Curug Sawer, Air Terjun Eksotis di Kaki Gunung Gede Pangrango

  • Whatsapp
Foto: @kimono_lisa
Foto: @kimono_lisa

Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango tidak habisnya menyediakan berbagai lokasi wisata alam yang eksotis dan mempesona. Dari keindahan di jalur pendakian, wisata alam flora dan fauna, hingga aliran sungai dengan bermacam air terjunnya. Curug Sawer merupakan salah satu kawasan wisata alam air terjun yang berada di kaki Gunung Gede-Pangrango. Tepatnya berada di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi

Muat Lebih

Curug Sawer merupakan air terjun setinggi 35 meter dengan air dan kondisi lingkungan yang sangat bersih terawat. Area wisata di sekitar air terjun ini berada di ketinggian 1025 mdlp memberikan suasana sejuk dengan kawasan hutan yang masih cukup lebat dan asri. Ditambah lagi berbagai fasilitas umum seperti toilet yang tidak kalah bersihnya.  Meskipun guyuran air terjun cukup deras, pengunjung bisa bebas bermain dan berfoto di bebatuan besar yang ada di bawah air terjun.

Salah satu daya tarik utama dari kawasan ini adalah Situ Gunung Suspension Bridge , jembatan gantung yang diklaim sebagai salah satu yang terpanjang di Asia. Panjang jembatan ini mencapai 240 meter dengan ketinggian 150 meter. Sebelum melewati jembatan, pengunjung akan menjumpai pos penjualan tiket masuk menuju kawasan curug. Selain sebagai jalur pengunjung menuju curug, jembatan ini merupakan penghubung Blog Kaliandra dan Blog Puspa di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Baca Juga: Wisata Alam Level Internasional Geopark Ciletuh Sukabumi

Jalan-Jalan ke Curug

Bagi anda yang tidak berasal dari daerah Sukabumi dan ingin menuju Curug Sawer, anda bisa menggunakan alternatif transportasi kereta menuju stasiun Palegan, Bogor. Dari Bogor anda bisa melanjutkan perjalanan dengan kereta menuju stasiun Cisaat, tepat sebelum stasiun Sukabumi. Selanjutnya anda bisa menggunakan angkot menuju ke arah Polsek Cisasat, lalu ganti angkot menuju kawasan Resort Situgunung Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Tiba di pintu gerbang utama Situgunung, anda akan berjalan kaki sepanjang 1,2 kilometer. Dalam perjalanan menuju curug, anda juga akan melewati jalan setapak dari bebatuan yang aman dilewati. Tidak hanya itu, untuk menambah kenyamanan pengunjung pihak pengelola menyiagakan sejumlah pemandu di berbagai ititk menuju kawasan air terjun.

Jika anda sudah berjalan dan melihat jembatan gantung, berarti jarak anda menuju Curug Sawer semakin dekat. Di pintu masuk jembatan gantung, anda akan menemukan pos  tiket masuk menuju area air terjun. Setiap pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar 50 ribu rupiah untuk orang dewasa, serta 25 ribu rupiah untuk anak-anak dan manula. Setelah itu anda tinggal melewati jembatan yang cukup menantang ini, hingga menuju kawasan air terjun yang menyegarkan.  Guyuran air terjun yang dingin menjadi ganjaran yang setimpal yang membuat anda melupakan lelah perjalanan anda.

Baca Juga: Akses dan Harga Tiket Masuk Pantai Ujung Genteng Sukabumi Terbaru

Bagi anda yang ingin mengunjungi curug ini, lebih disarankan untuk berwisata di musim kemarau. Di musim hujan, jalan yang harus dilalui cukup licin dan berbahaya. Belum lagi kemungkinan banjir dari luapan aliran sungai akibat debit air yang tinggi sehingga anda tidak bisa menikmati keindahan air terjun seutuhnya.  Di lokasi Situgunung juga terdapat area outbond dan area perkemahan bagi anda yang ingin bermalam.

Lokasi air terjun ini juga menjadi salah satu alternatif lokasi wisata alam yang wajib dikunjungi sebelum melakukan pendakian gunung Gede-Pangrango. Bagi pendaki yang hendak melalui jalur Salabintana, air terjun Curug Sawer berada tidak jauh dari lokasi gerbang pendakian. Jadi tidak ada salahnya menikmati sejenak sensasi jembatan gantung yang cukup menantang ini.

Pos terkait

Loading...