Eloknya 50 Tempat Wisata Kota “The Sunrise Of Java” Banyuwangi Jawa Timur

  • Whatsapp
foto:banyuwangitourism.com

Tempat Wisata di Banyuwangi – Banyuwangi adalah kota paling ujung timur pulau jawa tak heran banyuwangi punya sebutan “the sunrise of java” dimana matahari terbit yang pertama merasakan ia warga banyuwangi karena berada di ujung timur pulau jawa.Secara geografis banyuwangi berbatasan dengan selat bali bagian sisi timur, sisi utara dengan Situbondo, sisi barat dengan jember dan bondowoso, sisi selatan dengan Samudra Hindia.

Baca Juga: Hotel di Telaga Sarangan Mulai Dari 50rb – 700rb

Muat Lebih

Banyuwangi yang berada paling timur pulau jawa secara tidak langsung pasti punya pantai yang mempesona karena berbtasan dengan selat bali dan samudera hindia menyuguhkan panroma pantai yang indah pastinya.

Transportasi menuju Banyuwangi, jika sobat trip dari Bali silahkan kalian menyebrang menggunakan kapal ferry melalui jalur masuk Ketapang, jika dari surabaya kalian bisa naik bus jurusan surabaya-banyuwangi jarak tempuh -+ 290km terimanal yang ada di banyuwangi antara lain sritanjung yang berada di jl,raya situbondo, kec.kalipuro, atau terminal induk brawijaya banyuwangi. Bagi kalian yang tidak suka naik bus kota bisa menggunakan kereta, stasiun kereta di banyuwangi antara lain kalibaru, karangasem, dan Banyuwangi baru. Untuk kalian yang ingin cepat sampai bisa menggunakan armada pesawat terbang dari bandara asal bisa turun di bandara Blimbing sari yang beralamat di Desa Blimbingan, Kec.Rogojambi (telp.0333) 636680 or 636690.

Baca Juga: Tempat Wisata di Jember Lengkap

Akses menuju banyuwangi sudah, saatnya kami berikan infromasi Tempat Wisata di Kabupaten Banyuwangi, berikut info lengkapnya:

Tempat Wisata Banyuwangi

  1. Obyek Wisata Pantai Wedi Ireng Banyuwangi
foto:banyuwangitourism.com
foto:banyuwangitourism.com

Panai wedi ireng berada di cengkungan dimana pantainya agak menjorok kedalam di sekeliling pantai masih terdapat pohon-pohon hijau yang menghiasi bibir pantai ini.

Pantai wedi ireng terletak di Desa Pancer, Pesanggaran, Banyuwangi berjarak 65km dari pusat kota kea arah selatan, jika kalian dari kota banyuwangi bisa mengarahkan kendaraan kalian kea rah selatan menuju desa pancer kemudikan kendaraan kalian dengan kecepatan 60km/jam akan mengahbiskan -+ 80menit perjalanan untuk bisa sampai lokasi pantai wedi ireng ini.

  1. Obyek Wisata Pantai Sukamade
foto:banyuwangitourism.com
foto:banyuwangitourism.com

Berjarak sekitar 97km dari pusat kota banyuwangi kea rah barat daya tepatnya di desa Sarongan, Kec.Pesanggaran, Banyuwangi. Pantai sukamade masuk kawasan taman nasional meru betiri dimana jika kalian kesini aksesnya agak lumayan merepotkan karena jauh dari kampong local jadi ekstra tenaga kalo mau kesini siapkan logistic yang cukup dan fisik yang memadai agar dalam perjalan kalian tidak kesendat.

Pantai sukamade adalah pantai tempat berkembang biaknya penyu dimana ada 4 jenis penyu yang hidup di pantai sukamade ini, jumlah jenis penyu di dunia ada 6 dimana 4 jenis berada di pantai sukamade, 4 jenis penyu tersebut adalah Penyu hijau, penyu slengkrah,penyu sisik, dan penyu belimbing.

  1. Obyek Wisata Pantai Plengkung Banyuwangi

Pantai plengkung adalah surganya bagi para peselancar, dimana pantai ini di nobatkan pantai yang mempunyai ombak terbaik dunia setelah hawai, Pantai plengkung dengan nama tenarnya G-Land sebutan yang diberikan oleh para turis asing akan keindahan ombak di pantai ini, dimana mempunyai 7 gulungan ombak fantastis dengan ketinggian ombak mencapai 6m.

Jika kalian ingin melihat peselncar kelas dunia datang ke sini pada bulan April-Agustus karena di bulan ini adalah bulan yang bagus akan ombak di pantai ini.

Baca Juga: Tempat Wiasta di Blitar Lengkap

Lokasi pantai plekung berada di kawasan taman nasional alas purwo tepatnya di kec. Tegaldlimo, banyuwangi untuk akses menuju pantai ini bisa kalian arahkan kendaraan kalian menuju pancur dengan jarak tempuh 94km dari pusat kota Banyuwangi dengan track sebagai berkut: Pusat kota-kalipait-pasaranyar-trianggulasari-pancur-plengkung.

  1. Obyek Wisata Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Pantai ini seperti di ntt yang jauh disana panati pink, tidak usah jauh-jauh kalian yang tinggal di jawa untuk menikmati pantai yang berpasir kemerah-merahan datang saja ke banyuwangi pantai pulau merah yang akan menyuguhkan panrorma nan indah tidak kalah dengan pantai yang jauh disana.

Sebelum pantai ini bernama pantai pulau merah warga sekitar menyebutnya dengan pantai ringin pitu. Pantai ini merupakan pantai unggulan kabupaten banyuwngani karena memiliki pasir berwarna merah sehingga orang terpikat oleh keindahan pasir pantai ini.

Lokasi pantai pulau merah berada di Desa Sumberagung, Pasanggaran, banyuwangi berjarak sekitar 60km dari pusat kota arah selatan.

  1. Obyek Wisata Pantai Teluk Hijau Banyuwangi

Ingin melihat jernihnya air pantai datang ke pantai teluk hijau banyuwangi kalian akan melihat bagaiman kejernihan pantai teluk hijau ini, lokasi pantai teluk hijau banyuwangi berada di desa Sarongan, Pasanggaran berjarak -+ 90 km dari pusat kota arah selatan.

Pantai teluk hijau ini punya sebutan kekinian yaitu “Green bay”  karena pantai ini terkenal dengan air berwarna hijau sehingga di juluki “green bay”.

  1. Obyek Wisata Pantai Rajegwesi
Foto:Banyuwangibagus.com

Dari namanya pantai ini sedikit gimana gitu ia guys, kalo orang jawa bilang serem piye krungu jenenge. Pantai rajegwesi yang punya arti yaitu rajeg yang berate tiang panjang/pagar, dan wesi yang berarti besi kalo di satukan artinya pagar besi.

Baca Juga: Jembatan Gantung Situ Gunung Yang Ngehits

Pantai ini tidak seserem namanya karena di pantai ini kita bisa menjumpai panroma yang indah, kelembutan pasir yang aduhai serta ombak yang tidak begitu besar karena di kala pagi di kawasan ini banyak nelayan yang pulang dari pemburuan di laut lepas sekitar pantai rajegwesi sehingga pantai ini di kala pagi datang ramai oleh para nelayan yang lagi bersadar untuk menurunkan hasil tankapan ikanya.

Lokasi pantai tajegwesi terletak di Desa Sarongan, Pasanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur.

  1. Obyek Wisata Pantai Boom Banyuwangi

Berlokasi di Desa Mandar, Kec.Banyuwangi, pantai ini adalah pantai andalah dimana di pantai ini banyak diselenggarakan event besar seperti 1000 gandrung dan festival Jazz Pantai .

Karena lokasi dengan pusat kota sehingga pantai ini sebagai destinasi wajib yang dikunjungi oleh para wisatawan dosmestik maupun mancanegara, pantai yang berlantar belakang pulau dewata ini dulunya dalah pelabuhan penting akan tetapi makin berkembangnya zaman pantai ini berubah menjadi pantai wisata dengan berbagai fasilitas tamabhan di dalamnya.

Untuk menuju lokasi pantai boom sangat mudah karena petunjuk untuk bisa sampai ke pantai boom sangat jelas kalian bisa mengikuti papan petunjuk dari pusat kota menuju pantai ini hanya berjarak 7km saja dari pusat kota.

  1. Obyek Wisata Pantai Pulau Tabuhan Banyuwangi

Lokasi pulau tabuhan banyuwangi terletak di Desa bangsring, Kec.Wongsorejo dimana pulau ini mempunyai luas 5 hektar berada di 20km dari pusat kota banyuwangi.

