antusias masyarakat untuk datang terbilang sangat tinggi. Apalagi pada hari weekend atau musim liburan. Curug ini selalu ramai oleh wisatawan dari dalam dan luar kota untuk menyaksikan keindahannya secara langsung.

Pos terkait