Inilah Jumlah Pulau di Indonesia yang Sesungguhnya

  • Whatsapp
Foto:travelwisatapulauseribu.com

Jumlah Pulau di Indonesia – Menjadi negara dengan banyak pulau membuat kita memiliki daya tarik tersendiri. Tidak jarang pulau – pulau di Indonesia membuat para wisatawan mancanegara menjadi lebih betah di Indonesia ketika berlibur. Namun ingatkah anda abhwa seringkali jumlah pulau di Indonesia ini berubah ? Jika kita mengetahui nama keseluruhannya, maka tidak akan cukup hanya dalam selembar suatu ulasan mengenai hal tersebut. Ketahui dengan pasti terlebih dahulu jumah pulau di Indonesia.

Sepanjang tahun 2016 kemarin, ada pulau yang berhasil ditertibkan dan diverifikasi jumlahnya. Dimana kahirnya secara keseluruhan dibakukan sebagai wilayah dari kepulauan Indonesia. Miris rasanya ketika kita mengaku sebagai warga negara Indonesia tetapi tidak kmengenal atau mengetahui beraa pulau yang kita miliki.

Muat Lebih

Jumlah Pulau di Indonesia Adalah 14.572 di Tahun 2016

Pemerintah Indonesia terus melakukan penertiban pulau yang ada di seluruh daerah serta membakukan jumlahnya secara detil. Tahun 2016, pulau yang berhasil ditertibkan serta diverifikasi jumlahnya mencapai 14.572 pulau. Seluruhnya akhirnya dibakukan sebagai wilayah kepulauan Indonesia.

Jumlah pulau yang berhasil dibakukan itu, sebagian besar berasal dari jumlah yang sudah ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) yakni sebanyak 13.466 pulau. Sementara itu ada lagi tambahan dari jumlah pulau yang diverifikasi pada 2015 sebanyak 537 pulau dan 794 pulau di tahun 2016.

Namun, dengan jumlah total sebanyak 14.572 pulau ini Pemerintah Indonesia mendepositkan ke PBB di sidang UNGEGN yang berlangsung di New York, Amerika Serikat. Hal ini perlu dilakukan karena Indonesia ingin menjaga dan merekatkan kedaulatan Negara.

Jumlah Pulau di Indonesia Saat Ini

Berbicara mengenai jumlah pulau, tentu ini sering menjadi kebingungan di kalangan pemerhati. Namun, juga perlu anda ketahui bahwa Pusat Hidrografi dan Oseanografi Angkatan Laut (Pushidrosal) telah mendata jumlah pulau yang tersebar di seluruh penjuru nusantara. Hasilnya adalah jumlah pulau di Indonesia tahun 2017 sebanyak 17.500 pulau.

Jumlah pulau yang Indonesia miliki memang berkembang. Terakhir, terdapat data yang mengatakan bahwa pulau di Indonesia berjumlah 17.499. Namun setelah adanya survei yang dilakukan, ditemukan 1 tambahan pulau yang berada di wilayah Indonesia.

Dengan adanya fakta bahwa jumlah pulau di indonesia sekarang ini berada di angka 17.500, maka pihak dari pemerintah akan menghadiri rapat Internasional di PBB demi membahas pulau terbaru. Selain itu juga dilakukan pemberian nama atas pulau – pulau yang baru diketemukan.

Pemberian Nama untuk Pulau

Demi mengamankna pulau – pulau di Indonesia dari klaim negara lain, perlu adanya pemberian nama pulau. Meskipun ada usulan mengenai pemberian nama pulau oleh negara asing, tetap banyak pihak yang menyayangkan hal tersebut jika terjadi. Pulau – pulau kecil yang ada di Indonesia cerara historis dan geografis adalah bagian dari masyarakat Indoensia. Maka dari itu, yang berhak dalam memberikan nama pulau ini adalah tetap Indonesia secara kelembagaan.

Pemberian nama pulau dari Indonesia haruslah dikoordinasikan terlebih dahulu dengan Kementerian Dalam negeri. Pemberian ide untuk nama pulau juga bis aberasal dari masyarakat Indonesia selama nama dan latar belakang penamaannya jelas, pasti   akan dipertimbangkan oleh lembaga yang bersangkutan. Jika dari KKP, Kementerian Kelautan dan Perikanan mereka akan melakukan inventarisasi pulau mana saja yang   laaayak masuk dalam niminasi mendapatkkkan staaatus dan sekaligus nama.

Banyak keindahan Indonesia yang belum tereksplor. Salah satunya adalah pulau – pulau kecil yang baru diketemukan dan berada di wilayah Indonesia. Dengan mengetahui jumlah pulau di Indonesia, semoga kita bisa lebih mengenal kekayaan yang kita miliki.

Pos terkait

Loading...