Akses menuju pulau tabuhan banyuwangi dengan cara menaiki perahu dari pantai kampe atau dari bangsring dengan biaya sewa perahu 400k-500k untuk pulang pergi menuju lokasi pulau tabuhan.

  1. Obyek Wisata Pantai Grajagan banyuwangi

Pantai grajakan satu deretan dengan pantai berombak terbaik yaitu pantai plengkung jika berkunjung kesini kalian juga memasuki kawasan pantai plengkung juga.

Pantai grajakan berkarakter karang dengan ombak relative kecil beda dengan pantai sebelahnya, kalian bisa menikmati suasana sejuk dan rindang pantai ini karena di kawasan ini masih asri di tubuhi pepohon sepanjang bibir pantai.

Jika kalian berkunjung ke pantai ini juga akan menemukan wisata lain yaitu goa peninggalan jepang pada masa perang dunia ke dua.’

  1. Obyek Wisata Pantai Watu Dodol Banyuwangi

Pantai watu dodol dimana di bibir pantai terdapat batu besar yang menyerupai dodol sehingga pantai ini dinamakan pantai watu dodol.

Pantai watu dodol sangat popular karena letak pantai ini sangat strategis di jalur pantura jadi orang-orang yang mealukan perjalanan banyak yang melakukan rest di pantai ini.

  1. Obyek Wisata Pantai Cacalan Banyuwangi

Berlokasi di kecamatan Kalipuro, kalian bisa menikmati kahir pekan kalian di pantai ini dengan memandang selat bali dari bibir pantai, tak hanya itu kalian juga bisa bermain air atau berenang di pantai ini.

Pantai cacalan mempunyai panorama yang khas karena sepanjang bibir pantai terdapat pohon kelapa yang tertara rapi sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai ini.

  1. Obyek Wisata Pantai Pancer Banyuwangi

Jika kalian berkunjung ke pantai pancer kalian bisa naik perahu warga sekitar untuk di antar menikmati panroma pantai selatan, di pantai ini juga ada tempat pelelngan ikan .

 

Lokasi pantai pancer  di desa sumberagung, Pasanggarahan, Banyuwangi

  1. Obyek Wisata Pantai Muncar banyuwangi

Pantai muncar adalah pantai pelabuhan nelayan terbesar di jawa setelah bagan siapi-api di jawa timur. Kalian akan menemukan berbagai jenis perahu nelayan di pantai ini , di pantai ini ada ritual yang di adakan setiap tahunya yaitu petik laut yang di adakan tiap bulan asura.

  1. Obyek Wisata Pantai Trianggulasi Banyuwangi

Pantai ini berlokasi di taman nasional alas purwo jika kalian kesini di jamin udara sejuk dan kebersihan pantainya karena berada di lokasi taman nasional ala spurwo.

Pantai trianggulasi mempunyai karakteristik berpasir putih dan ombak lumayan besar karena berada disisi selatan pulau jawa ciri khas pantai selatan adalah ombaknya yang besar.

  1. Obyek Wisata Pulau Santen Banyuwangi

Kenapa dinamakan pulau santen karena di pulau ini tumbuh kembang pohon santen, pohon ini terkenal dimasyarakat local banyuwangi dengan sebutan pohon santen, makanya pulau ini diberi nama pulau santen.

Lokasi Pulau Santen di Karangrejo, banyuwangai, Jawa Timur’

  1. Obyek Wisata Pantai Blimbing Sari Banyuwangi

Berlokasi di kecematan Rogojampi, berjarak sekitar 23km dari pusat kota banyuwangi, pantai ini berada tidak jauh dari bandara yang ada di banyuwangi sehingga jika kalian ke banyuwangi dengan armada pesawat terbang sempatkanlah berkunjung ke pantai ini.

  1. Obyek Wisata Pantai Pancur Banyuwangi

Pantai ini berada di kawasan taman nasional alas purwo, dari pintu masuk taman nasional alas purwa hanya berjarak 5k saja kalian akan tiba di pantai pancar.

Pantai pancar sudah tersedia fasilitas penujang dimana terdapat kamar mandi, toilet, mushola dll di kawasan pantai pancar.

  1. Obyek Wisata Blok Bedul Banyuwangi

Berlokasi di Desa Sumberasri, Purwoharjo, merupakan obyek wisata hutan mangrove kalian akan di ajak menglilingi hutan mangrove sepanjang 10km dengan waktu tempuh 50menit.

