Berbagai Macam Alat untuk Menyelam dan Tips Memilihnya

  • Whatsapp
Alat Untuk Menyelam
Foto:@martinzapanta

Saat ini sudah banyak orang yang mempunyai hobi menyelam. Hal itu karena menyelam merupakan kegiatan yang menyenangkan dan bahkan bisa menjadi profesi yang cukup menjanjikan. Beberapa profesi dari mempunyai keahlian menyelam misalnya menjadi tim SAR selam, tentara pasukan katak ataupun menjadi tukang las pipa bawah laut.

Menyelam tentu tidak bisa dilakukan begitu saja tanpa persiapan, apalagi manusia sebagai makhluk yang hidup di darat. Tentunya untuk menyelam Anda membutuhkan beberapa peralatan untuk digunakan agar aman. Saat ini ada banyak merek alat untuk menyelam yang dijual di pasaran dengan berbagai merk. Bahkan ada alat selam murah hingga mahal untuk dipilih sesuai kebutuhan. Namun, sebaiknya jika membeli alat menyelam, Anda membeli yang baru tidak yang bekas karena mungkin bisa berbahaya untuk keselamatan ketika menyelam. Meskipun memang harga alat selam yang baru akan lebih mahal dibandingkan alat selam yang sudah pernah dipakai atau bekas. Tapi, tidak perlu bingung untuk sekarang, karena sudah banyak yang menjual paket alat selam dengan harga yang cukup terjangkau dibandingkan dengan membeli satuan. Jadi, Anda bisa lebih menghemat pengeluaran untuk menjalankan hobi tersebut.

Bacaan Lainnya

Nah, untuk mengetahui apa saja peralatan selam dan fungsinya, berikut akan dibahas secara singkat tentang hal tersebut. Mari simak!

Alat-Alat Menyelam dan Berbagai Fungsinya

Alat-Alat Menyelam dan Berbagai Fungsinya
Foto:@sayaka.ocean___

Peralatan selama terbagi menjadi dua yaitu peralatan selam dasar dan peralatan tambahan. Peralatan dasar antara lain masker, snorkel, fins & boots, rompi apung, wet suit, weight belt, pisau selam, sarung tangan, dan gear bag. Sedangkan peralatan tambahan selam yaitu peralatan scuba diving, kompas, cairan antifog, jam selam dan pengukur kedalaman. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah pembahasan tentang beberapa fungsi alat selam tersebut.

  • Masker, alat ini dibutuhkan untuk melindungi mata dari air serta agar mata bisa melihat dengan jelas ketika berada di bawah permukaan air.
  • Snorkel, alat ini dibutuhkan untuk digunakan bernafas dengan mudah tanpa harus mengangkat kepala keluar air.
  • Fins & Boots, fins berfungsi untuk menambah daya kayuh ketika menyelam, sementara boots digunakan untuk menghindari cedera kaki ketika tidak sengaja menyentuh dasar laut, karang dan berbagai benda keras lain.
  • Rompi apung, alat ini berfungsi untuk bisa terapung di permukaan air sambil berenang ataupun untuk istirahat di permukaan air.
  • Wet suit mempunyai fungsi untuk memperlambat kehilangan panas tubuh. Hal itu karena adanya air hangat di antara pakaian selam dan kulit. Tidak hanya itu, pakaian selam ini juga untuk melindungi tubuh dari sengatan kehidupan laut ataupun goresan karang.
  • Weight belt digunakan untuk tubuh bisa mendapatkan daya apung ke atas di dalam air.
  • Pisau selam berfungsi untuk digunakan ketika menolong, menggali ataupun digunakan sebagai pengukur.
  • Sarung tangan berfungsi untuk melindungi tangan dari goresan.
  • Gear bag atau tas selam digunakan untuk menyimpan piranti untuk menyelam agar tidak berceceran serta untuk melindunginya dari panas matahari.
  • Regulator, alat ini berfungsi untuk mengalirkan udara ke mulut ketika bernafas di air. Alat ini tentu sudah banyak dijual, harga regulator diving ini pun cukup terjangkau.

Itulah berbagai peralatan diving dan fungsinya. Cukup banyak bukan? Meski begitu, peralatan tersebut dibutuhkan agar menjaga keselamatan diri ketika menyelam. Alat diving murah yang dijual pun sudah banyak dengan merk yang bagus, Anda tinggal memilih mana yang paling sesuai kebutuhan ataupun keinginan. Salah satu yang cukup bagus dan direkomendasikan untuk Anda adalah alat selam cressi.

Setelah mengetahui berbagai peralatan, tentu Anda juga harus mengetahui tips untuk memilihnya agar mendapatkan alat untuk menyelam yang paling bagus kualitasnya untuk digunakan nantinya. Berikut adalah pembahasannya.

Berbagai Tips Memilih Alat untuk Menyelam yang Terbaik

Tips Memilih Alat untuk Menyelam
Foto:@ramon_carreno
  1. Pastikan jika Anda memilih baju khusu selam yang mempunyia ukuran sesuai dengan tubuh untuk digunakan. Hal itu bertujuan agar Anda tetap hangat di dalam air.
  2. Pilihlah masker yang sesuai dengan kontur wajah Anda. Coba masker di wajah tanpa menggunakan tali pengencang lebih dulu, lalu hiruplah nafas. Masker yang pas umumnya akan melekat di wajah Anda ketika menghirup nafas.
  3. Pilihlah fin yang pas di kaki. Fin ini haruslah pas menutup secara penuh punggung kaki sampai dekat pergelangan kaki.
  4. Pastikan jika Bouyancy Control Device mempunyai lima fitur penting seperti berisi cukup udara, mempunyai selang inflator/deflator, mempunyai sistem pengembangan mengisi BCD dengan udara langsung yang ada di tabung, mempunyai katup tekanan yang berlebih agar mencegah pecahnya BCD karena pemuaian udara, serta BCD sesuai dengan ukuran tubuh.
  5. Pilihlah regulator yang mempunyai kualitas bagus. Seperti yang diketahui jika regulator merupakan alat bantu untuk menyelam yang sangat penting.

Begitulah berbagai macam tips untuk memilih alat selam yang berkualitas. Cukup mudah bukan? Jadi, jangan sampai salah pilih ya.

Menyelam memang aktivitas yang menyenangkan, namun bagi para pemula tentu tidak bisa asal menyelam begitu saja, apalagi yang baru pertama mencoba. Diperlukan juga tips untuk menyelam bagi para pemula agar aman. Nah, apa saja tips tersebut? Pembahasannya berikut ini.

Tips Menyelam untuk Pemula

Tips Menyelam untuk Pemula
Foto:@gbrown19
  1. Ambilah Latihan Khusus untuk Menyelam Lebih Dahulu

Hal terpenting sebelum mulai menyelam untuk Anda yang masih pemula adalah memiliki kemampuan untuk terjun ke dalam laut dengan berbagai macam peralatan menyelam. Tidak hanya itu, Anda juga harus mempunyai sertifikat scuba diving lebih dahulu. Jadi, pastikanlah jika Anda menggunakan jasa latihan serta instruktur yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet yang dimiliki.

  1. Pahami dengan Baik Berbagai Fungsi dari Peralatan Selam

Peralatan selam merupakan modal utama untuk menyelam dan menjelajahi keindahan laut. Oleh karena itu, Anda harus menguasai dan memahami bagaimana cara menggunakan berbagai alat menyelam tersebut.

  1. Saat Menyelam Jangan Sampai Terpisah dengan Pemandu

Sebagai seorang pemula dalam penyelaman tentu Anda tidak boleh jauh dari rombongan apalagi pemandu. Hal itu karena bila Anda mengalami masalah saat sedang menyelam, pemandu dapat segera membantu. Terlebih jika Anda belum mahir atau menguasai cara penggunaan dari berbagai alat selam.

  1. Ketika Berada di Air Jangan Panik

Sebagai seorang pemula mungkin Anda akan terserang panik. Namun, sebenarnya itu cukup berbahaya. Jadi, usahakanlah ketika akan menyelam Anda bersikap lebih tenang dan selalu mengikuti arahan dari pemandu yang bersama Anda.

  1. Hafalkan Semua Isyarat Tangan

Ketika Anda sedang menyelam tentu berkomunikasi dengan suara akan sangat sulit. Maka dari itu, sebelum menyelam hafalkan dan kuasailah berbagai isyarat tangan yang biasanya digunakan oleh penyelam.

Nah, demikian pembahasan di artikel ini mengenai peralatan untuk menyelam baik yang dasar maupun tambahan. Jangan lupa untuk menggunakan tips memilih alat untuk menyelam di atas agar mendapatkan peralatan yang paling bagus. Lalu untuk pemula juga bisa mengikuti tips menyelam di atas agar lebih aman. Indonesia terdapat pulau indah -indah untuk dinikmati.

Pos terkait