Pendaki Pemula? Ini Tips Bagi kalian Pendaki Pemula

  • Whatsapp

Berbicara Gunung, Indonesia begitu banyak Gunung yang tersebar di seluruh pelosok negeri dari Sumatera hingaa Papua bahkan 7 Gunung tertinggi di Dunia salah satunya berada di Indonesia yaitu Jayawijaya.

Mendaki sekarang makin kekinian dan makin banyak orang yang tertarik pada Olahraga Extrem satu ini, kalian bisa melihat dan datang langsung ke Gunung yang mempunyai pemadangan yang bagus pada wekend kalian akan bertemu dengan teman-teman pendaki yang jumlahnya sangat luar biasa, hal ini otomatis membuka peluang bagi penduduk sekitar untuk membuka jasa atau membuka usaha berarti membantu peningkatan ekonomi suatu daerah tersebut, selain membantu ekonomi masyarakat sekitar jika Gunung ramai yang pasti pemasukan Pajak Pemda juga naik, alhmdulillah.

Muat Lebih

Dari feedback positif yang didapatkan atas keramain sebuah gunung pasti ada sisi negatifnya yaitu masalah sampah yang makin susah dibendung heee, berbicara sampah di Gunung ini susah-susah gampang karena sifat dan perilaku seseorang berbeda, Intinya harus ada aturan yang tegas oleh Taman Nasional yang bersangkutan mengenai sampah ini. Semisal dalam pendakian minimal 1 orang yang sudah mengerti dunia pendakian agar dya menjadi leader bagi teman-temannya memberikan arahan yang baik dimana seorang pendaki berperilaku dan menjaga ekosistem alam.Jika tidak menataati aturan kenakan denda dan teguran serta blacklist jika kesalhan fatal dilakukan.

Nah, berbicara mendaki Gunung alangkah baiknya seblum mendaki kita tahu dulu seperti apa Tips Pendaki Pemula berikut ini:

  • Tentukan Planing

Sebelum kalian mendaki tentukan planing dulu ia sobat trip mau seperti apa model pendakian kalian nanti stylenya dan Gunung mana yang kalian incar untuk di daki, gali informasi mengenai Gunung yang akan di daki dan bagaimana menuju kesana agar kalian tidak tersesat 😀

  • Fitnes atau Olaharga

Aktifitas ini perlu kalian lakukan dan hukumnya wajib ia sobat trip karena mendaki itu bukan hal yang sepel membutuhkan kekuatan stamina yang prima agar semua lancara jaya selain dana tentunya 😀 , olahraga apa sih yang tepat untuk pemansan sebelum melakukan pendakian? saran yang kita berikan yaitu olahraga kecil sepeti lari pagi yang dilakukan 2 minggu sebelum pendakian, berenang ini sangat rekomendasi buat pemansan sebelum melakukan pendakian, untuk jenis olahraga lain lakukan seperlunya saja tapi untuk 2 kategori yaitu Lari dan Renang wajib hukumnya, kok maksa ia ini :p.

  • Gear

Gear? bahasa apaan sih ini, Gear kita samakan dengan peralatan ia sobat trip dimana kalian harus siapkan perlatan jika sudah melakukan ritual tahap 1 dan 2. Peralatan apa saja sih untuk mendaki Gunung itu?

Yuk kita list atu demi atu:

  1. Tenda
  2. Carier
  3. Logistik
  4. Peralatan Masak
  5. P3k
  6. Jaket Gunung
  7. Sepatu Gunung
  8. Sendal Gunung
  9. Sleeping Bag (SB)
  10. Matras
  11. Ponco
  12. Headlamp
  13. Pakain Ganti
  14. Sarung Tangan
  15. Trekking Pole
  16. Gaiter
  17. Ranicot
  18. Jam Tangan
  19. Kaca Mata
  20. Jas Hujan
  21. Buff
  22. Kamera
  23. dll

Di atas adalah dari sekian banyak peralatan yang dipersiapkan sebelum mendaki Gunung, jika list diats kurang silahkan tambahkan dikomentar ia sobat trip.

  • Izin Orang Tua/Keluarga

Ini hal krusial dan jangan dianggap sepele ia karena izin ini kedepan berfungsi untuk menjaga komunikasi kalian kepada orang tua atau keluarga dirumah, aktifitas mendaki merupakan extram jadi hal izin harus dilakukan dan hukumnya wajib jadi jika nantinya ada sesuatu yang tida diinginkan komunikasi tetap terjalin usahkan jika mendaki bersama teman berikan informasi nomer hp temen kita.

  • Maaping Lokasi

Mendaki gunung harus tahu medan dan bagaimana cara menuju lokasi yang kita tuju jadi kita harus melakukan maaping pada gunung tersbut bagaimana kondisi dan medan Gunung tersbut, akses menju lokasi dan biaya tentunya.

  • Logistik

Perbekalan mendaki Gunung sangat banyak tapi kebanyakan yang dibawa ia yang instan-instan heee, jika tidak bisa memasak bawalah logistik yang mudah dikosumsi.Logistik harus kalian atur sedemikian rupa agar nanti cukup dengan masa pendakian kalian.

  • Perizinan

Ini bukan izin dari orang tua lagi ia tapi izin pacara 😀 , lah terus yang Jomblo izin siapa donk? coba tanya pada rumput yang bergoyang :D.. Perizinan disini adalah simaksi yang dilakukan sebelum mendaki gunung, kalian harus daftar ke pihak Taman Nasional terkait untuk memperloleh izin yang saha sesuai ketentuan perda tersebut.

  • Berdo’a

Setelah kalian sudah menyelesaikan ritual diatas kalian berdo”a agar aktifitas kalian berjalan sesuai plan dan sampai tujuan serta pulang dengan selamat tidak kekurangan apapun. Amin

  • Safety

Ritual-ritual diatas sudah dijabarkan waktunya bernagkat menuju Gunung tinggi dengan memegang prinsip safety, selalu lakukan komunikasi dengan teman sperjalanan dan orang tua waktu dalam perjalanan, jaga kelakuan saat kita dijalan dan dalam aktifitas trekking seorang pendaki tidak boleh melakukan perbuatan yang merugikan kalayak apalagi merusak indahnya alam Indonesi, ingat kata kata yang tenar ini di dldalam dunia pendakian “Tidak Mengambil Sesuatu Kecuali Foto, Tidak Menunggalkan Sesuatu Kecuali Jeka, Tidak Membunuh Kecuali Waktu” , nah pegan prinsip ini ia sobat trip saat kalian mendaki, tips pendaki pemula sudah cukup sampai disini dan selamat Mendaki Gunung , Take care.

 

Temukan Kami:

fb  IG    tw    index  images

Add Friend

Pos terkait

Loading...