Curug Putri Kencana, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
Curug Putri Kencana
Foto:@smln26

Kota hujan, Bogor sudah terkenal dengan kehijauan alamnya  banyak terdapat destinasi wisata alam yang asri di wilayah yang jaraknya sangat dekat dengan ibukota Jakarta ini. Di Bogor terdapat banyak curug.  Curug Putri Kencana adalah salah satunya. Cocok untuk menjadi tujuan destinasi wisata alam selama weekend guna melepas penat dan kebosanan dari aktivitas sehari-hari di kota Jakarta yang penuh sesak dan panas.

Baca Juga: 31 Air Terjun di Bogor Yang Siap Kamu Explore!

Bacaan Lainnya

Alamat Curug Putri Kencana

Alamat tepat Curug Putri Kencana ini ialah di Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16810.

Rute Menuju Lokasi Curug Putri Kencana

Lokasi tersebut jaraknya sekitar 23 km ke arah timur jika dari kota Bogor. DestinAsi wisata Curug Putri Kencana itu searah dengan curug Lewi panjang dan juga curug Barong yang berada di Jonggol. Jadi oara wisatawan yang hendak berkunjung ke tiga curug itu dapat mengambil jalan dengan arah yang sama. Kondisi jalanannya sudah cukup bagus karena sudah beraspal. Namun harus melewati banyak tanjakan yang cukup curam dan terjal sehingga perlu adanya kewaspadaan pada saat melintasinya. Rute akses menuju ke 0 Curug Putri Kencana sebenarnya sangat mudah.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Gunung Pancar Bogor Terbaru

Jika menggunakan kendaraan pribadi, bisa melalui jalan tol Jagorawi lalu keluar di gerbang Sentul City. Dari sana belok kiri lalu masuk ke arah jalan utama menuju ke arah Jungle Land. Lalu sebelum sampai pintu gerbang Jungle Land kemudian belok ke arah kanan maka akan menemui suatu jalan perkampungan dan sampai hingga ke suatu pertigaan. Dari pertigaan tersebut lalu berbelok ke arah kiri menuju ke Curug Putri Kencana dan juga arah curug Leuwi Hejo. Pada sepanjang jalur tersebut terdapat banyak petunjuk jalan menuju ke lokasi curug putri kencana, jadi tidak perlu merasa khawatir akan tersesat.

Jam Operasional Curug Putri Kencana

Curug Putri Kencana mulai buka sejak pukul 07.00 pagi dan tutup pada pukul 17.00 sore, setiap hari.

Tarif Biaya Masuk Curug Putri Kencana

Tiket biaya masuk area wisata air terjun Curug ini tidak dibedakan baik bagi anak-anak maupun dewasa. Demikian juga untuk harga tiket masuk pada saat hari biasa atau hari kerja di workday sejak Senin hingga Jumat maupun di hari libur atau akhir pekan tetap biaya tarif masuknya sebesar 25 ribu Rupiah per orang, sedangkan untuk balita tidak dikenakan biaya tiket untuk masuk. Terdapat juga biaya parkir kendaraan sekitar sebesar 10 ribu Rupiah. Lalu ada  biaya yang dikenakan jika hendak menyewa tempat untuk berkemah, yakni sebesar 25 ribu Rupiah. Lalu jika hendak menyewa saung atau gazebo tarifnya ialah sebesar 35 ribu Rupiah.

Fasilitas 

Fasilitasnya cukup lengkap, ada tempat parkir yang luas, dan mushola, warung makanan, tempat kamping juga gazebo atau saung dan toilet umum. Terdapat juga penyewaan pelampung dan perlengkapan body rafting.

Hal Menarik Yang Bisa Kamu Lalukan

Curug ini terletak ada di kawasan wisata Gunung Pancar. Airnya sangat bersih dan jernih hingga para wisatawan bisa melihat sampai ke dasar sungai dari atas permukaan airnya dengan jelas. Suasana alamnya juga masih asri dan menenangkan hati. Air terjun ini dinamai sebagai Curig Putri Kencana terkait dengan adanya mitos bahwa warga sekitar, sering melihat adanya penampakan putri raja yang naik kereta kencana setiap malam Jumat. Tinggi air terjunnya ialah sekitar 7 meter, dan dikelilingi dengan dinding bebatuan tinggi dan hutan liar. Airnya memiliki warna biru kehijauan atau sering disebut berwsena toska. Aliran sungainya semata kaki.

Baca Juga: 41 Rekomendasi Tempat Kuliner di Bogor

Kedalaman telaganya sekitar 4 meter hingga 6 meter. Tebing bebatuan yang mengapit Curug Putri Kencana menantang penyuka kegiatan cliff jumping. Guna mencapai tebing yang tertinggi yang ada di samping curug, wisatawan harus menyusuri jalan setapak ke arah atas dan naik jembatan. Pemula bisa memilih bebatuan besar yang terdapat di sekitar telaga sebagai pijakan untuk melakukan cliff jumping. Arus airnya cukup tenang. Rangkaian curug ini terdiri dari Leuwi Pariuk, dan Leuwi Demang, serta Leuwi Baliung, juga Curug Love yang unik. Disebut curug Love karena air terjun tersebut terpecah oleh sebuah batu di tengah-tengah, dengan bentuk mirip lambang love yakni bentuk hati.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk The Jungle Water Adventure Bogor

Waktu terbaik untuk mengunjungi adalah di pagi hari dan pada saat musim kemarau sehingga jalur jalannya tidak terlalu licin, dan arus airnya juga tidak terlalu deras.

Pos terkait