  1. Obyek Wisata Gunung Ijen Banyuwangi

Siapa yang tidak kenal gunung ijen yang punya ciri khas blue firenya, api biru seperti ini hanya ada dua di dunia dan salah satunya di Indonesia diamana lagi kalo tidak di gunung ijen ini.

Akses menuju gunung ijen via banyuwangi dengan trayek desa licin-paltuding-kawah ijen, ketinggian gunung ijen 2443 mdpl. Untuk menikmati fenomena blue fire kalian harus datang lebih awal sekitar pukul 02.00-03.00 kalian sudah berada di kawasan penambangan untuk melihat blue fire.

Baca Juga: Peraturan Baru Pendakian Gunung Raung

  1. Obyek Wisata Air Terjun Lider banyuwangi
foto:banyuwangitourism.com
foto:banyuwangitourism.com

Air terjun lider yang berada di lereng gunung raung ini adalah salah satu destinasi wisata air terjun adalan banyuwangi dimana air terjun mempunyai ketingian sekitar 23m dengan air jatuh langsung ke dasar beserta debit air yang besar membuat air terjun ini indah untuk di nikmati.

Lokasi air terjun lider :

Desa Sumber Arum, Songon, Bayunwangi, Jawa Timur

Akses menuju air terjun lider banyuwangi:

Berjarak sekitar 45km dari pusat kota dengan trayek banyuwangi-desa jembaewangi-sempu-d=songon-desa sumber arum-lokasi. Jarak dari dusun lider ke lokasi air terjun -+ 3km kalian berjalan kaki menyusuri kebun cengkeh untuk bisa sampai lokasi air terjun.

  1. Obyek Wisata air Terjun kampong Anyar Banyuwangi Jawa timur
foto:banyuwangitourism.com
foto:banyuwangitourism.com

Iar terjun ini mempunyai 3 sumber air dimana dua di antara tidak sumber berada berdektan dan satu sumber berada jauh dari 2 sumber lainnya tapi masih satu lokasi hanya beberapa meter saja.

Kenapa air terjun ini dinamakan air terjun kampong anyar karena lokasinya di kampong anyar tepatnya di desa taman suruh,, Glagah, Bnayuwangi.

Akses menuju lokasi air terjun kampong anyar sangat mudah karena tersedia angkota yang menuju lokasi hanya butuh waktu 20 menit saja dari pusat kota.

  1. Obyek Wisata Air Terjun kali Selogiri
foto: banyuwangitourism.com
foto: banyuwangitourism.com

Air terjun kali selogiri berada di desa ketapang,kalipuro, banyuwangi. Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun arahkan kendaraan kalian kea rah utara kota dengan jarak 12km dari pusat kota menuju air terjun kali selogiri.

  1. Obyek Wisata Air Terjun Selendang Arum banyuwangi

Lokasi :

Dudun Sumberasih, Songgon, Banyuwangi , Jawa timur

Akses menuju Lokasi air terjun:

Arhakan kendaraan kalian menuju desa sragi dengan trayek banyuwangi-gendoh-sempu-sragi, dimana jika bertemu dengan pertigaan grendoh ambil arah sempu lurus saja hingga sampai di sragi.

  1. Obyek Wisata Air Terjun kali Bendo banyuwangi
Foto:Banyuwangiadventure.com

Lokasi : Desa Kampung anyar, Glagah, Banyuwangi, Jawa timur

Akses Menuju Lokasi Air terjun:

Berjarak sekitar 15km dari pusat kota arahkan endaraan kalian menuju kec.glagah lanjutkan kea rah barat untuk bisa sampai di desa banjarsari di anjut ke desa tamansuruh lalu di lanjutkan ke susun kampong anyar.

Air terjun ini berada satu kawasan denga air terjun kampong anyar dimana air terjun kampong anyar juga berada di dusun kampong anyar.

  1. Obyek Wisata Perkebunan Bayu Lor Banyuwangi

Lokasi:

Songgon, Banyuwangi

DI perkebunan bayu lor terdapat fasilitas pennjang jika kalian kemalaman ada penginapan yang berada di tengah-tengah perkebunan.

  1. Obyek Wisata Perkebunnan Kali Klatak

Di perkebunan kali kltaka kalian bisa melihat pemandangan yang bagus bisa melihat selat bali langsung karena perkebunan ini berada di ketinggian 850mdpl sehingga bisa melihat langsung selat bali dan kota banyuwangi dari bukit perkebungan kali kltak.

  1. Obyek Wisata Perkebunan Kendeng Lembu

Lokasi:

Desa Karang Harjo, Glenmore

Perkebunan kendeng lembu banyak didominasi oleh karet ada juga sebagian di budidaya perkebunan coklat.

  1. Obyek Wisata Perkebunan Agrowisata Kalibendo

Lokasi:

Di Lereng Gunung Ijen, Kalibendo, Paltuding

Perkebunan ini berproduksi karet, kopi dan cengkeh yang suka ngopi atau ngeteh seilhakan datang ke perkebunan kalibendo

  1. Obyek Wisata Perkebunan Glenmore

Lokasi: Desa Glenmore

Perkebunan glenmore adalaha perkebunan yang banyak di dominasi kopi dan coklat.

  1. Obyek Wisata Perkebunan Kalitelepak

Lokasi:

Genteng, Banyuwangi

  1. Obyek Wisata Taman Nasional Meru betiri
Foto:indonesiarefrsh.com

Taman Nasional Meru Betiri secara administrasi berada di dua kota yaitu jember dan banyuwangi, taman nasional ini memilki tiga ekosistem yaitu huta mangrove, rawa, dan dataran rendah.

Lokasi Taman Nasinal Meru Betiri:

Jl.Sriwijaya No.53, Jember

Telp: 0331-335 535

Baca Juga: Tempat Wisata di Jepara Ada 81 Destinasi

  1. Obyek Wisata Taman Nasional Alas Purwo

Alas purwa adalah taman nasional terbesar di banyuwangi di perkirakan pada zaman dahulu alas purwa adalah tempat pelarian para rakyat majapahit karena serangan oleh kerajaan islam pada masa itu sehingga di kawasan ini sampai sekarang masih bayak penganut Agama Hindu.

  1. Obyek Wisata Pemandian Taman Suruh

Lokasi:

Dusun Taman Suruh, Glagah, Banyuwangi

  1. Obyek Wisata Pemandian Umbul Pule

Lokasi: Desa Glenmore

Pemandian umbul pule ini adalah pemanfaat sumber air yang ada di Glenmore yang sangat melimpah sehingga dibuat pemandian ini.

  1. Obyek Wisata Pemandian Mirah Fantasi

Suka main Air datang ke Mirah Fantasi saja, dengan alamat jl.Karimun Jawa No.81, Banyuwangi, tiket masuk hanya 10k

Fasiitas:

Waterboom

Air Tumpah

Taman Satwa

Water Sport

Play Ground

Waterbom Anak

Outbond

Aula

Bar dan Restauran

  1. Obyek Wisata Pasar banyuwangi

Rasany tidak lengkap jika kita tidak mearsakan kearifan lokas warga banyuwangi dengan berkunjung ke pasar banyuwangi sehingga kita bisa melihat rutinitas warga banyuwangi.

  1. Obyek Wisata Pendopo Banyuwangi

Jika kalian bermain ke banyuwangi sempatkan berkunjung ke pendopo kota banyuwangi kalian bisa santai dan belajar sejarah tentang banyuwangi di pendodpo banyuwangi.

  1. Obyek Wisata Taman Sritanjung Bayuwangi

Sebuah kota yang bagus adalah adanya taman kota sehingga terjadi perputaran oksigen yang bagus otomastis cuaca di kota tersebut tidak berubah secara dratis karena adanya taman kota yang menyerap pantulan sinar ultra violet.

  1. Obyek Wisata Taman Blambangan Banyuwangi

Taman blambangan adalah taman yang berada di jantung kota Banyuwangi dimana kalian bisa menikmati sisi lain dari kota banyuwangi dengan mengiatri taman blambangan ini.

  1. Obyek Wisata Taman Asrama Ingrisan Banyuwangi

Lokasi Taman Inggrisan :

Jl.Diponegoro, Banyuwangi

Taman Asrama Inggrisan dulu adlah markas bangsa Belanda sekarang menjadi peninggalan sejarah kota banyuwangi.

  1. Obyek Wisata Makam Datuk Ibrahim

Datuk Ibrahim yang punya nama asli Syekh Abdurrahman Bin Abu Bakar Bin Abdurrahman Bauzir adalah took legendaris penyebar Agama islam kala itu.

