Pemula Wajib Tahu Peralatan Selam Beserta Fungsinya

  • Whatsapp
Peralatan Selam Beserta Fungsinya
Foto:@iglaroc

Beraneka ragamnya laut yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia tentu menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Bukan hanya menarik untuk wisatawan domestik, tapi juga menarik untuk wisatawan mancanegara. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang tak hanya sekedar menikmati keindahan laut dari penglihatan saja. Namun, juga pastinya ingin merasakan sensasi dinginnya laut seperti menyelam di bawah laut sambil menikmati beraneka ragam keindahan terumbu karang disana. Sebelum menyelam, tentu setiap orang membutuhkan yang namanya alat untuk menyelam bukan? Tentu saja jawabannya iya, karena ini merupakan alat yang pengamanan diri sendiri yang biasanya dipakai untuk menyelam di bawah permukaan laut. Lantas apa saja peralatan yang biasa dipakai untuk menyelam? Yuk simak penjelasan lengkap mengenai peralatan selam dan fungsinya di bawah ini.

Baca Juga: Jadwal Kapal dan Harga Tiket Kapal Dishub Dari Muara Angke, Marina Ancol, Muara Kamal dan Tanjung Pasir

Bacaan Lainnya

Macam – macam peralatan selam 

Pada umumnya, para penyelam akan menggunakan beberapa peralatan selam untuk menjamin keamanan diri sendiri saat berada di bawah lautan. Adapun macam – macam peralatan selam yang biasa digunakan yakni seperti regulator, masker, pakaian selam, BCD (Buoyancy Compensation Device), weight belt, fins, gauges, dive computer, senter dan tabung udara.

Peralatan Selam Beserta Fungsinya:

Bagi kamu yang mempunyai hobi menyelam di lautan bebas, ada baiknya mengetahui fungsi peralatan selam berikut ini :

  • Regulator

Orang yang menyelam di bawah laut biasanya menggunakan regulator ini sebagai alat bantu pernapasan melalui mulut.

  • Masker

Penggunaan masker disini biasanya dipakai untuk melindungi area mata saat seseorang menyelam di bawah permukaan laut. Dengan menggunakan masker, maka penglihatan seseorang akan lebih jelas saat melihat keindahan biota laut disana.

  • Pakaian selam

Pakaian selam sendiri, biasanya dibedakan menjadi dua. Yakni drysuit dan wetsuit. Bagi orang yang menyelam di warm water, lebih cocok menggunakan pakaian selam jenis wetsuit. Sementara bagi orang yang menyelam di cold water, lebih cocok menggunakan pakaian selam jenis drysuit. 

  • BCD (Buoyancy Compensation Device)

Alat yang satu ini merupakan pakaian sejenis jaket atau pelampung. Pada umumnya, penyelam memakai alat ini untuk membantu mereka saat akan naik ke permukaan laut.

  • Weight Belt

Alat ini merupakan sejenis ikat pinggang yang berfungsi untuk memberi beban lebih kepada penyelam untuk bisa menyelam di bawah permukaan air laut.

  • Fins

Kebanyakan penyelam akan menggunakan fins atau lebih dikenal dengan kaki katak ini untuk mempercepat gerakan ketika berada di bawah permukaan laut.

  • Gauges

Peralatan selam dan fungsi alat ini digunakan untuk mengetahui kadar udara oksigen di dalam tabung penyelam. Selain itu, gauges juga berguna untuk mengetahui kedalaman air laut, tekanan, suhu, dan juga sebagai penunjuk arah.

  • Dive Computer

Fungsi alat ini hampir sama dengan gauges. Yakni mengetahui kedalaman air laut, tekanan dan suhu udara.

  • Senter

Fungsinya hampir sama seperti pada umumnya, senter ini akan digunakan penyelam untuk menerangi jalan di bawah laut yang gelap untuk memudahkan penyelaman.

  • Tabung udara

Disini, tabung udara akan digunakan penyelam dalam membantu proses pernapasan di dalam air.

Itulah penjelasan lengkap mengenai Peralatan Selam Beserta Fungsinya untuk para pemula yang ingin belajar menyelam di lautan dan menikmati keindahan alam biota laut.

Pos terkait