16 Tempat Wisata di Kota Magetan

              23889 Views

tempat wisata di magetan jawa timur

Mendengar kata Kota Megetan pasti dari sebagian orang tidak mengenal ini kota, kenapa Magetan tidak tenar seperti kota tentangga misalnya seperti Ngawi, Ponorogo dan Madiun? muncul pertanyaan beribu ribu kan dari benak kalian, usul punya usul kenapa Magetan tidak tidak terkenal karena kota ini tidak dilalui oleh bus atau kendaraan beroda 4 jika ingin pergi ke Jakarta atau bahkan orang yang ke Jawa timur misal ke Madiun orang tidak melewati kota ini, kok bisa? karena kota ini berada di kaki bukit Gunung lawu dimana tidak akses jalan utama yang dilalui Bus Kota maupun kereta secara otomatis orang tidak mengenal ini Kota yang menyimpan beribu pesona alam yang menggoda mata.

Kota Magetan belakangan sudah bebenah dari segi Infratruktur dimana sudah tersedia akses Jalan tembus ke Jawa Tengah yang membelah kaki bukit Gunung Lawu. Mungkin dengan adanya jalan ini Magetan bisa menjadi Kota yang populer di Indonesia bukan hanya di Jawa Timur saja, oleh karena itu melalui media ini kami akan sedikit mengupas Tempat Wisata Di Kota Magetan Jawa Timur. Apa saja tempat wisata yang ada di Magetan mari kita Ulas satu persatu dimulai dari sisi Utara. Cari Hotel? disini saja Tiketmurah.com.

  • Gunung Blego

Gunung Blego terletak di Kec.Parang yang berada di sisi utara Kota Magetan dan berbatsan dengan Ponorogo dan Wonogiri, seperti gambar di atas wujud dari Gunung Blego di Kota Magetan. Bagaiamana akses untuk menuju gunung Blego dari Kota Magetan? kalian bisa naik angkot dari terminal Magetan ke terminal Parang, dari Parang kalian bisa melanjutkan dengan ojek ke Gunung Blego karena saat ini Gunung Blego telah dibuka Tracking menggunakan Motor ke Kawah atas dan bisa menikmati sisi alam Kota Magetan dari atas Gunung Blego.

  • Gunung Bungkuk

Jika Gunung Blego berada di Parang Gunung Bungkuk ini juga masih di tempat yang sama dan saling berdekatan untuk akses kurang lebih sama cuma beda di parang, jika sudah sampai parang kalian bisa lanjut ke desa Bungkuk lebih dekat jaraknya dari parang dari pada ke Blego dan Gunung Bungkuk juga tidak terlalu tinggi.

  • Gunung Kukusan

Gunung Kukusan yang terletak di Poncol desa geni langit dan jarak dari Kota Magetan lumayan jauh kalian bisa kesana dengan menggunakan motor dan mobil bak, akses dari Kota magetan -Parang-Ngaglik-Poncol-geni langit atau Magetan-Plaosan-Poncol-Geni Langit. Jika sobat trip dari 2 gunung yang sudah di ulas tadi mending kalian pilih altenatif pertama karena jarang tidak terlalu jauh hanya melanjutkan dari parang ke poncol dan ke Geni Langit.Apa saja wisata yang ada di Gunung Kukusan ini? sangat menarik intinya kalian akan disuguhkan bukit2 indah nan elok serta udara sejuk dan air terjun dibeberapa yang akan kalian lewati dalam perjalanan kalian menuju Gunung Kukusan ini.

  • Waduk Gonggang

Waduk ini berada tidak jauh dari Gunung Kukusan akan tetapi tempatnya agak tersebunyi jika sudah sampai Poncol kalian bisa bertanya kepada warga mengani keberadaan waduk Gonggang ini, Waduk Goonggang ramai karena satu-satunya waduk terbesar di Kota Magetan.

Ini vidio perjalanan ke Waduk Gonggang:

  • Telaga Sarangan

Pasti sudah banyak yang faham dan mengerti mengenai tlaga satu ini karena sudah mempunyai ketenaran yang sangat baik di Jawa Timur khususnya dan dari Telaga ini Pemda Kota Magetan mendapatkan pemasukan yang signifikan di bidang pariwisata. Akses menuju telaga sarangan Magetan-Sarangan tersedia amgkotan langsung ke wisata ini jadi dari kota cukup naik satu kali saja kalian sudah sampai di Telaga Sarangan.Apa saja yang ada di telaga sarangan? kalian bisa bermain kuda-kudaan yang mengelilingi telaga, Naik Perahu Boot keliling Telaga, dan tentunya kuliner sate kelinci yang tenar di telaga Sarangan.