Lokasi Makan Datuk Ibrahim:

Jl.Basuki Rahmad, Banyuwangi

  1. Obyek Wisata Pura Luhur Giri Salaka

Pura Luhur Giri Salaka adalah pura peninggalan sejarah yang sampai saat ini masih di pakai umat Hindu untuk acara keagamaan.

Lokasi:

Kece.Tegal Dlimo, Banyuwangi

  1. Obyek Wisata Pura Agung

Lokasi:

Desa Tembok Rejo, Muncar, Banyuwangi

Pura ini di bangun pada tahun 1975 tepatnya pada tanggal 11 April dan diresmikan pada tanggal 28 juni 1980. Tahu tidak jika pura Agung ini adalah pura terbesar kedua setelah pura salak yang ada di Jawa.

Pura Agung ini berkaitan erat dengan kerajaan Blambangan yang jaya pada era dulu di masa kerajaan Blambangan.

  1. Obyek Wisata Klenteng Hoo Tong Bio

Lokasi :

Karangrejo, Pecinan, Banyuwangi

Klteng ini sangat ramai jika dalam hari besar umat Tionghoa, sampai saat ini klenteng hoo tong bio masih terwat dengan baik.

  1. Obyek Wisata Rowo Bayu
Foto:Beku

Lokasi:

Dusun Sambung rejo, Desa Bayu, Kec.Songgon, Banyuwangi

Rowo bayu adalah sebuah danau alamai yang ada di desa Bayu, setiap hari jadi kabupaten Banyuwangi di desa bayu mengadakan napak tilas yang berpusat di danau rowo bayu ini.

  1. Obyek Wisata Desa Adat Kemiren

Kemiren adalah nama suatu desa di banyuwangi yaitu desa Kemiren dimana desa ini di jadikan desa wisata oleh Pemda banyuwangi karena di desa ini banyak tradisi kuno di selenggarakan tiap tahunan sehingga Pemda Banyuwangi memilih desa Kemiren menjadi desa wisata Kabupaten Banyuwangi.

  1. Obyek Wisata Barong banyuwangi

Tradisi barong banyuwangi ini adalah peragaan barong  yang di adakan pada malam hari dan selasa pagi dimana para pera kesenian ini selalu mengingatkan kepada warga untuk selalu menjaga hutan tetap lestari.

  1. Obyek Wisata Kebo-keboan

Tradisi kebo-keboan ini diadakan oleh dua desa yaitu desa alas malang dan aliyan. Ritual keno-keboan dilakssankan pada bulan asura.

  1. Obyek Wisata Tumpeng Sewu Kemiren

Ritual adat yang ada di desa kemiren, slametan ini di gelar seminggu sebelum idhul adha, tardisi ini bertujuan untuk mengucap syukur tas rezeki yang berikan oleh allah SWT kepada wrga desa kemiren khususnya.

  1. Obyek Wisata barong Ider Bumi

Barong ider bumi adalah agenda tahunan yang di adakan oleh desa kemiren, glagah, banyuwangi. Acara ini adalah pemetasan barong yang berkliling desa dengan acara sacral lainnya.

  1. Obyek Wisata Seblang

Kesinian seblang banyuwangi di bagi menjadi 2 kategori:

Sebalang Olehsari dimana seblang atau upacara bersih desa untuk meolak balak dengan diringi penari perempuan selama 7 hari berturut-turut.

Sebalang bakungan merupakan upacara penyucian desa kaloa sebang olehsari selama 7 hari kalo bakungan hanya semalam.

  1. Obyek Wisata Puter Kayun

Tradisi unik yang sampai saat ini masih di lestarikan oleh penduduk banyuwangi tepatnya di desa Bonyolangu, kec.giri, banyuwangi. Tradisi puter kayun adalah tradisi yang di selenggarakan setelah lebaran idul fitri 7 hari sesudahnya dengan napak tilas keliling desa dengan menunggang dokar atau andong.

Jajajan Khas Banyuwangi:

Bagiak, Pia Glenmore, Kue Patola, Precet, Tape Buntut, Kue Bolu Kuwuk, dan Kopyor.

Makanan Khas Bayuwangi:

Rujak Soto, Sego tempong, nasi Cawuk, Pecel Pithik, Jangan Kelor, jangan Klentang, dan Rujak Kecut.

Baca Juga: Jumlah Pulau Yang Ada di Indonesia

Demikian Tempat Wisata di Banyuwangi yang kami rangkum, semoga memberikan manfaat jika berkunjung ke banyuwangi.

Pos terkait

Loading...