30 Tempat Wisata di Karanganyar Solo Jawa Tengah

              76010 Views

 

Tempat Wisata di Kota Karanganyar Solo Jawa Tengah, Karanganayar adalah Kota yang terletak dikaki bukit Gunung Lawu sisi Barat dimana Karanganyar dijadikan tempat transit sebelum mendaki Gunung Lawu oleh orang-orang yang berasal dari barat khususnya. Karanganyar yang lokasi di kaki bukit Gunung Lawu menyimpan banyak tempat wisata yang patut kalian sambangi jika ke Karanganyar. Akses ke karanganyar dari Jakarta kalian bisa naik kereta turun di Solo dilanjut naik Bus menuju ke terminal Karanganyar sesampai ke karanganyar kalian bisa explore tempat wisata yang ada di karanganyar yang kami akan kupas.

Tripjalanjalan.com akan merangkup tempat wisata seru di Kota Karanganyar:

  • Jalan Tembus Tawangmangu

Karanganyar solo jawa tengahTawangmangu merupakan kecamantan yang ada di Karanganyar disini kalian bisa menikmati sunset super kinyis seperti difoto, tawangmgu menyajikan pemadangan alam yang eksotis dari berbagai sudut, kalian bisa memilih spot dimana kalian inginkan untuk menikmati sunset di Jalan tembus tawangmangu. Di jalan tembus tawangmngu kalian akan menemui banyak warga atau penduduk diluar karanganyar yang melintas dan beristirahat untuk menikmati indahnya sunset di Jalan tembus tawangmngu.

Berikut jalan tembus cemoro sewu karanganyar bisa di tonton vidio di bawah ini:


:

  • Grojokan Sewu

grojokan sewu tawangmangu

Grojokan Sewu adalah nama air terjun yang ada di tawangmangu, kenapa di namakan Grojokan Sewu padahal air terjun ini hanya satu? usut punya usut dinamakan grojokan sewu karena tingi air terjun ini mencapai kurang lebih 1000 pecak kaki, pecak disini artinya telapak kaki jika diukur memakai telapak kaki air terjun ini mencapai 1000 pecak (telapak kaki) nah bgtu singkat cerita dari penamaan Grojokan Sewu di tawangmangu Karanganyar jawa tengah ini. Sebenarnya tinggi dari grojokan sewu ini kurang lebih 80m, bagi kalian yang ingin kesini akses sangat mudah dari kota Karanganyar tinggal naik angkot menuju tawangmangu lalu turun ke kawasan Grojokan Sewu. Sesampai di tawangmangu kalian cari loket masuk kawasan Grojokan Sewu untuk biaya masuk di Grojokan Sewu sebesar Rp.15.000 setelah kalian mebayar tiket masuk kalian akan disajikan anak tangga yang sangat menyehatkan 😀 kurang lebih ada 625 anak tangga yang akan kalian lewati sebelum kalian sampai ke grojokan sewu.

  • Cemoro Kandang

Cemoro Kandang adalah akses menuju Gunung Lawu, kalian bisa ngopi disini sambil menikmati segarnya udara Gunung Lawu, disekitar cemoro kandang banyak warung yang menyediakan kopi untuk teman santai kalian saat ngerest saat melakukan perjalanan mendaki atau touring, sangat cocok kawasan ini buat Ngerest.

  • Gunung Lawu

Gunung lawu adalah Gunung yang terletak di perbatsan Jawa timur dan jawa tengah dimana sisi barat Karanganyar, sisi Utara Ngawi, sisi timur Magetan dan sisi selatan Wonogiri. Untuk akses pendakian Gunung Lawu yang paling sering digunakan adalah via Cemoro Sewu yaitu masuk administrasi Kota Magetan dan Cemoro Kandang yang masuk administrasi Karanganyar dimana Cemoro Sewu dan Cemoro kandang hanya 200m kurang lebih jarak yang memisahkan kedua pintu masuk Gunung Lawu. Gunung Lawu mempunyai tiga puncak yaitu hargo dumilah, dalem, dan hargo Domilah. Gunung Lawu mempunyai ktinggian  saat musim liburan Gunung Lawu sangat ramai didaki apalagi di malam 1 Asura.

Baca Juga:

Tips Pendaki Pemula

  • Kebun Strobery Karanganyar

Setelah capai berplelisir sekitar tawangmangu atau bahkan mendaki gunung lawu kalian bisa bersantai sambil menikmati buah strobery yang ada disepajang jalan tembus tawangmangu . kebun strobery tawangmngu menyajikan buah strobery yang segar dan bisa kalian petik langsung dari kebunya. Untuk harga cek di lokasi 😀

  • Agrowisata Sondokoro

agrowisata sondokoro karangnayar

Agrowisata Condokoro beralamat di Jl.Mangkunegara, Bojonegara, apa saja wisata yang ada di Agrowisata Condokoro ini? kalian bisa bermain wahana seperti waterboom, kereta, kolam renang, flying fox dll.

  • Agrowisata Amanah

Terletak di jl.raya tawangmangu km.34, karangpandan, karangnayar. Agrowisata Amanah menyajikan tempat berkumpul bersama keluarga dengan banyak falisitas diantaranya:

  1. Outbond
  2. Bertenak
  3. Berkebun
  4. Budidaya Ikan
  5. dll

Baca Juga:

Tempat Liburan Akhir Tahun Buat Kamu Yang Doyan Jalan

Waduk Gonggang Magetan

  • Candi Cetho

Candi Cetho berlokasi di Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kec.Jenawi, Karanganyar. Akses menuju candi Cetho bisa kalian tempuh dengan menggunakan roda dua atau roda empat dari kota Karanganayar kurang lebih 30 menit perjalanan, biaya masuk kawasan candi Cetho sebesar Rp.5.000, belakangan ini candi cetho juga digunakan sebagai pendakkian awal untuk mencapai puncak Gunung Lawu.

  • Candi Sukuh

Candi Sukuh tidak jauh lokasi dari candi pertama hanya butuh 15 menit untuk samoai candi sukuh ini yaitu berada di desa berjo, Kec.ngargoyoso, karangnayar.Jika berkunjung kesini kalian yang menemui relief yang fulgar 😀 mengenai hal itu bagaimana ceritanya silahkan bertanya ke pemdanu candi Sukuh.

  • Kebun teh Kemuning

Kebun teh Kemuning ini sebenarnya sudah kita lewati sebelum kalian sampai di Candi Cetho jadi sebelum kalian pulang mampir dulu disini untuk menikmati sejuknya udara khas kemuning dibarengi dengan makan cilok :D.

  • Grojokan Jumog

air terjun jumog

Air terjun jumog terletak di Ngargoyoso masih satu kawasan dengan Candi Suku, patokan untuk sampai di air terjun jumog adalah padepokan selamat datang di Kec.Nagrgoyoso kalo dulu masuk sini bayar sekarang tidak, jika sudah ketemu padepokan pintu masuk Ngargoyoso kalian bisa arahkna kendaraan kalian kekiri jalan yang menurun dan ikuti papan yang menuju Air tejun jumog, tiket masuk sebesar rp.10.000 makanan khas Cilok 😀 dan Sate Kelinci dengan harga terjangkau sekali.

  • Grojokan Pringgodani
AirTerjunPringgodani karanganyar

                    Foto:karanganyakab.go.id

Air terjun pringgodani ini terletak di Blumbang tidak juah dari terminal karanganyar hanya berkjarak 5 km akan tetapi air terjun pringgodani ini belum dikelola oleh pemda dikarenakan akses yang sulit dan letaknya di Bukit. Tinggi air terjun pringgodani ini lebih tinggi dari air terjun seribu yang ada di tawangmangu tingginya mencapai 100m.

  • Petilasan Eyang Cokronegoro

Petilan Eyang Cokronegro berada tidak jauh dari air terjun Pringgodani, sejarah dari petillasan Eyang Cokronegoro adalah Mantan Bupati Purworejo yaitu Raden Adipati Aryo Cokronegoro dengan nama asli Reso Dwiryo dulu adalah abdi dalem keraton surakarta.

  • Camcer di Sekipan

Bukit Sekipan berada di kalisoro, tawangmangu, jika kalian suka camcer tempat ini bisa jadi rekomendasi kalian untuk menungkan hoby kalian, di bukit sekipan sangat asri karena berada di kaki gunung lawu.

  • Candi Menggung

Lokasi Situs menggung atau candi menggung ini berada di Nglurah, tawangmangu, karanganyar, berjarak kurang lebih 2 km dari grojokan sewu tawangmangu.

  • Musemun Purbakala Dayu
museum dayu karanganyar

foto: karanganyarkab.go.id

Lokasi di Desa Dayu , kondangrejo, karanganyar. Museum ini mempunyai luas sekiatar 10.500 m2, disini kalian bisa belajar mengenai manusia purba zaman dahulu . Jika berkunjung kesini kalian bisa belajar mengenai manusia purba sesuai dengan jenisnya khususnya manusia purba yang ada di Jawa.

  • Telaga Madirda

                   Foto: karanganyarkab.go.id

Telaga madirda terlatak di Ngargoyoso, akses menuju lokasi telaga madirda ini masih jalan setapak karena terletak di bukit dan belum ada akses kendaraan untuk bisa sampai di telaga. mungkin kedepan pemda setempat akan mengelola lebih serius keberadaan telaga madirda ini.

Untuk tempat wisata di karanganyar lainya kita list saja sesuai lokasi ia sobat trip:

  1. Sapta Tirta Pemblengan , lokasi di matesih karanganyar ini adalah sumber air panas alami bagi yang suka mandi air hangat  tempat ini sangat cocok buat kalian.
  2. Cumpleng lokasi Plumbon, tawangmangu , Cumpleng adalah pemandian ari panas sama seperti Sata Tirta Pembelngan.
  3. Goa Cokro Kembang berlokasi di Jenawi
  4. Goa Tlorong lokasi di Jenawi
  5. Goa Selo Umeng lokasi di Jenawi (Semua Goa yang ada di karanganyar berada di jenawi jadi kalian bisa sapu bersih jika ingin berwisata Goa di karanganyar dengan mendatangi Jenawi)
  6. Bumper Delingan lokasi di karanganyar
  7. Camping Resort lokasi di Tawangmangu
  8. Candi panglatan lokasi di Ngargoyoso
  9. Situs Watukandang lokasi di Matesih
  10. Waduk Delingan dan Waduk lalung lokasi di karanganyar
  11. Balekambang lokasi di tawangmangu

Baca Juga Ini:

Daftar Gunung Di Jawa Yang Perlu Kamu Ketahui

Tips Sewa Mobile Saat Kita Jalan Jalan

Manfaat Susu Buat Tubuh Manusia

 

Demikian tempat wisata di karanganyar yang bisa kita rangkut untuk menjadi referensi tujuan wisata kalian jika ingin pergi karanganyar.

Cari Hotel? disini saja Tiketmurah.com.

 

Temukan Kami:

fb  IG    tw    index  images

Add Friend

Tags: