Curug Nangka, Akses dan Harga Tiket Masuk Terbaru

  • Whatsapp
Curug Nangka
Foto:@travelmom.id

Saat ini liburan sudah jadi kebutuhan pokok bagi banyak orang. Nggak heran kalau berbagai tempat wisata selalu dipadati oleh pengunjung. Bagi kamu yang ingin menikmati alam sekaligus menantang adrenalin, Curug Nangka bisa jadi pilihan pas.

Baca Juga: 31 Air Terjun di Bogor Yang Siap Kamu Explore!

Bacaan Lainnya

Pesona Alam Curug Nangka

Berbicara wisata air terjun di Bogor tidak pernah ada habisnya. Kota Hujan ini punya puluhan curug dengan pemandangan eksotis. Dari yang hits sampai yang belum terjamah. Dari yang mudah aksesnya hingga jalur yang menantang adrenalin.

Nah untuk kamu yang ingin merelaksasi pikiran dengan pemandangan alam dan hawa sejuk yang menentramkan, Curug Nangka bisa jadi tujuannya. Apa cuma itu daya tariknya? Tentu tidak, karena curug yang terletak di kaki Gunung Salak ini punya 3 air terjun dengan ketinggian sekitar 10 – 15 meter.

Baca Juga: Deretan Kolam Renang di Bogor Beserta Tiket Masuknya

Untuk berkunjung ke tempat wisata alam ini dibutuhkan kondisi fisik yang benar-benar fit. Sebab wisatawan harus berjalan jauh dari pintu masuk untuk bisa sampai ke Curug Nangka. Sepanjang perjalanan wisatawan juga akan ditemani satwa liar yang hidup di sini, yaitu kera. Sayangnya, satwa liar di sini cukup nakal dan sering mengambil barang pengunjung. Jadi, wisatawan harus lebih waspada jika berkunjung ke sini.

Mitos di Air Terjun Nangka 

tiket masuk Curug Nangka
Foto:@pringadisurya

Hampir setiap tempat memiliki mitos tersendiri. Tidak terkecuali dengan Curug Nangka. Bahkan terdapat cerita mistis di kawasan ini. Oleh sebab itu, sebelum memasuki kawasan air terjun, wisatawan akan dihimbau untuk tidak melakukan hal aneh yang membuat penunggu air terjun tidak terima.

Cerita mistis lain ialah keberadaan batu karang di Air Terjun Nangka. Batu karang ini dialiri oleh air dan punya bentuk yang mirip dengan anjing bulldog. Nah, menurut cerita yang beredar, batu karang ini adalah ayah dari legenda Sangkuriang.

Sedangkan mitos yang berkembang di kawasan ini adalah siapapun yang berkunjung dan tidak jatuh selama perjalanan, menandakan bahwa ia adalah pencinta alam sejati. Selain itu, ia juga seseorang yang peduli dan selalu melestarikan alam.

Terlepas dari kisah mistis dan mitos yang ada di kawasan curug, tempat wisata alam ini memiliki aliran air yang begitu jernih dan menyejukkan. Ditambah dengan pepohonan yang mengelili curug menjadikan tempat ini terasa begitu damai.

Tips Liburan ke Curug Nangka

Buat kamu yang ingin liburan ke Air Terjun Nangka, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti supaya perjalananmu lancar dan nyaman. Tips yang paling penting adalah menjaga kondisi tubuh. Karena air terjun berada di kaki gunung, maka wisatawan secara otomatis harus melakukan pendakian. Itulah kenapa kamu butuh tubuh yang fit untuk bisa sampai ke air terjun. Jika kondisi tubuh sedang tidak fit, lebih baik tunda rencanamu untuk liburan.

Baca Juga:Liburan di Bogor, Berikut Tempat Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Selain itu, jangan lupa untuk membawa baju ganti. Setelah melalui pendakian, pakaian akan basah oleh keringat, sehingga tidak nyaman untuk dikenakan. Selain itu, selama perjalanan pengunjung harus melewati aliran sungai untuk bisa sampai ke curug. Sebab itulah, kamu butuh pakaian ganti.

Tips yang terakhir adalah perhatikan cuaca sebelum berkunjung ke Curug Nangka. Berkunjunglah ketika cuaca sedang cerah. Selain itu, obat-obatan pribadi menjadi barang penting yang harus dibawa selama berlibur.

Rute, Fasilitas dan Harga Tiket Masuk di Air Terjun Nangka

Tempat wisata alam ini memiliki sejumlah fasilitas umum seperti toilet, warung makan, tempat sampah, area parkir, ruang informasi, hingga gardu pandang. Sementara tiket masuk ke lokasi air terjun adalah Rp. 15.000.

Lokasi Curug Nangka adalah di Desa Sukajadi, Tamansari, Bogor, Jawa Barat. Tempat ini dapat dicapai dengan menggunakan transportasi umum. Bagi kamu yang berasal dari luar Bogor, transportasi yang digunakan adalah KRL dengan jurusan Bogor.

Dari stasiun, lanjutkan perjalanan menuju Bogor Trade Mall lalu naik angkot 03 menuju Ciapus. Sampai di Ciapus, turunlah di pertigaan lalu lanjutkan perjalanan dengan angkutan BFC berwarna biru dan turun di pertigaan depan The Highland Park Resort. Dari sana lanjutkan perjalanan dengan angkot berwarna hijau menuju Air Terjun Nangka.

Itulah informasi tentang wisata alam Curug Nangka.

Pos terkait