Inilah Pulau–Pulau yang Berbatasan Langsung dengan Negara Tetangga

  • Whatsapp
Foto:covesia.com
Foto:covesia.com

Pulau–Pulau yang Berbatasan Langsung dengan Negara Tetangga – Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki batas – batas wilayah. Ini perlu dikenali dan tentukan agar tidak terjadi konflik mengenai batas wilayah Indonesia dengan negara lain. Tidak jarang karena hal inilah terjadi permasalahan antara negara kita dengan negara lain. Lantas, dimana sajakah batas negara itu ? Simak terlebih dahulu pulau – pulau yang berbatasan langsung dengan negara tetangga.

Batas negara telah ditentukan oleh kedua belah pihak. Yakni Indonesia dengan negara asing yang berbatasan langsung. Bahkan juga ada perjanjian yang mengatur hal tersebut untuk memperjelas status jika di kemudian hari terjadi permasalahan atau konflik memperebutkan suatu wilayah.

Muat Lebih

Batas Wilayah Negara Indonesia Bagian Utara

Pulau yang berbatasan langsung dengan negara tetangga adalah dimulai dari utara. Adanya pulau kalimantan. Pulau ini berbatasan langsung dengan Malaysia. Terutama di bagian timur. Artinya, Malaysia berbatasan dengan batas wilayah darat dari Indonesia. Sementara jika batas lautnya, ini mencakup lima negara yaitu Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam dan Filipina.

Batas Wilayah Negara Indonesia Bagian Timur

Pulau – pulau yang berbatasan langsung dengan negara yang kedua adalah di bagian timur Indonesia. Pulau Papua. Di wilayah timur ini, Papua berbatasan langsung dengan daratan Papua Nugini serta perairan Samudra Pasifik. Agar Indonesia dan Papua Nugini tidak bingung dalam mengetahui mana batas negaranya, maka kedua belah pihak telah menyepakati hubungan bilateral tentang batas-batas wilayah darat maupun laut yang ada.

Dari kesepakatan yang telah terjadi, disepakati bahwa batas wilayah Indonesia di sebelah Timur adalah Provinsi Papua. Dimana wilayah ini berbatasan dengan wilayah Papua Nugini sebelah barat  : Provinsi Barat (Fly) dan Provinsi Sepik Barat (Sandaun).

Batas Wilayah Negara Indonesia Bagian Selatan

Selanjutnya, mari kita tengok bagian selatan Indonesia. Untuk batas darat Indonesia, negara kita berbatasan langsung dengan Timor Leste. Sementara batas laut, ada Perairan Australia dan Samudera Hinda. Perlu diketahui bahwa sebelum tahun 1999, Timor Leste pernah menjadi wilayah Indonesia yang seringkali disebut Provinsi Timor Timur. Namun akhirnya di tahun 1999 ia memisahkan diri sebagai wilayah Indonesia dan menjadi negara sendiri.

Batas wilayah Negara Indonesia Bagian Barat

Pulau – pulau yang berbatasan langsung dengan negara tetangga kali ini berada di bagian barat. Pulau Indonesia yang berbatasan langsung dengan tetangga adalah Samudera Hindia dan Perairan Negara India. Mengapa tidak ada yang berbatasan langsung dengan daratannya ? Sebab, secara geografis daran Indonesia memang terpisah jauh dengan daratan India.

Namun, keduanya memang memiliki batas wilayah pulau dimana ada titik tertentu yang terletak di sekitar wilayah Samudera Hindia dan Laut Andaman. Pulau ini adalah Pulau Ronde yang berada di Aceh. Kemudian juga Pulau Nicobar yang ada di India.

Indonesia memang dikenal lebih banyak memiliki batas laut jika dibandingkan dengan batas daratnya. Hal ini terlihat dari adanya 10 negara yang terhubung dengan Indonesia secara laut, dan hanya 3 yang memiliki batas daratan. Pulau pulau yang berbatasan langsung dengan sepuluh negara tetangga Indonesia di sebelah utara adalah Malaysia, Singapura, Samudera Pasifik, Filipina, Thailand dan Vietnam.

Sebelah barat adalah Samudera Hindia dan Negara India. Kemudian di sebelah selatan adalah Samudera Hindia dan Timor Leste. Sebelah timur dibatasi negara Papua Nugini. Sebelah utara, negara Indonesia dibatasi oleh negara  : Malaysia, Singapura, Samudera Pasifik, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

Mengetahui pulau – pulau yang berbatasan langsung dengan negara tetangga memang menarik. Ini menjadikan kita tahu bahwa untuk hidup damai dengan negara lain salah satunya adalah dengan menentukan batas wilayah miliki dari Indonesia maupun negara asing. Semoga ulasan ini bisa membantu anda dalam mempelajari letak geografis Indonesia dengan negara lain.

Pos terkait

Loading...