Curug Cigamea, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

curug cigamea
Foto:@denypalick

Mumpung liburan akhir pekan, ada bagusnya jika kamu sekeluarga melakukan kegiatan liburan menyenangkan di Kabupaten Bogor, khususnya mengunjungi wisata alam Curug Cigamea. Ada banyak keseruan yang bisa dilakukan seperti feeling, berenang, memancing ikan, atau terapi ikan kaki.

Baca Juga: Gunung Gede Pangrango, Jalur dan Estimasi Biaya Pendakian

Bacaan Lainnya

Kamu Penasaran Sobat Triper?

Deskripsi Curug Cigamea Bogor

Ada yang berbeda dengan tempat wisata yang satu ini, banyak keindahan yang akan kamu temukan dan keseruan. Curug Cigamea terdiri dari 2 air terjun yang masing-masing memiliki ketinggian 30 meter dan 50 meter. Kedua air terjun tersebut berada di sisi berdampingan dan dekat dengan pintu masuk ke Gunung Salak Endah. Para pengunjung tidak diizinkan masuk ke dalam lokasi kolam air terjun karena debit atau aliran air ya sangat deras dengan sangat tiba-tiba dimusim penghujan.

Baca Juga: 41 Rekomendasi Tempat Kuliner di Bogor

Pengelola tempat wisata cukup intens dalam memberikan pengawasan agar tidak terjadi kecelakaan karena terseret arus. Untuk masuk kesana, kamu tidak butuh tenaga yang terlalu besar karena jalannya sudah cukup layak dan di sisi kiri kanannya terdapat pegangan atau handle. Berjarak sekitar 400 m dari arah parkiran dan bisa dijangkau dengan sepeda motor khusus jika mau. Ada banyak air terjun di Bogor yang rekomeded salah satunya Cigamea ini.

Baca Juga: Liburan di Bogor, Berikut Tempat Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Curug ini memiliki nama lain yakni air terjun bidadari yang konon katanya dahulu tempat rahasia para bidadari Mandi dan bermain ketika hujan turun. Entah legenda yang beredar benar atau tidak yang jelas air terjun ini sangat indah dan terjadi lintasan pelangi di antara kedua curug

Lokasi

Lokasi wisata ini ada di Kampung Lokapurna, Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Untuk bisa sampai kesana Anda tidak perlu kebingungan karena jalan yang dilalui sudah lumayan bagus dan beraspal. Jarak dari pusat kota hingga tempat tujuan sekitar 2 jam memakai motor.

Jika Anda menaiki kendaraan umum, ambil saja angkutan desa nomor 3 dari stasiun kereta api menuju Terminal Cibubulak. Setelah sampai di Terminal, Anda ambil angkutan nomor 5 arah tujuan ke Desa Leuwiliang Cibatok. Nah, setelah itu Anda bisa masuk ke kawasan Gunung Salak Endah dan bisa mengikuti arah plang ke curug.

Tiket Masuk dan Jam Operasional/Kunjungan

tiket masuk curug cigamea
Foto:@sanipahaiueo

Masuk dengan harga tiket Rp. 10 ribu per orang cukup terjangkau, jasa keamanan kendaraan roda dua dihargai Rp. 3000 per motor sedangkan untuk roda empat Rp. 5.000. Jam kunjungan yang ditetapkan oleh pihak pengelola mulai pagi 08.00 hingga jam 17.00. Kamu tidak perlu takut pulang kemalaman, karena ada penginapan terdekat. Selain itu sejumlah warung makan harga merakyat tersedia 20 jam hingga malam.

Fasilitas 

  • Area Perkemahan

Terkadang area untuk berkemah dipakai oleh murid sekolah yang serang melakukan tes kenaikan pramuka atau warga biasa yang ingin melepaskan penat dengan cara berkemah. Keseruan berkemah ada di halaman depan wisata pintu masuknya.

  • Permainan Flying Fox

Di sisi sebelah barat, terdapat wahana bermain flying fox yang sangat menantang adrenalin Anda. Untuk menikmati permainan itu, Anda bisa masuk dengan ongkos Rp. 50 ribu – Rp. 70 ribu, semua fasilitas dan keamanan telah dijamin oleh pengelola.

  • Tempat Ibadah dan Toilet

Curug Pangeran termasuk dalam wisata alam yang berfasilitas lengkap. Ada sekitar 30 pintu kamar mandi dan 10 warung makan. Ada pula gazebo, taman kecil, aula dan toko oleh-oleh khas Bogor. Murah meriah dan sangat lengkap seperti sandal, sepatu, busana dan aksesoris.

  • Wahana Bermain

Wahana bermain anak yang cukup umum seperti ayunan, jungkat jungkit dan beberapa permainan perosotan. Wahana tersebut tidak dikenakan biaya saat naik alias gratis ya. Untuk wahana bermain ini sebaiknya para orangtua selalu mendampingi agar anak terjaga dan terhindar dari bahaya jatuh atau terjungkal. Masih banyak fasilitas pendukung yang menarik di sana, Anda sebaiknya datang saja ke Kabupaten Bogor.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk The Jungle Water Adventure Bogor

Itulah sekilas tentang wisata Curug Cigamea yang begitu menarik dengan keindahan alamnya. Saat kamu mengunjungi kawasan wisata Bogor jangan lupakan untuk selalu mengabadikan momen dengan jepretan kamera. Borong juga yuk jajanan khas kota Sunda yang memiliki rasa enak dan harga murah.

Pos terkait