Eloknya 7 Obyek Wisata di Negeri Sungai Batang Hari, Jambi

  • Whatsapp

Tripjalanjalan.com (11/06/16) Jambi, negeri melayu yang menyimpan fakta-fakta unik dan keelokan wisata yang mampu menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya. Propinsi Jambi merupakan salah satu dari tiga provinsi di Indonesia yang nama ibu kotanya memiliki kesamaan dengan nama propinsinya selain Gorontalo dan Bengkulu.

Jambi merupakan daerah yang didalamnya terdapat gunung berapi tertinggi di Indonesia, yakni Gunung Kerinci, gunung ini menjadi salah satu destinasi pendakian favorit bagi para pecinta alam, ketinggiannya mencapai 3805 diatas permukaan laut.

Bacaan Lainnya

Jambi juga memiliki sungai terpanjang di pulau Sumatera dengan panjang 80 KM yakni Sungai Batang Hari yang menjadi ikon dari plat nomor di Jambi sehingga di singkat dengan BH (Batang Hari). Fakta unik lainnya adalah di Jambi yang notabenenya salah satu propinsi besar di Sumatera, didalamnya masih terdapat suku primitif suku anak dalam yang menjauh dari kehidupan modern dan memilih menyatu dengan alam.

Fakta-fakta unik tersebut belum termasuk dengan keelokan obyek wisata yang dimiliki Jambi. Hal ini juga ditunjang dengan banyaknya hotel yang tersedia dekat dengan tempat-tempat wisata di Jambi menurut situs traveloka.com berikut ini adalah obyek wisata di Jambi yang dapat kamu catat untuk dikunjungi :

  1. Danau Sipin
danau sipin Jambi
Foto :29photoworks.blogspot.com

Danau dalam Bahasa masyarakat Jambi adalah Solok, Danau Sipin juga dikenal dengan Solok Sipin adalah danau yang juga menjadi tempat budidaya ikan air tawar. Danau ini terletka di Kecamatan Telanaipura di Simpang Baluran Kenali. Ikan yang banyak di budidayakan di danau ini adalah ikan mujair dan ikan nila.

Untuk wisatawan yang berkunjung ke danau ini bisa langsung melihat aktifitas nelayan dan keramba yang ada di tengah danau dengan menyewa perahu sampan dengan harga sewa Rp. 5.000/orang. Perahu sampan hanya bisa menamoung 3-4 orang. Setelah berkeliling pengunjung juga bisa menikmati ikan segar hasil tangkapan nelayan yang masih segar yang dijual di warung sekitar danau.

  1. Danau Kerinci
foto: mapio.net
                    foto: mapio.net

Danau Kerinci atau Solok Kerinci merupakan danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba. Luas danau ini mencapai 5000 meter persegi dengan ketinggian 783 diatas permukaan laut. Kedalaman danau ini bisa mencapai 110 meter. Saat kamu berkunjung ke danau ini akan dimanjakan dengan pemandangan yang elok dan indahnya alam sekitar yang mengeliling danau ini.

  1. Danau Gunung Tujuh
foto:journalventure.wordpress.com
                 foto:journalventure.wordpress.com

Jambi memiliki banyak danau yang indah dan menarik dikunjungi, selain Danau Sipin dan Danau Kerinci, masih ada lagi Danau Gunung Tujuh yang juga tak boleh kamu lewatkan untuk dikunjungi. Danau ini dikelilingi oleh tujuh gunung. Menurut data yang adam danau ini merupakan danau tertinggi di kawasan Asia Tenggara karena danau ini terdapat di atas gunung.

Danau ini terletak di desa pelompek Kecamatan Kayu Aro atau 56 KM dari Sungai Penuh. Luas danau ini mencapai 960 hektar. Untuk sampai di danau ini kamu harus berjalan kaki melewati jalan setapak yang menghubungkan ke danau tersebut kurang lebih 2 sampai 3 jam. Keindahan danaunya akan membayar lelahnya perjalanan untuk sampai ke Danau Gunung Tujuh.

  1. Taman Nasional Kerinci Seblat Jambi
Foto:yukjalan.net
                                    Foto:yukjalan.net

Jambi tak hanya kaya dengan obyek wisata seperti danau, Jambi juga memiliki taman yang mampu memikat menarik wisatawan untuk bisa mengunjunginya.  Taman Nasional Kerinci Seblat adalah salah satunya. Taman ini ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia karena keelokan dan keindahan alamnya yang masih sangat asri.

Taman ini mirip dengan kebun raya yang ada di Bogor,  namun pemandangan Gunung Kerinci dan Danau Kerinci yang ada disekitarnya membuat pemandangan di Taman Nasional ini begitu indah. Taman ini menyimpan berbagai flora dan fauna yang hidup dan tumbuh didalamnya. Lokasi tempat wisata ini adalah berada di kawasan yang sama seperti Danau dan Gunung Kerinci.

  1. Taman Anggrek Sri Soedewi
Taman Anggrek Sri Soedewi jambi
                                            foto:djambi.com

Taman yang satu ini sangat cocok untuk kamu para pecinta bunga, bunga anggrek khususnya. Di taman ini terdapat lebih dari 60 jenis anggrek. Lokasi taman ini juga cukup strategis di depan Kantor Gubernur Jambi di Jalan Ahmad Yani. Untuk masuk ke taman seluas 2,5 hektar ini kamu hanya membayar tiket masuk seharga Rp. 2000 / orang untuk orang dewasa dan Rp. 1500 untuk anak-anak.

  1. Candi Muaro Jambi
Foto:mamansolaeman.net
                               Foto:mamansolaeman.net

Keelokan wisata alam di Jambi seperti gunung, danau dan taman tak lagi diragukan, namun tahukah bahwa di Jambi terdapat kompleks candi Budha terbesar di dunia? Ya, Candi Muaro Jambi adalah kompleks candi Budha terbesar di Dunia. Candi ini merupakan peninggalan dari kerajaan Sriwijaya dan Melayu.

Candi Muaro Jambi juga sudah terdafatar di UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia. Luas candi ini mencapai 260 hektar.

  1. Masjid Agung Al Falah

TIdak hanya Candi, bangunan tempat ibadah yang juga menjadi obyek wisata di Jambi adalah Masjid. Masjid Agung Al Falah adalah masjid di Jambi yang juga menjadi obyek wisata. Masjid ini terkenal dengan sebutan masjid seribu tiang karena didalam nya terdapat banyak sekali tiang yang dibangun untuk penyangga dan tanpa dinding yang mengelilingi.

Masjid ini mampu menampung hingga 10.000 jamaah. Uniknya masjid ini juga tidak memiliki pintu dan jendela sehingga sirkulasi udara di masjid ini cukup baik. Letak masjid ini berada di Jalan Sultan Thaha Nomor 60, Legok, tepatnya di Kecamatan Telanaipura Jambi. Letaknya yang cukup strategis memudahkan untuk mencari hotel, untuk pemesanan situs Traveloka menyediakannya.

Foto: kemenag.go.id
Foto: kemenag.go.id

Itulah 7 tempat wisata di jambi yang terkenal dengan keelokan dan faktanya yang membuat masyarakat Indonesia bisa berbangga, Indonesia itu Bagus !. Sampai Jumpa !.

Pos terkait