Berikut vidio perjalanan menuju sarangan:

 

 

  • Telaga Wurung

Telaga Wurung berada dibawah telaga Sarangan mengenai akses sebelum ke sarangan kalian sudah melihat telaga ini, telaga wurung tidak begitu ramai peminatnya karena telalu kecil, biasanya telaga ini hanya dipenuhi orang-orang mancing saja dan anak-anak yang naik perahu lucu-lucu kecil yang berbentuk bebek.

  • Air Terjun Tirtasari

Air terjun trita sari terletak di kawasan telaga sarangan akan tetapi untuk sampai kesana  kalian harus jalan kaki menyusuri desa dan pematang sawah penduduk, kurang lebih 1 Jam dari Telaga kalian akan sampai ke Air terjun tirta ini.

  • Air Terjun Pundak Kiwo

Untuk bisa sampai air terjun ini kalian bisa ojek dari sarangan ke air terjun pundak kiwo, sebenarnya air terjun ini sudah kita lewati sebelum kita ke Sarangan tapi cuma lewat jalan raya belum ke Desa Ngancarnya. Jika sudah sampai desa ngancar silahkan bertanya mengenai Air terjun Pundak Kiwo ini.

  • Jalan Tembus Sarangan Tawangmangu

Jalan tembus sarangan yang menjadi kenangan (lagu versi didi kempot) jalan ini adalah akses menuju Jawa Tengah yang membelah kaki Gunung Lawu, jalan tembus ini sangat ramai walau nyatanya udara disini sangat dingin, dipigiran jalan banyak yang membuka tempat kopi dari mulai atas sarangan sampai cemoro sewu tersaji lengkap kopi ala Kota Magetan.

  • Gunung Lawu

Ini puncak dari pariwisata Kota Magetan, jika kalian mendaki Gunung Lawu via Cemoro Sewu berarti kalian ikut berkontribusi memajukan Kota Magetan karena jika mendaki via Cemoro Sewu berarti tiket masuk secara otomatis masuk Pemda Magetan. Gunung Lawu mempunyai Tiga Puncak yaitu Hargo Dalem, Dumiling, dan Hargo Dumilah. Gunung lawu ramai saat malam 1 Asura.

  • Gunung Bancak

Setelah mengexplore sisi Utara, Barat kita lari ke sisi agak tengah dan masuk Desa parang lagi yaitu Gunung bancak, gunung bancak sangat populer dengan buah juwet, jika Bulan puasa biasanya juwet muali masak dan warga sekitar memanfaatkan untuk hidangan berbuga akan tetapi akses untuk mencapai lokas pohon juwet ini di atas Gunung Bancak.

  • Alun-Alun magetan

Setelah kita berwisata kita relaxs untuk menikmati sisi kota magetan yaitu bermain di alun-alun kota Magetan. Alun -alun magetan sangat rindang jadi jika siang kesana jangan kwatir kepanasan ia sobat trip, masjid agung tidak jauh dari alun-alun magetan tinggal jalan kaki saja.

  • Jl.Sawo

Tempat ini sangat Populer di Jawa timur jika berkunjng ke Magetan pasti pada mampir ke Jl,Sawo Magetan ini, ada apa di Jalan Sawo magetan? disini tersedia bermacam kerajinan kulit dari mulai jaket, Sepatu, sendal,Topi,Sabuk dll tersedia disini, jadi kalian jika ke maegetan wajib mampir kesini.

  • KolaM Renang Manunggal

Kolam renang ini terlatak di pusat kota dekat stdion Magetan jika ke kolam renang manunggal kalian bisa mampir ke stadion Magetan karena jarak tidak terlalu jauh hanya jalan kaki saja dan satu lagi info disekitar sini juga terdapat Makam pahlawan serta Gor Kota Magetan.

  • Banyu Biru

Banyu biru Kota Magetan adalah Kolam renang kekinian yang lengkap pengganti Kolam Renang manunggal yang ketinggalan Zaman 😀 , akses dari Kolam renang manunggal kalian bisa naik angkot lurus saja ara Maospati disebelah kiri ada plang besar Banyu Biru.

  • Taman Ria

Taman ria ini juga kolam renang sebenarnya yang berada di kawasan lanud iswayudi Maospati. untuk akses dari terminal Maospati tinggal naik angkot arah Madiun di sisi kanan jalan taman Ria berada. Jarak taman Ria ini dari terminal Maospati juga tidak terlalu jauh.

Sedikit ulasan mengenai Tempat Wisata di Magetan Jawa Timur  diatas semoga bisa menjadi referensi kalian saat mau berkunjung ke Kota Magetan, Selain wisata diatas masih banyak sebenarnya wisata lain yang ada di Kota Magetan mislanya kalian bisa berkunjung ke Kebun teh Jamus tapi ini ikut wilayah Kota Ngawi tapi tidak jaug dari Kota Magetan.

 

Temukan Kami:

fb  IG    tw    index  images

Add Friend

Rate this article!
Tags: