Tradisi Larung Sesaji Telaga Sarangan

  • Whatsapp


Tradisi Larung Sesaji Telaga Sarangan – Magetan dengan yang memilki destinasi wisata andalan yaitu Telaga Sarangan mulai tgl 13 – 15 akan melakukan tradisi larung sesaji yang dapat kamu saksikan yang mana acara puncaknya akan dilaksanakan pada tanggal 15 April hari Minggu. Ritual larung sesaji telaga sarangan sudah ada sejak lama dan merupakan persembahan rasa syukur kepada yang mana kuasa yang telah memberikan keberkahan kepada warga yang tinggal di area telaga khususnya.

Muat Lebih

Larungan ini memang rutin diadakan setiap tahu yang mana jatuh pada Bulan Syakban tepatnya jumat pon (Kalender Jawa) yang mana pada hari jumatnya para warga telaga melakukan larungan dan slametan dan hari berikutnya untuk umum yang mana penyelenggaranya yaitu Pemda Magetan dan bisa disaksikan oleh semua elemen masyarakat dari berbagai daerah.

Ritual larungan yang identik dengan tumpeng gono yang besar dengan ukuran dua meter lebih di arak oleh warga sarangan dan kemudian di tenggelamkan ke telaga sarangan. Tumpeng ini adalah wujud syukur penduduk telaga sarangan atas karunia dan limpahan rezeki yang telah diberikan kepada warga sehingga larungan ini diadakan setiap tahun mengucap syukur kepada Tuhan YME, tidak hanya tumpeng saja namun masih banyak tumpeng lainya misalnya hasil panen berupa sayur mayur, buah -buahnya dll.

Baca Juga: Hotel di Sarangan Magetan Beserta Harganya

Acara larungan kali ini juga mempernalkan hasil bumi Magetan yaitu Jeruk Pamelo, sobat bisa datang ke Telaga Sarangan hari ini dan bisa membeli jeruk pamelo berbaga ukuran asli Magetan.

Acara rutin larungan ini selain bermaksud untuk melestarikan budaya pemda Magetan juga berharap untuk dapat menaikkan kunjungan wisata baik lokal maupun mancanegara dengan adanya prosesi larungan sesaji telaga sarangan ini, biasanya jika weekend pengunjung akan melonjak dengan adanya acara ini.

Berikut Prosesi Larung Sesaji 2018 Telaga Sarangan Monggo di Delok nyambi Ngopi Ngeh:

Bagi kamu yang tinggal diluar Magetan ingin Explore magetan bisa baca Tempat Wisata Magetan . Selamat berlibur di Magetan.

Pos terkait

Loading...