Peralatan Diving dan Fungsinya

  • Whatsapp
Peralatan Diving dan Fungsinya
Foto:@arcticdivers

Pada umumnya, lingkungan yang baru tentu akan membuat seseorang diharuskan sebisa mungkin untuk beradaptasi bagaimanapun itu caranya. Sama halnya seperti seorang penyelam yang dihadapkan dengan kondisi air di bawah lautan sana. Untuk itu, adaptasi ini bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa alat untuk menyelam yang tentunya tepat. Peralatan selam biasanya dikelompokkan menjadi 2 yaitu peralatan selam dasar dan peralatan tambahan. Adapun tips memilih peralatan diving dan fungsinya tersebut akan dijelaskan secara lengkap di bawah ini.

Baca Juga: Jadwal Kapal dan Harga Tiket Kapal Dishub Dari Muara Angke, Marina Ancol, Muara Kamal dan Tanjung Pasir

Bacaan Lainnya

Peralatan selam dasar dan tambahan

Untuk melakukan diving, beberapa peralatan selam dasar yang biasanya dipakai oleh penyelam di antaranya seperti masker, snorkel, fins & boots, rompi apung, pakaian selam, sabuk pemberat, pisau selam, sarung tangan, tas Selam. Sementara untuk peralatan tambahan sendiri, biasanya meliputi peralatan scuba, alat pengukur kedalaman air, kompas (penunjuk arah), jam selam, dan cairan antifog. Dari

Tips memilih peralatan diving

  • Masker

Masker berfungsi untuk membantu penglihatan penyelam agar terlihat lebih jelas ketika berenang di bawah laut. Untuk memilih masker yang tepat, ada baiknya kamu cari yang modelnya anti gores, berkapasitas minim, area penglihatan luas, dan jauhkan masker yang memiliki lubang katup.

  • Snorkel

Peralatan diving dan fungsi dari alat ini adalah untuk membantu pernapasan penyelam di permukaan air. Dalam memilih snorkel, ada baiknya memilih dengan bagian dalamnya yang licin, kemudian pilih bagian pipa mulut yang nyaman dipakai.

  • Fins

Fins atau kaki katak ini berguna untuk mempercepat gerakan kaki penyelam saat berenang di bawah laut. Sama halnya saat memilih alas kaki seperti sandal atau sepatu, pemilihan fins sendiri ada baiknya sesuai ukuran kaki penyelam. Selain itu juga pas di kaki agar tidak terlalu kesempitan atau malah kebesaran saat dipakai.

  • Boots

Penyelam biasanya menggunakan sepatu boot saat berenang di bawah laut untuk meminimalisir adanya luka di bagian kaki. Pemilihan boots ini ada baiknya disesuaikan dengan ukuran kaki penyelam. Sehingga nantinya nyaman untuk digunakan.

  • Rompi apung

Peralatan ini biasanya dipakai untuk situasi darurat saat penyelaman. Untuk memilih rompi apung disesuaikan dengan ukuran badan penyelam.

  • Pakaian selam

Pakaian selam berfungsi untuk melindungi tubuh dari adanya cedera terumbu karang di bawah laut. Dalam memilih pakaian selam ini, pilih yang sesuai dengan ukuran tubuh dan juga kebutuhan saat penyelaman.

  • Sabuk pemberat

Fungsi dari alat ini adalah untuk memberi beban pada tubuh saat melakukan penyelaman. Untuk memilih sabuk pemberat ini, sebaiknya dilengkapi dengan gesper pengancing yang nantinya bisa dilepas secara cepat dalam situasi darurat.

  • Tabung

Peralatan diving dan fungsi dari tabung ini adalah untuk menampung kebutuhan udara bagi penyelam saat berada di bawah laut. Ada baiknya, saat membeli tabung pilih yang baru dikeluarkan untuk menunjang keamanan.

  • Regulator

Alat yang biasa dipakai untuk mengubah udara yang dibutuhkan bagi para penyelam. Pilihlah regulator yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat keamanan yang terjamin.

  • Kompas

Alat ini berfungsi sebagai penunjuk arah bagi penyelam saat berada di bawah laut.

  • Senter

Dipakai oleh penyelam untuk menerangi area bawah laut yang gelap seperti di gua.

Pos terkait