Liburan di Garut, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

  • Whatsapp
Foto: @lindan_dan

Akhir pekan menjadi waktu paling seru untuk kamu habiskan di tempat terbaik yang mampu mendatangkan kehangatan hati dan ketenangan jiwa. Garut, menyimpan segudang objek wisata yang bisa kamu kunjungi kapan saja. Ada banyak tempat di Garut yang bisa kamu jadikan destinasi untuk memanjakan mata. Nah, berikut destinasi yang wajib kamu datangi, di antaranya:

Baca Juga: Liburan di Islandia, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Bacaan Lainnya

  • Leuwi Jurig
Foto: @veryfirdaus

Jika kamu ingin menikmati suasana alam dengan aliran sungai dan udara begitu bersih. Maka, berkunjung ke Leuwi Jurig adalah pilihan paling tepat. Di sini kamu bisa merasakan udara sejuk dengan pemandangan menakjubkan, belum lagi aliran sungai cukup jernih yang akan membuat kamu bisa melupakan kesibukan kerja penyebab depresi.

Baca Juga: Liburan di Lombok, Berikut Destinasi Yang Wajib kamu Kunjungi

Kemegahan alam yang indah, pepohonan rimbun, sensasi berenang, bisa kamu nikmati tanpa harus mengeluarkan uang masuk. Leuwi Jurig terletak di Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Usahakan untuk datang pada musim kemarau, agar berenang jadi lebih seru di sungai dengan air dingin dan jernih.

  • Leuwi Tonjong
Foto:@robyandikaputra

Selain Leuwi Jurig, Garut juga memiliki satu tempat wisata yang tak kalah menarik perhatian para wisatawan. Yaitu Leuwi Tonjong, yang berlokasi di Kampung Rentong, Ds. Jayamukti, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Aliran sungai selalu menjadi hal paling menarik untuk menjadi plot berfoto.

Air terjun dan Sungai Cihurip menampilkan pemandangan menawan, kondisi alam masih begitu alami tanpa sentuhan manusia, menjadikan tempat wisata ini sebagai taman rekreasi paling diincar oleh para pelancong. Kamu bisa memutuskan untuk berenang atau pun berlayar menggunakan perahu bambu dengan menyewa Rp5000 untuk satu orang. Tiket masuk ke taman wisata ini ialah sebesar Rp15.000, sungguh harga murah untuk area menakjubkan.

  • Talaga Bodas
Foto:@abay_cibay

Suatu daerah, tentu saja memiliki satu tempat yang jadi ciri khas, kebanggaan, dan istimewa bagi para turis asing. Nah, di Garut sendiri, Talaga Bodas merupakan tempat wisata paling digemari dan dijuluki sebagai magnet yang mampu menarik para wisatawan lokal maupun mancanegara. Destinasi yang menyerupai danau ini terbentuk karena proses vulkanisme.

Baca Juga: Liburan di Vietnam, Berikut Destinasi Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Objek wisata ini terbentuk di bawah kawah Gunung Talaga Bodas. Walaupun tempat ini masih memiliki aktivitas vulkanik, namun tidak membuat para wisatawan berkurang untuk berkunjung ke sini. Pemandangan indah yang disuguhkan akan membuat akhir pekan kamu jadi lebih beda dan berkesan. Untuk bisa masuk ke kawasan wisata yang beralamat di Jln Talaga Bodas No. 5, Desa Sukamenak, Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat kamu hanya perlu merogoh kantong sebesar Rp9.500.

  • Leuwi Korsi
Foto: @viamlni

Kalau kamu sudah berkunjung ke Leuwi Jurig, maka akan sangat disayangkan jika kamu melewatkan untuk singgah dan memanjakan mata di tempat wisata Leuwi Korsi. Adalah salah satu taman rekreasi terbuka yang berlokasi di Bungbulang, Garut. Menawarkan pemandangan eksotis dengan air kolam jernih berwarna biru dan udara sangat sejuk. Terdapat tebing berbatu yang dinamai Columnar Joint, tersusun rapi yang akan membuat kamu betah berlama lama di tempat ini. Jangan khawatir, karena kamu tidak akan dipungut biaya apa pun untuk bisa masuk ke objek wisata ini.

  • Gunung Cikuray
Foto:@shoimasyhar

Saat kamu ingin menikmati kemegahan sunset atau pun sunrise, maka Gunung Cikuray merupakan tempat wisata paling cocok untuk kamu datangi. Dengan ketinggian sekitar 2.818 meter dpl, kamu akan membutuhkan waktu 7 sampai 8 jam agar bisa mencapai puncak. Cukup lama dan melelahkan, namun semua akan terbayar ketika kamu di atas puncak gunung dengan alam spektakuler. Objek wisata yang berada di Kecamatan Cilawu, Kecamatan Bayongbong, Garut, Jawa Barat hanya membebankan kamu sekitar Rp25.000 per orang.

  • Gunung Papandayan
Foto: @noviyahr

Gunung papandayan merupakan tempat liburan yang menantang, jika kamu ingin melihat sebuah kawasan hutan yang mati kamu bisa mendaki gunung papadayan di dekat area camp sebelah kanan ada hutan mati akibat gunung papadayan meletus kala itu. Untuk harga tiket masuk gunung papadayan sebesar 20k untuk hari biasa dan untuk weekend sebesar 30k dan bila kamu camping akan dikenakan bisaya permalam sebesar 35k

  • Curug Sanghyang Taraje
Foto: @haibanarsyadana

Curug yang paling fenomenal di Garut adalah Curug Sanghyang Taraje. Curug ini menyimpan cerita legenda yang tersohor dimana warga mempercayai bahwa curug ini adalah lokasi Sangkuriang mengambilkan bintang untuk Dayang Sumbi sekaligus tempat penyimpanan harta karun Sangkuriang.

Wajah curug Sanghyang Taraje sudah pernah menghiasi layar kaya dalam program traveling bertajuk Para Petualang Cantik yang disiarkan oleh salah satu televisi swasta negeri ini. Penasaran dengan lokasinya? Curug Sanghyang Taraje berada di desa Kombongan, kecamatan Pakenjeng, dengan tiket masuk sebsar 6k/user.

  • Leuweung Oko
Foto: @nendensitifatimah_nsf

Kamu tidak perlu jauh jauh ke Jogja untuk menikmati keseruan di hutan pinus. Karena, Garut juga memiliki hutan dengan pohon pinus berjejer rapi yang diberi nama Leuweung Oko atau The Great Oko. Hutan milik Perhutani Kabupaten Garut dulunya ini telah menjadi tempat wisata favorit dan cukup banyak dikunjungi pelancong setiap saat. Objek wisata yang terletak di Desa Cirapuhan, Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut ini dapat kamu masuki secara gratis tanpa biaya sepeser pun.

Nah, itu tadi destinasi di Garut yang wajib kamu kunjungi. Menurutmu, tempat wisata mana terlebih dahulu yang akan kamu datangi?

Pos terkait

Loading...